Prediksi Fitur Ponsel Pintar yang Bakal Naik Daun di Tahun 2020

Prediksi Fitur Ponsel Pintar yang Bakal Naik Daun di Tahun 2020

Posted by

Tahun lalu, seluruh dunia dikejutkan dengan munculnya desain unik pada iPhone 11 Pro. Di bagian belakang terdapat 3 kamera yang iconic dan membuatnya banyak dibicarakan. 

Dari segi fitur yang dimiliki, Iphone memang cukup tertinggal dibandingkan dengan smartphone yang berbasis android lain. Misalnya saja, fitur tambahan 3 kamera bagian depan dengan ultra wide yang bahkan telah digunakan smartphone Samsung sejak april 2019 lalu. Iphone tentu memiliki peran untuk membuat fitur yang sebelumnya sudah ada lebih sempurna dengan penyajian yang jauh lebih eksklusif serta hasil yang lebih baik.

Kira-kira fitur seperti apa lagi yang akan dirilis oleh Samsung, Apple, Xiaomi, atau Oppo ke publik tahun 2020 mendatang, ya? Banyak sekali desas-desus soal penyempurnaan software supaya teknologi 5G dapat segera dinikmati hingga smartphone lipat yang bakal jadi tren di tahun 2020 mendatang. Agar tak semakin penasaran simak penjelasannya.

Baca Juga: Punya Hobi Belanja dan Traveling? Bisnis Ini Sangat Cocok Untuk Anda!

Fitur-Fitur Smartphone yang Bakal Jadi Tren di 2020

1. Hadirnya Teknologi 5G

Belakangan ini Qualcomm telah meluncurkan sebuah produk baru yakni Snapdragon 865. Kehadiran perangkat ini seharusnya mampu menciptakan banyak ide bagi para produsen smartphone agar bisa menghadirkan hal baru di tahun 2020 mendatang.

Sudah dipastikan juga jika teknologi 5G pun sudah siap dioperasikan melalui chip ini di 2020 mendatang. Produsen smartphone kenamaan seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, LG, hingga Sony pun sudah berencana akan memasang chip ini di smartphone buatannya. Dan bersiap menyongsong teknologi 5G yang digadang-gadang memiliki kecepatan hingga 7.5Gbps ini.

Hanya saja baik pemerintah maupun perusahaan telekomunikasi yang ada di Indonesia belum mampu memenuhi seluruh perkembangannyaKarenanya, kita semua cuma bisa berharap supaya lembaga terkait dapat merealisasikan teknologi 5G ini lebih cepat.

2. Teknologi dan Kesehatan Psikis

Kekhawatiran akan hadirnya teknologi dan juga kesehatan psikis seseorang telah mendorong munculnya trend baru pada pengembangan aplikasi pada smartphone sekarang ini. Bahkan Instagram kini bereksperimen untuk menghapuskan fitur Like. Selain itu, Instagram juga mencoba menciptakan media sosial menjadi lingkungan yang lebih kondusif dan positif serta mengurangi dampak buruk.

Android membuat mode screen-off menjadi fitur yang wajib ketika penggunanya melakukan pembaruan software terbarunya. Hal ini dilakukan untuk membantu penggunanya bisa lebih mengontrol pemakaian. Perusahaan kini jadi sedikit lebih aware mengenai kesehatan, dan trend tersebut terlihat dapat lebih banyak mempengaruhi aplikasi maupun perangkat di tahun mendatang.

3. Teknologi AI dan AR yang Makin Mumpuni

Singkat cerita, AI dan AR merupakan sebuah teknologi yang kerap digunakan pada filter kamera, baik yang ada di aplikasi Instagram ataupun Snapchat. AR sendiri merupakan teknologi yang mampu menangkap realita yang ada di depan smartphone sedangkan AI berperan menjadi otak untuk menerjemahkannya.

Diprediksi di tahun 2020 nanti, fungsi AR bisa jauh lebih maksimal lagi. Dari cara kamera menangkap sebuah objek dengan lebih detail saat memotret, fitur video slow motion yang lebih lambat namun tajam. 

Lalu, voice assistant dengan fungsi yang jauh lebih sempurna dan fitur garapan Google Pixel 4 yakni radar gesture. Radar gesture mampu membaca sekaligus memerintahkan smartphone hanya dengan menggunakan gerakan tangan maupun mata tanpa harus menyentuh layar.

4. Kemunculan Kembali Layar Lipat dalam Wajah Kekinian

Sebagai brand ternama, Samsung telah menghasilkan banyak sekali reaksi positif maupun negatif terhadap fitur layar lipat yang dihadirkan. Meskipun demikian, masih banyak produsen lain yang tetap ingin mengikuti jejaknya dalam mengembangkan teknologi layar lipat ini. 

Tren ini bahkan telah mulai diikuti beberapa brand besar seperti Microsoft, Oneplus dan Google dengan merilis ponsel cerdas layar ganda yang dapat dilipat. Apakah hal ini akan jadi tren dan booming di tahun 2020 mendatang? Kita tunggu saja.

5. Harga Terjangkau dalam Fitur Flagship 

Dengan memadukan spesifikasi mumpuni yang dilengkapi teknologi berkelas seperti pemain besar dan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau untuk kelas menengah. Membuat cara ini diikuti oleh banyak pemain baru yang lain. Seperti, Redmi K20 Pro, Asus ZenFone 6, Pocophone F1, hingga Iphone SE 2. Dengan smartphone yang bertema flagships low budget yang dijadwalkan akan mengalami pembaruan di tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Kredit Online, Penolong di Kala Butuh Dana Cepat

Bersiap Menghadapi Teknologi Kekinian dengan Lebih Bijak

Nah, itulah tadi beberapa prediksi fitur-fitur yang akan muncul di tahun 2020 mendatang. Mulai dari hadirnya teknologi 5G dengan kecepatan luar biasa hingga kemunculan smartphone flagship low budget dengan spesifikasi mumpuni. Semuanya akan hadir dan mewarnai jagat teknologi smartphone

Punya rencana untuk memiliki smartphone baru di tahun mendatang? Coba mulai dengan menyisihkan sebagian pendapatan sekitar 10 hingga 20% setiap bulannya. Selain itu, pikirkan kembali apa manfaat dan urgensi dari pembelian ponsel baru tersebut. 

Jika memang Anda membutuhkan ponsel baru namun isi kantong dirasa belum cukup. Maka Anda dapat mencoba mengajukan kredit hp online maupun offline.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.