Site icon Blog Indodana | Indodana PayLater

Pilihan Bisnis Jasa yang Mumpuni dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Jalankan

Bisnis Jasa

Bisnis Jasa

Bisnis tak harus berupa barang namun juga bisa berupa jasa.  Untuk memulai sebuah bisnis juga tidak selalu harus mempunyai modal besar. Jika Anda merupakan pribadi yang kreatif dan ingin bekerja keras maka dengan modal kecil pun bisa Anda gunakan untuk menciptakan peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan besar untuk Anda.  

Bisnis di bidang jasa bisanya modalnya relatif lebih kecil bila di bandingkan dengan bisnis dibidang seperti kuliner (produk) makanan yang memerlukan tempat untuk berdagang seperti café atau restoran.

Dengan mengandalkan peluang yang ada Anda juga bisa menjadi pengusaha yang sukses dengan bermula dari modal yang kecil. Jika Anda cermati, saat ini ada beberapa bisnis di bidang jasa yang sedang marak dijalankan oleh banyak orang

Berikut ini beberapa jenis bisnis dibidang jasa yang memerlukan modal kecil.

Potong Rambut

Semua orang pasti membutuhkan jasa yang bisa memperbaiki penampilannya.  Jika berbicara soal potong rambut, mayoritas orang memotong rambut beberapa bulan sekali untuk tetap menjaga kerapihan dan penampilan.

Terutama untuk kalangan pria, dengan rambut yang mayoritas pendek, membuat pria secara rutin harus memotong rambut setiap bulan ketika rambut sudah gondrong atau dirasa panjang. Apalagi anak-anak sekolah yang biasanya diharuskan oleh pihak sekolah agar tampil rapi.

Membuka bisnis potong rambut tentu membutuhkan modal yang kecil, hanya membutuhkan biaya untuk membeli cermin, mesin cukur, tempat duduk, alat kerok, sikat, sisir dan lainnya.  

Baca Juga: Pinjaman Dana Tunai Anda Tidak Setujui? Pahami Dulu Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Ajukan

Anda bisa membuat ruangan potong rambut Anda dengan konsep yang berbeda dari yang lainnya agar lebih menarik minat konsumen. Tapi harus Anda ingat, untuk menjalankan bisnis ini tidak hanya dibutuhkan modal dalam bentuk materi, namun juga keterampilan dan juga keahlian.  

Tidak semua orang bisa memotong rambut, karena terkadang Anda perlu memiliki keahlian ini melalui sekolah khusus. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa melakukannya dengan 2 orang saja, 1 orang memotong rambut, 1 orang mencuci rambut merangkap sebagai kasir.

 Setelah bisnis Anda banyak peminatnya, Anda bisa menambah SDM sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Antar Jemput Anak Sekolahan

Dengan kesibukan orang tua untuk bekerja, terkadang membuat orang tua memerlukan jasa antar jemput untuk anaknya yang bersekolah.  

Alasan utama agar tidak terlambat datang ke sekolah dan agar bisa pulang tepat waktu (mengutamakan keamanan sang anak). Fasilitas ini umumnya disediakan oleh pihak sekolahan baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, namun tidak semua sekolah menyediakan jasa antar jemput ini.

Melihat murid sekolah yang terus menerus ada dan tak mengenal berhentinya.  Ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Semakin banyak anak yang mengikuti jasa Anda, semakin banyak pula keuntungan Anda.  Modal untuk bisnis ini Anda hanya perlu 1 unit mobil untuk beroperasi.

Jika sudah berkembang, Anda bisa menambah unit mobil lagi serta mempekerjakan pegawai.  Namun perlu diingat, dalam mencari pegawai Anda harus cerdas, dikarenakan banyaknya modus penculikan anak.

Laundry Kiloan

Bagi orang yang sibuk terutama jika berada dikota besar, mungkin tidak memiliki waktu luang yang banyak, dan mendorong mereka untuk memilih mencuci pakaian di jasa laundry kiloan, untuk membuka bisnis laundry kiloan ini lokasi yang paling tepat yaitu di daerah pemukiman karyawan, perkantoran, perkotaan, daerah kos mahasiswa dll.

Untuk memulai bisnis ini modal yang dibutuhkan hanya 1 unit mesin cuci, hanger, alat timbangan dan biaya listrik serta air.  

Cucian Motor

Melihat kemudahan orang saat ini dalam kredit sepeda motor, membuat hampir semua orang saat ini sudah memiliki sepeda motor bahkan di setiap keluarga saat ini sudah memiliki motor 1-2 unit, namun tak jarang ketika sepeda motor telah kotor mereka malas untuk mencucinya atau mungkin tidak sempat.

Baca Juga: Kredit Motor Kamu Terasa Berat? Ini Cara Ampuh untuk Tambah Penghasilan agar Bisa Cepat Lunas

Maka mereka memilih untuk membawa motornya ke jasa pencucian motor, melihat angka motor beredar yang sangat banyak, ini merupakan peluang bisnis di bidang jasa yang paling menjanjikan.

Percetakan dan Fotocopy

Jangan dilihat bayarannya yang minim, dibeberapa tempat jasa percetakan dan fotocopy bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, terutama ditempat-tempat sekitar sekolah, kampus dan perkantoran.  Bisnis ini dapat memberikan Anda keuntungan yang cukup banyak, untuk membuka jasa percetakan dan fotocopy ini modalnya lebih besar dibanding usaha lain diatas, karena Anda harus membeli mesin nya.

Jasa Bimbingan Belajar untuk Anak Sekolah

Jika Anda adalah orang yang memiliki keahlian di bidang akademik (belajar dan mengajar) maka membuka bisnis bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah bisa menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa dijalankan.  Untuk yang berada didaerah perkotaan, bimbingan belajar ini cukup dipercaya dan banyak digunakan karena dinilai dapat meningkatkan kepintaran anak.

Jalankan Bisnis dengan Tekun dan Fokus

Itukah beberapa jenis bisnis jasa yang bisa Anda lakukan, beberapa mungkin dinilai memberikan penghasilan yang tidak seberapa.  Namun jika Anda menjalankannya dengan tekun, Anda bisa mendapatkan banyak konsumen dan tentunya meningkatkan penghasilan Anda. Semoga Bermanfaat!

Exit mobile version