Ternyata Sukses Bisa Diraih Tanpa Memanfaatkan Teknologi, Begini Caranya!

Ternyata Sukses Bisa Diraih Tanpa Memanfaatkan Teknologi, Begini Caranya!

Posted by

Teknologi menjadi salah satu sarana yang sangat penting dan diperlukan oleh semua kalangan. Dengan bantuan teknologi, pekerjaan yang semula sulit menjadi lebih mudah untuk dikerjakan.

Contohnya saja, komunikasi yang semakin mudah dilakukan. Hanya menggunakan satu genggaman Anda bisa mengirim pesan ke seluruh dunia. Maka dari itu, tak heran jika sebagian orang berpikir apabila teknologi bisa dikuasai, maka kesuksesan pun pasti bisa diperoleh dengan mudah dan cepat.

Akan tetapi, ada pula sebagian orang yang menganggap teknologi sama sekali tak ada kaitannya dengan keberhasilan yang didapat. Mengapa demikian? Sebab disadari atau tidak, hadirnya teknologi yang semakin canggih menjadikan seseorang begitu bergantung.

Sebuah penelitian menyebut bahwa ada yang jauh lebih penting dari teknologi jika ingin meraih kesuksesan, satu diantaranya ialah kehadiran. 

Hal tersebut bermakna jika kehadiran secara fisik membuat seseorang dapat diandalkan dan diperhitungkan pendapat maupun masukannya, terutama disaat-saat penting. 

Ketika di setiap kesempatan pertemuan atau forum seseorang bisa selalu hadir, maka tak hanya pribadinya saja tetapi pemikirannya pun akan semakin dikenal. Dalam forum tersebut pun akan terjadi diskusi yang menarik dan membuat siapapun mendapatkan solusi atas permasalahannya.

Tips Cerdas agar Bisa Sukses Tanpa Menggunakan Teknologi

Tips Cerdas agar Bisa Sukses Tanpa Menggunakan Teknologi
Tips Cerdas agar Bisa Sukses Tanpa Menggunakan Teknologi

Jika ingin sukses dan tak ingin bergantung pada teknologi, maka satu hal yang harus dijaga adalah kehadiran.

Dengan kehadiran lebih awal atau tepat waktu, kontribusi akan semakin terlihat. Hal ini akan sangat mungkin memberikan dampak positif pada karir yang tengah dibangun. Untuk membangun hal tersebut, berikut tips yang cukup penting untuk diperhatikan dan dilakukan:

1. Datang Tepat Waktu

Satu hal terpenting saat membangun ‘kehadiran’ adalah datang tepat waktu. Ketika mendapat undangan rapat, kosongkanlah hari tersebut setelah jadwal meeting diumumkan. Supaya tidak bentrok dengan jadwal lain yang mungkin juga tak kalah pentingnya. 

Dengan hadir tepat waktu saat rapat, persiapan bisa dilakukan lebih awal dan tidak terburu-buru. Sehingga, Anda akan jauh lebih siap menghadapi rapat. 

Namun, ketika sudah siap dan rapat tak kunjung dimulai, tak ada salahnya jika Anda membuka obrolan dengan anggota rapat yang lain agar suasana lebih cair dan bersahabat. Ketika semua sudah dilakukan, cobalah untuk mematikan atau menonaktifkan dering telepon selular yang dibawa.

Baca Juga: Tidak Pernah Disadari, 4 Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Kesuksesan Anda!

2. Aktif Berkontribusi

Ketika rapat berlangsung, setiap anggota rapat akan duduk sejajar dengan para atasannya. Sehingga, tidak akan cukup bila Anda hanya memperhatikan saja tetapi juga harus berperan aktif di dalam rapat tersebut. 

Ketika seseorang berperan aktif dalam sebuah rapat, maka kemampuannya akan terlihat. Hal tersebut tentu akan menjadi nilai positif. Akan mendapatkan hasil yang berbanding terbalik jika Anda hanya duduk diam dan sekadar absen saja. 

Intinya adalah seseorang harus aktif berkontribusi dalam situasi apapun sesuai kemampuannya. Dengan begitu, peluang baik akan datang dengan sendirinya.

3. Bangun Keakraban dengan Banyak Orang

Saat memiliki waktu senggang di sela-sela jam istirahat kerja, ada baiknya jika Anda mulai membangun relasi yang baik dengan rekan-rekan di tempat kerja. Membangun relasi ini disadari atau tidak, bisa membuat hubungan Anda dengan orang sekitar jadi semakin berkembang. 

Tak harus melulu soal pekerjaan, membangun kedekatan dengan rekan kerja bisa diawali dengan obrolan-obrolan singkat yang ringan di waktu santai. Saat dilakukan dengan konsisten, hal tersebut selain akan membangun kekompakan juga membuat kedekatan emosional dengan rekan kerja semakin erat.

Baca Juga: Jangan Takut! Berikut Cara Cepat Sukses Setelah di-PHK

Banyak Jalan Menuju Kesuksesan, Manfaatkan!

Banyak Jalan Menuju Kesuksesan, Manfaatkan!
Banyak Jalan Menuju Kesuksesan, Manfaatkan!

Kehadiran menjadi salah satu kunci yang cukup penting ketika seseorang ingin meraih sebuah kesuksesan. Saat seseorang bisa selalu hadir dalam setiap kesempatan, secara tidak langsung ia sedang memperkenalkan diri beserta kemampuannya kepada khalayak. Tak hanya itu saja, kehadiran juga bisa membangun network tambahan yang mungkin mendukung karir Anda kedepannya.

Dengan demikian, sukses tanpa mengandalkan teknologi sangat mungkin terjadi. Sebab teknologi hanyalah sebuah sarana dan bukan aktor utama penentu kesuksesan itu sendiri. 

Akan lebih baik jika teknologi dikuasai untuk membantu menuju jalan kesuksesan, alih-alih mengabaikannya. Dengan begitu pintu kesuksesan akan semakin terbuka, sebab yang terpenting adalah meningkatkan kemampuan personal. Semoga bermanfaat!