Tips Cerdas Mengatur Keuangan di Hari Tua

4 Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Hari Tua

Posted by

Bagi sebagian orang yang masih berada di usia produktif, memikirkan keuangan untuk masa tua sepertinya bukan hal yang penting sehingga tidak dijadikan prioritas utama. Padahal sadar atau tidak, banyak sekali risiko yang dihadapi ketika masa tua tak dipersiapkan dengan baik. Untuk itulah, sudah sewajarnya jika hari tua mulai dipersiapkan dari sekarang.

Usia produktif merupakan saat yang sangat tepat untuk mengembangkan karir dan mulai menata masa depan. Meski bagi sebagian orang hal ini terlalu dini untuk dipikirkan, namun siapa yang bisa menjamin hari tua seseorang jika bukan diri sendiri. 

Coba pikirkan kembali bagaimana jika Anda sudah tidak memiliki penghasilan di usia pensiun dan tubuh tak memungkinkan lagi untuk bekerja, itulah masa depan yang sesungguhnya. Karenanya penting sekali untuk mulai memikirkannya dari sekarang.

Maka dari itu, demi mewujudkan masa depan yang lebih cerah, ada banyak hal yang perlu diperhitungkan dan dipikirkan. Karenanya, simak tips cerdas bagaimana mengelola keuangan demi masa tua yang lebih cerah berikut ini!

Baca Juga: Untuk Para Ayah… Ini Investasi yang Wajib Anda Lakukan

Tips Cerdas yang Membuat Masa Tua Lebih Cerah

Tips Cerdas Membuat Masa Tua Lebih Cerah
Tips Cerdas Membuat Masa Tua Lebih Cerah

1. Mulai Menabung dari Sekarang

Rekening bank merupakan tempat yang kerap dipilih untuk menyimpan uang dari hasil jerih payah yang sudah didapatkan. Namun sayangnya, seringkali uang yang tersimpan di rekening tersebut justru habis terpakai begitu saja.

Padahal, sebagian uang yang tersimpan tersebut bisa digunakan untuk mempersiapkan dana di hari tua supaya lebih aman. Untuk menyiasatinya, cobalah untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan ke akun rekening tabungan yang berbeda. Setidaknya 10 persen saja dari total penghasilan yang didapatkan per bulannya, asal hal tersebut selalu dilakukan dengan konsisten. Untuk itu, yuk menabung dari sekarang!

2. Atur Pengeluaran Lebih Detail

Agar jumlah dana yang disisihkan untuk hari tua lebih jelas, Anda perlu melakukan perhitungan dengan baik dan lebih detail. Untuk itu, catatan pengeluaran perlu dibuat secara rutin dan terperinci. Mulai dari pengeluaran harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Bila semua alur keuangan sudah dibuat dengan baik, maka akan sangat mudah untuk mengatur dan memilah pos-pos keuangan yang dimiliki. Nah, jika memiliki kelebihan dana, uang pun dapat dimasukkan ke dalam pos dana hari tua.

Kini tak perlu lagi bingung sebab sudah ada begitu banyak media atau aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung dan mempersiapkan dana di hari tua. Tentu aplikasi tersebut akan semakin memudahkan Anda untuk mengatur dan mempersiapkan dana hari tua sedari dini.

3. Mulai Berhemat

Di saat usia produktif seperti sekarang ini, tak bisa dipungkiri jika ada begitu banyak hal yang ingin dilakukan dan dibeli dari penghasilan yang didapat. Tetapi bila kita mampu berpikir lebih jauh ke depan, tentu ‘keinginan sesaat’ tidak lagi selalu dituruti. Karena hidup tak hanya untuk hari ini saja, ada banyak hal yang lebih penting untuk dipikirkan.

Maka dari itu, berhemat bisa jadi langkah yang sangat efektif untuk membantu mempersiapkan masa depan terutama untuk hari tua nanti. Singkirkan dulu keinginan menghamburkan uang untuk membeli sesuatu yang tak betul-betul dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan demi keuangan masa tua yang lebih mapan dan aman.

4. Berinvestasi

Investasi jadi salah satu cara cerdas untuk membuat masa tua semakin aman dan mapan. Apapun bentuknya, investasi mampu memberikan jaminan bagi kehidupan seseorang di hari tua. Asalkan investasi baik properti, asuransi, maupun emas dilakukan dengan benar dan cermat.

Itu semua karena dari sebuah investasi yang dilakukan akan ada keuntungan yang didapatkan. Contohnya peningkatan nilai investasi. 

Memang untuk saat sekarang atau dalam jangka pendek investasi tersebut mungkin belum memberikan hasil. Tetapi jika dilihat beberapa tahun ke depan pasti investasi tersebut bisa jadi penolong yang tak diduga-duga. 

Itulah sebabnya, selagi masih memiliki penghasilan sudah seharusnya Anda mulai melakukan investasi dari sebagian penghasilan tersebut. Untuk sekarang ini mungkin akan terasa sedikit berat karena penghasilan yang pas-pasan dan banyak tanggungan yang harus dipenuhi. Namun, seiring berjalannya waktu pasti itu semua tidak akan terasa.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menaklukan Rasa Takut Ketika Ingin Berinvestasi, Ternyata Tak Sesulit yang Dibayangkan!

Bahagia di Hari Tua

Mengingat begitu pentingnya menjaga keuangan agar tetap aman untuk hari tua, rasa-rasanya tips-tips di atas bisa jadi  sangat berguna. Coba bayangkan bila di hari tua Anda sudah mandiri secara finansial. Tentu Anda tidak akan merepotkan orang lain lagi, terutama anak dan cucu.

Pastinya hal tersebut akan membuat kehidupan di masa tua lebih tenang dan damai bukan? Selamat mencoba!