Bayar Tagihan Bulanan Saja Masih Tersendat? Segera Hindari Kebiasaan Kecil Ini

Bayar Tagihan Bulanan Saja Masih Tersendat? Segera Hindari Kebiasaan Kecil Ini

Posted by

Pembelian barang baik secara kredit memang bisa memberikan banyak keuntungan. Bukan hanya tak perlu keluar uang banyak sekaligus, saat dikelola secara tepat justru dapat membantu keuangan kita, lho

Tetapi, lain ceritanya jika pembayaran harus dilakukan setiap bulan, sebab terkadang ada beberapa hal yang bisa membuat pembayaran tagihan jadi kurang lancar. Satu diantaranya ialah karena gaya hidup konsumtif atau boros yang kadang kurang terkendali. 

Tanpa disadari, terkadang ada beberapa kebiasaan kecil yang membuat pengeluaran jadi membengkak dan ujung-ujungnya tak bisa bayar cicilan. Ingin tahu kebiasaan apa saja yang kerap membuat pengeluaran membengkak hingga membuat cicilan terabaikan? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Ingin Cepat Sukses? Ini Kebiasaan-Kebiasaan yang Harus Dilakukan

3 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Memiliki Pengaruh Besar Terhadap Keuangan

1. Sering Jajan Minuman Kekinian

Jajan di luar memang menyenangkan, apalagi jika jajan kopi atau minuman kekinian yang bisa bikin Anda semakin up to date. Tapi, jika hal tersebut terlalu sering dilakukan, bisa-bisa kondisi keuangan Anda berantakan dibuatnya.

Misalnya saja setiap Anda jajan kopi atau bubble tea, sekali membayar bisa menghabiskan uang sekitar 30 ribu Rupiah. Jika hal tersebut dilakukan setiap hari selama sebulan, maka Anda sudah menghabiskan uang sekitar Rp 900.000. Tentunya, jika uang ini disimpan bisa digunakan untuk membayar kebutuhan penting yang lain atau bahkan membayar tagihan cicilan bulanan, bukan? 

Sebagai gantinya, Anda bisa membuat kopi sendiri atau makanan pendampingnya di rumah. Mau kopi atau boba? Semua bisa dibuat sendiri di rumah dengan membeli sendiri bahan-bahan yang diperlukan.

Selain itu, Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan resep-resep kekinian yang bisa ditemukan di sosial media. Semuanya jadi lebih hemat dan jajanan yang dibuat sendiri pun tentu lebih higienis dengan rasa yang bisa disesuaikan dengan selera. Menarik bukan? 

2. Kerap Jajan di Kaki Lima atau Minimarket

Sesekali beli jajan di kaki lima atau minimarket untuk mengisi perut yang lapar atau sekadar memuaskan keinginan ngemil memang tidak dilarang. Namun, jika kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus bahkan hampir tiap hari, bisa jadi pengeluaran bulanan Anda akan melonjak tajam.

Apalagi di tengah jadwal kerja yang full, membeli camilan atau makanan kecil saat sore hari bisa jadi satu cara mudah untuk mengganjal rasa lapar sampai waktu makan malam tiba.

Ditambah lagi jika perjalanan pulang dari kantor yang cukup jauh jaraknya, bisa-bisa kelaparan di jalan. Dari pada jajan camilan yang tentunya kurang sehat, ada solusi yang cukup mudah, lho. Anda bisa bawa bekal sendiri dari rumah dan berhenti membeli camilan yang kurang sehat di minimarket atau kaki lima. Selain lebih sehat, bawa camilan dari rumah bisa membuat pengeluaran lebih terjaga.

Sebagai gantinya, uang yang biasanya buat jajan camilan tadi bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan. Tentunya jumlah uang yang dapat dihemat sangat bervariasi tergantung kebiasaan jajan yang kerap dilakukan. Semakin Anda mengurangi kebiasaan jajan, tentunya akan semakin banyak pula jumlah pengeluaran yang dihemat. 

3. Suka Nongkrong Hampir Tiap Akhir Pekan

Makan sambil ngobrol dan bersosialisasi setiap akhir pekan bersama teman memang hal yang sangat menyenangkan. Tetapi jika nongkrong jadi sebuah kebiasaan yang selalu dilakukan tiap akhir pekan, bisa-bisa tagihan cicilan bulanan luput tak terbayar.

Menghemat pengeluaran agar bisa membayar tagihan cicilan bulanan sebetulnya tak sulit, kok. Anda pun juga tak harus menghentikan semua kegiatan bersama sahabat dekat, hanya perlu mengurangi frekuensi nongkrong di luar saja. 

Daripada menghabiskan uang buat nongkrong di luar, coba deh ajak sahabat atau keluarga untuk membuat acara sendiri yang menarik di rumah. Anda bisa memilih tempatnya dengan bergantian, pekan ini di rumah kakak, lalu pekan depan gantian di rumah sepupu atau sahabat, bergantian terus agar semakin seru. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat kegiatan karaoke bersama, nonton film atau seru-seruan main monopoli. Nah, uang yang biasanya digunakan untuk nongkrong bisa dialokasikan untuk bayar cicilan tagihan maupun pengeluaran di pos lainnya yang juga tak kalah penting.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlambat! Ini Nih Tandanya Jika Keuangan Anda Sedang Tidak Sehat

Awali Hidup Hemat dengan Memulai Kebiasaan Positif

Berhemat agar bisa membayar cicilan dapat dimulai dari mengurangi kebiasaan-kebiasaan kecil yang ternyata berdampak besar. Daripada melakukan beberapa hal di atas, lebih baik untuk melakukan kebiasaan kecil lain yang lebih positif seperti rutin menabung. Lalu pisahkan penghasilan sesuai pos-pos kebutuhan, mulai dari kebutuhan wajib bulanan, cicilan, maupun hiburan. 

Dengan begitu, Anda tak akan lagi mengalami kesulitan keuangan jika mengatur semua sesuai porsi dan budget yang ada. Semoga bermanfaat.