Kondisi Keuangan Sedang Sulit? Jangan Sampai Bangkrut, Segera Lakukan Hal Ini

Kondisi Keuangan Sedang Sulit? Lakukan Hal Ini Agar Tidak Bangkrut

Posted by

Mengelola keuangan memang bukanlah suatu hal yang gampang dilakukan. Lalai sedikit saja bisa membuat kondisi keuangan kalang kabut bahkan jatuh bangkrut. Tak heran jika kini banyak orang yang meminta bantuan kepada pakar-pakar finansial untuk membuat dan merencanakan uang anggaran agar tak lagi bocor.

Sebab, perencanaan yang kurang tepat dan pengeluaran tidak terduga tak hanya akan mengacaukan keuangan saja tetapi bisa membawa kebangkrutan. 

Misalnya saja ada promo diskon dengan nilai fantastis, tentu bisa membuat sebagian besar orang berbelanja melampaui budget. Ada juga pengeluaran lainnya seperti beli mobil baru, hp baru, dan barang-barang lainnya yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Pengeluaran yang demikian pasti membuat keuangan jadi berantakan dan tak sehat. Terlebih jika tak ada dana darurat untuk mengcover pengeluaran tersebut. Bisa-bisa utang pun semakin menjerat. 

Agar keuangan jadi lebih seimbang dan tidak sampai kacau atau bahkan jatuh bangkrut, simak tips cerdas mengelola keuangan berikut.

4 Tips Mengelola Keuangan yang Sedang Goyang agar Tidak Sampai Bangkrut

4 Tips Mengelola Keuangan yang Sedang Goyang agar Tidak Sampai Bangkrut
4 Tips Mengelola Keuangan yang Sedang Goyang agar Tidak Sampai Bangkrut

1. Siapkan Budget

Suka bepergian atau belanja? Nah, sebelum bepergian, jangan lupa untuk memastikan jika Anda sudah memiliki budget yang cukup. Selain itu, persiapkan daftar belanjaan yang ingin dibeli dari rumah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kemungkinan over budget saat membeli barang. 

Jangan lupa juga untuk membuat batasan-batasan pengeluaran pada setiap keperluan. Dengan menyiapkan daftar tersebut, Anda akan terhindar dari godaan-godaan diskon yang ditawarkan. 

Cobalah juga untuk berkomitmen dengan diri sendiri untuk menepati daftar yang sudah dibuat tadi sehingga tidak mudah tergoda. Selain membuat semuanya jadi lebih terkontrol, menyiapkan budget juga akan membuat seseorang lebih aware dengan kondisi dompetnya.

2. Jangan Sampai Menggesek Kartu Kredit hingga Melebihi Limit

Memang tak ada yang salah, saat memilih kartu kredit sebagai alat bertransaksi untuk menutupi kebutuhan harian. Mulai dari bayar tagihan telepon, listrik, internet, hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari. Asal semua tagihan tersebut tak sampai 40 persen dari batas limit kartu kredit yang digunakan.

Hal tersebut dilakukan supaya tagihan kartu kredit tetap bisa terbayarkan sesuai tanggal jatuh tempo dan menjaga skor kredit agar tetap baik. Skor kredit dengan nilai yang rendah bisa saja mengurangi kredibilitas seseorang di mata bank atau perusahaan keuangan lainnya yang mungkin menghambat pengajuan kredit Anda selanjutnya. 

Namun, agar lebih aman lagi kurangi intensitas dalam menggesek kartu kredit. Jika ada pengeluaran yang bisa dibayar tunai, lebih baik bayar segera. Supaya beban pengeluaran tidak semakin menumpuk dan membuat dompet mendadak jadi merana.

Baca Juga: Waspada, Ini Dia Penyebab Keuangan Selalu Berantakan

3. Manfaatkan Diskon dari Kartu yang Digunakan

Punya kartu kredit dan debit di dompet? Biasanya banyak bank penerbit dari kartu debit maupun kredit yang kerap memberikan promo-promo menarik. Mulai dari diskon, cashback, hingga reward diberikan untuk para nasabah setianya. Tentunya dengan minimal transaksi yang sudah ditentukan.

Jika memiliki kartu tersebut, maka jangan sampai melewatkan promo-promo yang sedang gencar diberikan. Nah, maka dari itu, pilihlah kartu kredit dan debit yang memang memberikan banyak keuntungan bagi Anda. 

4. Manfaatkan Bonus

Di beberapa kantor atau perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta biasanya memberikan bonus untuk karyawan-karyawannya di momen tertentu. Seperti hari raya, tahun baru, atau saat laba perusahaan sedang tinggi. 

Nah, jika perusahaan tempat bekerja menerapkan hal tersebut, maka jangan sampai menyia-nyiakan bonus tersebut. Uang dari bonus tersebut bisa digunakan untuk membantu memperbaiki kondisi keuangan yang mungkin sedang kacau saat ini.

Selain itu, uang bonus juga bisa ditabung ke dalam dana darurat atau diinvestasikan untuk masa depan. 

Baca Juga: 4 Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Hari Tua

Maksimalkan Pengelolaan Keuangan agar Tak Lagi Bocor

Itulah beberapa tips sederhana dalam mengelola keuangan namun memiliki efek yang luar biasa bila dilakukan. Pada dasarnya setiap orang tentu tak ingin jatuh bangkrut, maka sejak saat ini mulailah menyelamatkan keuangan dengan hal-hal kecil terlebih dahulu. Jangan sampai keuangan bocor hingga bayang-bayang bangkrut pun mengintai.