Ingin Hidup Mapan di Usia Tua? Ini Hal yang Harus Dilakukan di Usia 20an

Ingin Hidup Mapan di Usia Tua? Ini Hal yang Harus Dilakukan di Usia 20an

Posted by

Hidup berkecukupan dan kaya raya saat sudah memasuki usia tua tentu jadi impian siapa saja. Namun untuk bisa ke tahap tersebut, tentu bukan sesuatu yang bisa dicapai dengan instan, pastinya perlu perjuangan hingga pengorbanan.

Membayangkan bisa hidup mapan saat usia sudah tua tentu sangat menyenangkan. Misalnya memiliki rumah yang mewah, kendaraan seri terbaru, dan bisa bersantai ria.

Namun, semua itu hanya bayangan saja jika di usia muda Anda masih suka bermalas-malasan dan tak punya tujuan hidup yang jelas. Sesungguhnya, hidup berkecukupan dengan materi berlimpah itu tak harus menunggu usia harus tua dulu. 

Tentu saja, untuk mendapatkannya ada hal yang perlu disadari dan dilakukan sejak muda atau saat baru meniti karir. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ulasan selengkapnya.

Lakukan 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Tidak Merana

Lakukan 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Tidak Merana
Lakukan 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Tidak Merana

1. Tingkatkan Penghasilan 

Salah satu cara mudah jadi kaya raya sejak masih muda ialah dengan meningkatkan pemasukan. Saat bekerja, setiap orang pasti mendapatkan penghasilan atau biasa dikenal sebagai gaji. Namun, jika Anda hanya mengandalkan gaji yang diperoleh tiap bulan tersebut tentu butuh waktu yang lama.

Agar lebih cepat mapan, maka Anda harus memiliki sumber penghasilan tambahan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari mencari pekerjaan sampingan, membuka bisnis online, hingga menjadi freelancer online yang bisa dikerjakan di waktu senggang.

Selagi usia masih muda, jangan pernah sia-siakan waktu dan tenaga. Bekerja keras saat masih muda tentu bukan masalah karena energi dan semangat yang dimiliki masih sangat bagus. Maka dari itu, kesempatan ini akan sangat sayang jika disia-siakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

2. Investasikan Tabungan yang Dimiliki

Di usia 20an, rekening ATM biasanya menjadi tempat untuk menyimpan uang hasil kerja tiap bulan. Tak ada yang salah memang, tapi menyimpan tabungan di ATM tak akan membuat uang tersebut berkembang. Bahkan bukan tidak mungkin uang tersebut justru akan cepat habis karena merasa uang yang dimiliki masih banyak.

Nah, agar tabungan bisa berkembang dan memberikan keuntungan untuk Anda, maka mulailah menginvestasikan tabungan tersebut. Apa saja investasi yang bisa dilakukan?

Ada begitu banyak produk investasi yang bisa dijajal, mulai dari membuka rekening saham, deposito, hingga tabungan emas. 

Satu hal yang terpenting adalah jangan tunggu tua saat ingin berinvestasi, lakukanlah sedini mungkin. Penting juga diingat agar jangan tergoda untuk mengambil dan mencairkan investasi tersebut dalam waktu dekat. Supaya investasi bisa memberikan keuntungan.

Dengan begitu, masa tua akan lebih terjamin dan tak perlu lagi khawatir soal uang.

3. Jangan Gengsi untuk Belajar 

Belajar dari orang lain yang telah sukses terlebih dahulu bisa jadi salah satu cara jitu untuk menjadi orang sukses dan kaya raya. Contohnya, seorang pengusaha tak mungkin bisa membuat usahanya berjalan sukses hanya seorang diri, pasti membutuhkan orang lain untuk berdiskusi dan mendukung usahanya tersebut.

Begitu pun ketika ingin meraih kesuksesan dan hidup mapan di usia tua, Anda harus mau belajar dari orang lain. Karena dengan belajar dari orang lain, Anda akan lebih bisa mengenali kekurangan diri sendiri.

Baca Juga: 4 Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Hari Tua

4. Jangan Suka Pamer

Di usia muda keinginan untuk pamer memang selalu ada. Hal tersebut dilakukan hanya demi menunjukan jati diri dan eksistensi. Apapun yang dimiliki seolah ingin ditunjukan, mulai dari sepatu, jam tangan, mobil baru, hingga sering jalan-jalan ke luar negeri.

Sebetulnya tak ada yang salah kalau penghasilan yang Anda miliki berlebih. Tetapi perilaku pamer itulah yang justru dapat membuat impian hari tua yang mapan hanya tinggal isapan jempol belaka.

Bukan hanya impian hari tua yang jadi berantakan, tetapi kondisi keuangan hari ini juga bisa kacau jadinya jika menuruti sifat ingin pamer. Agar semuanya tak semakin runyam hingga membuat impian berantakan, cobalah untuk menahan kebiasaan tersebut. Belajarlah untuk berhemat setidaknya sampai kondisi finansial yang dimiliki stabil dan tak punya tanggungan apapun. 

5. Fokus pada Pengembangan Diri 

Untuk mencapai masa depan yang lebih mapan dan kaya raya, ternyata pengembangan diri juga bisa menjembatani keinginan tersebut. Di antaranya ialah mengupgrade skill, membangun relasi, serta memperluas pengetahuan umum. 

Di dunia profesional, ketiga hal tersebut sangatlah penting untuk mendukung dan membuka jalan menuju kesuksesan.

6. Buat Target yang Realistis

Supaya keinginan tersebut bisa cepat tercapai, Anda juga perlu memiliki target untuk dicapai. Jangan tanggung-tanggung, buatlah target dengan maksimal namun tetap masuk akal supaya bisa tetap tercapai. Target yang realistis ini bisa saja mencakup target tabungan jangka pendek atau investasi yang hasilnya bisa dicapai dengan pendapatan sekarang.

Baca Juga: Kondisi Keuangan Sedang Sulit? Lakukan Hal Ini Agar Tidak Bangkrut

Mapan di Usia Tua Bukan Lagi Sekedar Mimpi

Menjadi mapan saat usia tua sebetulnya bukan hal yang mustahil. Untuk mendapatkannya Anda hanya perlu berusaha dan bekerja lebih keras. Semuanya harus dilakukan sejak usia muda secara konsisten dan tidak malas-malasan. 

Nah, cara di atas bisa Anda terapkan untuk membantu meraih masa tua yang lebih cerah dan mapan.