Pilihan Investasi Cerdas untuk Seorang Single Parent

Pilihan Investasi Cerdas untuk Seorang Single Parent

Posted by

Berjuang seorang diri untuk menghidupi anak, bisa menjadi satu hal yang berat bagi sebagian single parent. Jadi tak salah jika mereka yang berstatus single parent ini kerap dijuluki sebagai perempuan atau lelaki tangguh.

Tetapi, sebenarnya hal yang paling berat berada di sisi finansial yang kini harus ditanggung seorang diri. Namun, tak selamanya menjadi single parent itu hal yang sulit, sebab ada banyak cara untuk membuat kondisi finansial Anda menjadi lebih mapan. 

Apa yang harus dilakukan? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Untuk Para Ayah… Ini Investasi yang Wajib Anda Lakukan

Investasi yang Menguntungkan Bagi Single Parent 

"<yoastmark

Investasi adalah salah satu hal yang dapat dilakukan oleh single parent untuk membuat ekonomi keluarga tetap atau menjadi lebih baik. Hal ini dilakukan dengan cara mengumpulkan penghasilan ke dalam suatu bentuk yang nantinya dapat memberikan manfaat dan keuntungan.

Ada banyak investasi yang bisa dipilih oleh ibu atau ayah single agar tak bingung lagi. Berikut beberapa pilihannya.

1. Memilih Emas untuk Berinvestasi

Emas menjadi salah satu pilihan menarik bagi sebagian orang untuk berinvestasi. Apalagi jika Anda memiliki hobi mengoleksi perhiasan emas, memilih emas bisa jadi sarana investasi yang paling sesuai untuk Anda. 

Tetapi ingat, niatkan hal ini untuk investasi bukan yang lain. Artinya Anda tidak boleh tergiur untuk menjual kembali emas tersebut.

Satu hal yang cukup positif dari investasi emas ialah harganya yang selalu stabil, hampir tidak pernah berubah-ubah secara drastis. Sehingga, investasi ini terbilang low risk atau berisiko rendah. Maka, di saat harga emas tengah melonjak naik, Anda dapat segera menjualnya. 

2. Investasi Melalui Tabungan Konvensional

Investasi untuk para single parent selanjutnya yang dapat dilakukan ialah menabung secara konvensional. Cara ini terbilang lebih praktis dan hampir semua orang bisa melakukannya. Keuntungan dari investasi jenis ini adalah Anda bisa mengambilnya kapanpun dan tak perlu prosedur yang rumit untuk mencairkannya kembali. 

Tentunya berbeda dengan investasi emas, di mana Anda harus menjualnya terlebih dahulu ketika ingin mencairkan investasi tersebut. Dengan tabungan konvensional ini, seorang single parent akan menjadi lebih pandai dalam mengatur dan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk di tabung.

3. Pikirkan Soal Investasi Melalui Reksadana 

Pilihan berinvestasi yang bisa dilakukan selanjutnya oleh single parent ialah melalui reksadana. Pilihan tersebut merupakan sebuah produk keuangan yang bisa digunakan sebagai jalan untuk menabung masa depan. 

Ditambah lagi, setiap harinya semakin banyak kebutuhan yang juga diperlukan anak untuk menunjang tumbuh kembangnya. Makanya melalui investasi berbentuk reksadana, masalah finansial yang dialami para single parent bisa lebih teratasi. Terutama dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Apa saja keuntungan reksadana?

Reksadana merupakan investasi online yang mudah dikelola dan juga aman. Dengan biaya yang tidak besar, Anda sudah memiliki peluang mendapatkan keuntungan yang besar dalam jangka pendek.

4. Pertimbangkan Membuat Tabungan Pendidikan Sebagai Investasi

Agar lebih meringankan masalah finansial, tabungan pendidikan bisa jadi jalan investasi yang cerdas bagi seorang single parent. Hal ini akan membuat pendidikan anak-anak jadi lebih terjamin hingga ke jenjang yang lebih tinggi sesuai yang dicita-citakan.

Anda bisa mengambil uang dari tabungan pendidikan kapanpun dibutuhkan. Tanpa perlu menanti hingga uang terkumpul seperti yang kerap terjadi pada asuransi pendidikan. Sehingga bisa lebih fleksibel ketika memang sedang membutuhkan biaya untuk sekolah anak. 

Karena tabungan ini dibuat langsung, ada baiknya untuk menyimpan tabungan pendidikan dalam pos atau akun tersendiri, supaya penggunaannya lebih tepat dan Anda pun tak tergiur untuk menggunakannya.

5. Renungkan Soal Asuransi Pendidikan

Selanjutnya, investasi yang bisa dilakukan oleh seorang single parent agar lebih siap secara finansial adalah dengan memiliki asuransi pendidikan. Dana ini ditujukan bagi Anda yang ingin memperoleh jaminan finansial untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak-anak di masa mendatang.

Dengan begitu tak perlu lagi kebingungan dengan dana pendidikan yang terus saja meningkat. Berbeda dengan tabungan pendidikan, asuransi pendidikan hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu dan memiliki risiko yang mungkin saja terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk memilih asuransi pendidikan dengan cermat supaya Anda dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menaklukan Rasa Takut Ketika Ingin Berinvestasi, Ternyata Tak Sesulit yang Dibayangkan!

Sesuaikan Investasi dengan Kebutuhan Utama

Demikian tadi beberapa ulasan menarik tentang investasi yang bisa dilakukan oleh single parent agar terbebas dari masalah keuangan. Setelah mengetahui investasi apa saja yang bisa dilakukan, Anda pun juga harus memahami lebih dalam mengenai prosedur hingga prospeknya agar tidak salah pilih. Pilih investasi yang sesuai kebutuhan Anda, agar investasi yang dilakukan bisa menghasilkan. 

Semoga bermanfaat!