Miliki Soft Skill Berikut, Dijamin Karir Anda Semakin Cemerlang!

Miliki Soft Skill Berikut, Dijamin Karir Anda Semakin Cemerlang!

Posted by

Ketika sudah memasuki dunia kerja, ternyata tak hanya hard skill yang dibutuhkan tetapi soft skill juga. Soft skill sendiri ialah kelebihan atau keahlian secara khusus (di luar kemampuan secara teknis) yang ada dan melekat dalam diri setiap orang.

Keahlian khusus ini meliputi sikap, kemampuan membawa diri, hingga kemampuan untuk bisa berinteraksi dengan baik. Jauh berbeda dari hard skill yang terlihat secara nyata karena hal tersebut berkaitan erat dengan masalah teknis yang dapat dipelajari secara universal. 

Namun, kedua skill tersebut memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya? Nah, untuk hard skill, siapapun bisa mempelajarinya dengan mudah dan cepat sedangkan soft skill sedikit lebih sulit dipelajari. 

Tetapi jangan jadikan tulisan tersebut sebagai halangan. Karena biasanya, soft skill lebih mudah dikembangkan melalui pengalaman di dalam pekerjaan, pendidikan, maupun kehidupan bermasyarakat. Dan ternyata peran kemampuan ini dalam meningkatkan jenjang karir terbilang sangat besar. 

Mengapa? Sebab soft skill bisa menjadi ciri khusus yang tak dimiliki orang lain dan dapat membuat seseorang lebih unggul. Maka dari itu, miliki skill berikut jika ingin karir Anda semakin cemerlang.

Baca Juga: Gaji Tidak Kunjung Naik Walaupun Sudah Kerja Keras? Mungkin Ini Alasannya

7 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Setiap Orang

7 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Setiap Orang
7 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Setiap Orang

1. Kecakapan dalam Komunikasi Verbal

Penting sekali bagi setiap orang untuk memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara verbal. Komunikasi verbal dapat berguna untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu. Nah, jika Anda tidak dapat berkomunikasi secara verbal dengan baik, bagaimana maksud tersebut bisa tersampaikan?

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi sejak awal dan jangan pernah sekali-kali menyepelekan hal ini.

2. Berkomunikasi Melalui Tulisan

Di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini, tak hanya komunikasi verbal saja yang dibutuhkan untuk mendukung sebuah karir tetapi juga komunikasi secara tertulis. Melalui tulisan, karakter dan jalan pemikiran seseorang akan lebih mudah dikenali. Karenanya pandai-pandailah merangkai kata untuk menuangkan isi pikiran dalam sebuah tulisan. 

Namun, tak hanya harus pandai merangkai kata-kata, tetapi memahami makna tersirat dari setiap tulisan juga harus dimiliki agar mampu menangkap apa yang ingin disampaikan melalui tulisan tersebut.

3. Memiliki Pemikiran yang Kritis 

Kemampuan untuk berpikir kritis dalam dunia kerja sangat diperlukan. Pasalnya, kemampuan tersebut membuat seseorang mampu berpikir logis dan tidak gampang terpengaruh oleh situasi di kantor yang mungkin kurang kondusif. 

Tak hanya itu, kemampuan berpikir kritis nyatanya juga dapat membantu seseorang untuk menemukan cara menyelesaikan permasalahan. Hal ini penting dimiliki oleh seorang pekerja dengan tekanan yang luar biasa di lingkungannya.

4. Problem Solving 

Pemikiran yang kritis dapat membantu seseorang untuk memperoleh solusi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan berbagai pilihan cara. Tetapi, tetap saja membutuhkan logika dan nalar agar bisa menentukan cara apa yang terbaik untuk menyelesaikan masalah.

Seseorang yang memiliki kemampuan problem solving ini mempunyai logika serta nalar yang lebih tajam dari kebanyakan orang, meskipun tak semuanya tepat. Namun jika diasah terus-menerus, kemampuan tersebut bisa berkembang dan menguntungkan diri sendiri juga orang lain.

5. Good Listener 

Pada dasarnya semua orang mampu jadi pendengar, sebab sejatinya manusia itu makhluk pendengar yang ingin didengar. Namun, tak semuanya mampu menjadi seorang pendengar yang baik (good listener). Karena untuk menjadi pendengar yang baik Anda juga harus bisa mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh si pencerita, sekaligus aktif dalam memberikan respon ketika dimintai pendapat. 

6. Pintar Berorganisasi 

Memiliki kemampuan berorganisasi merupakan soft skill yang juga penting untuk dimiliki oleh seorang pekerja terutama yang bekerja di perkantoran atau instansi pemerintahan. Sebab, Anda akan dituntut untuk mampu bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan sebuah tugas maupun permasalahan.

Pintar berorganisasi juga akan membuat seseorang bisa membangun situasi kerja yang lebih kondusif.

7. Mampu Mengelola Waktu

Semakin banyak pekerjaan, membuat seseorang harus bisa mengelola waktu dengan lebih baik. Kemampuan tersebut memang tak dipelajari di sekolah umum tetapi bisa dipelajari melalui pengalaman.

Terlebih bagi pekerja yang memiliki banyak aktivitas dan menyita waktu, sehingga kemampuan mengelola atau manajemen waktu sangatlah dibutuhkan. Melalui kemampuan tersebut, seseorang akan mampu membuat skala prioritas pada setiap pekerjaannya. Sehingga, pekerjaan dan kegiatan lain akan lebih terorganisir.

Baca Juga: Dijamin Cepat Kaya! Coba Lakukan Pekerjaan Sampingan Ini

Jangan Sampai Mengacuhkan Sebuah Soft Skill

Jangan Sampai MeremehkanSoft Skill
Jangan Sampai Meremehkan Soft Skill

Semua orang sebetulnya juga harus memiliki paling tidak satu soft skill yang dibanggakan, apalagi bagi seorang pekerja. Soft skill bagi seorang pekerja dibutuhkan untuk memberikan nilai tambah terhadap kinerjanya dan hal tersebut mampu mendorong karir ke arah yang lebih baik. 

Karena ketika memasuki dunia kerja bukan hanya hard skill yang harus dimiliki tetapi juga karakter, kemampuan berkomunikasi, dan soft skill lainnya. Maka dari itu, janganlah pernah menganggap remeh sebuah soft skill.