Punya Hobi Belanja dan Traveling? Bisnis Ini Cocok Banget Buat Anda!

Punya Hobi Belanja dan Traveling? Bisnis Ini Sangat Cocok Untuk Anda!

Posted by

Jika berbicara soal berbelanja dan traveling, siapa sih yang tak suka dengan kegiatan tersebut? Dua hal tersebut pastinya sangat digemari setiap kalangan. Pasalnya, berbelanja dan traveling jadi salah satu cara jitu untuk melepaskan stres yang kerap melanda.

Namun, tentu tak bisa dipungkiri bahwa kegiatan tersebut pastinya akan menghabiskan dana yang tidak sedikit. Apalagi jika ada barang-barang bagus, lucu, hingga branded yang tak bisa ditemukan di dalam negeri. Seolah-olah semua isi toko ingin dibeli semua, tapi apa daya isi dompet tidak setebal itu.

Lalu bagaimana ya caranya agar Anda bisa traveling gratis sekaligus belanja sepuasnya? Apalagi jika bisa mendatangkan penghasilan, pasti ini jadi pekerjaan yang sangat didambakan para milenial saat ini. Nah, berbahagialah kalian, sebab ada beberapa celah bisnis yang cocok buat orang-orang yang senang traveling sambil berbelanja. 

Apakah bisnis tersebut? Ya, Bisnis Jasa Titip. Saat ini bisnis jasa titip sangat digandrungi banyak pihak karena menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Tetapi apa sih bisnis Jastip itu sendiri dan seperti apa cara menjalankannya? Berikut penjelasannya.

Jastip, Bisnis Soal Apa?

Jastip merupakan sebuah peluang usaha yang memberikan layanan jasa pembelian barang yang diinginkan oleh pelanggan maupun pengguna jasa. Umumnya, Jastip ini selalu memanfaatkan sarana sosial media untuk menawarkan jasanya.

Biasanya konsumen yang memakai layanan Jastip ini memang menginginkan barang yang tidak diperjual belikan di Indonesia atau semata-mata karena harga barang yang diincar lebih miring. Selain itu, layanan jastip kini tak hanya menawarkan barang-barang dari luar negeri saja, tetapi juga barang dari kota-kota besar di Indonesia.

Misalnya saja seperti para ibu muda, yang entah karena malas atau karena memang merek yang diinginkan tak ada di kota mereka. Sehingga, rela mengeluarkan budget lebih untuk membeli barang tersebut. Belum lagi tambahan ongkos kirim yang belum tentu murah.

Dengan permintaan pasar yang semakin tinggi dan kemauan yang kuat, bisnis jastip yang awalnya dimulai dengan skala kecil tersebut bisa berkembang pesat. Nah, agar lebih lancar nantinya, simak tips cerdas memulai bisnis Jastip berikut ini.

Baca Juga: Butuh Uang Cepat dan Semua Kerabat Tidak Memberikan Pinjaman? Ini Alternatifnya

3 Tips Bisnis Jasa Titip

1. Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

Sebelum menawarkan apa saja jenis barang yang bisa dititipkan, ada baiknya Anda mengumpulkan informasi yang banyak tentang destinasi favorit saat ini atau kedepannya. Cari tahu perihal barang-barang yang diminati dari tempat tersebut. Lalu di mana saja Anda bisa memperoleh barang-barang tadi dengan kualitas maupun harga yang sesuai.

Tak hanya itu, Anda juga harus mendapatkan informasi mengenai prosedur keamanan yang diperlukan untuk bisa membawa seluruh barang yang telah dibeli tersebut masuk secara legal ke Indonesia. Agar tidak terjadi kendala terutama perihal bea cukai.

 2. Perhitungan Soal Harga 

Selanjutnya, Anda pun harus lebih jeli dan cermat ketika menentukan soal tarif pada pelanggan. Supaya nantinya tidak merugi, karena kurang memperhitungkan biaya tambahan yang harus dikeluarkan saat membeli barang yang dititipkan. Misalnya saja soal biaya transportasi, biaya bagasi tambahan, hingga biaya makan selama pergi untuk membeli barang-barang tersebut.

Setelah memperhitungkan segala biaya untuk modal tersebut, Anda kemudian harus bisa mematok harga jual yang kompetitif. Sebaiknya ketahui dulu harga dari kompetitor agar jangan sampai membuat harga jual yang jauh lebih tinggi atau bahkan lebih rendah. Umumnya, biaya untuk Jastip berkisar antara 10% sampai 20% dari total harga barang yang dititipkan.

3. Promosi Melalui Media Sosial

Sosial media seperti Instagram dan Whatsapp menjadi sarana komunikasi yang utama antara para jastiper dan pelanggan. Sehingga, mengelola akun jastip sekaligus membangun brand di Instagram sangatlah penting. Lantas, bagaimana cara memaksimalkan dan mempromosikan Jastip melalui media sosial?

  • Mulai dengan mendeskripsikan semua informasi penting di sosial media yang digunakan. Baik mengenai merek apa saja yang dapat dititipkan, kemudian lokasi, serta kontak yang mudah dihubungi. Jangan lupa juga untuk menyertakan biaya jastip. Dengan informasi yang lengkap dan jelas, pelanggan akan lebih tertarik untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.
  • Konsisten dalam memunggah foto. Jangan sampai ada jeda waktu yang terlalu lama, misalnya sampai berhari-hari tidak posting. Sehingga, seluruh followers Anda bisa selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai barang yang ditawarkan. 
  • Semakin banyaknya variasi jenis barang yang ditawarkan, akan membuat antusias pelanggan juga semakin tinggi. Jangan sampai lupa gunakan hashtag populer agar mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas.
  • Ada baiknya juga jika Anda lebih memaksimalkan penggunaan Instagram Story. Sebab pengguna banyak yang lebih tertarik melihat tampilan instastory yang menarik sebelum memutuskan untuk berbelanja. Karenanya buat unggahan yang menarik ditambah lagi dengan testimoni pelanggan yang terpercaya.

Baca Juga: Ingin Cepat Sukses? Ini Kebiasaan-Kebiasaan yang Harus Dilakukan

Maksimal Jalankan Bisnis dengan Branding dan Perencanaan yang Tepat

Menjalankan bisnis Jastip memang sangat menarik terlebih jika Anda yang gemar traveling sambil berbelanja. 

Meskipun demikian, memulai bisnis ini pun tidak semudah yang dibayangkan, terlebih jika Anda tak memiliki modal yang memadai untuk memulainya. Selain modal, satu hal penting lainnya adalah bagaimana caranya memperoleh kepercayaan dari calon pelanggan. 

Bagaimana cara memperolehnya? Kepercayaan bisa diperoleh dari menguatkan branding ditambah dengan layanan jasa yang terpercaya. 

Berikan layanan terbaik, dengan pengiriman yang selalu tepat waktu dan komunikatif pasti akan membuat pelanggan semakin setia. Hal tersebut akan menjadi kekuatan tersendiri bagi bisnis Anda di masa mendatang. Semoga bermanfaat!