Punya Gaji Pas-Pasan Tapi Bebas Utang? Bisa Banget! Begini Caranya!

Punya Gaji Pas-Pasan Tapi Bebas Utang? Bisa Banget! Begini Caranya!

Posted by

Bagi Anda yang baru saja menerima gaji yang pertama pastinya akan sangat merasa gembira, meskipun nominal yang didapat terbilang pas-pasan. Terlebih lagi bagi Anda yang baru saja memasuki dunia kerja atau sebutan kerennya entry level

Rasa ingin untuk membeli sesuatu ketika telah menerima gaji sudah pasti ada. Misalnya saja ingin beli kemeja kerja, sepatu, tas bermerek, hingga barang elektronik. Namun, bagaimana kalau gaji yang diterima jumlahnya sangat pas-pasan dan jika digunakan untuk membeli barang tersebut kondisi keuangan akan terganggu? Apa mungkin harus berutang? 

Karena jika sudah berutang, uang penghasilan yang didapatkan akan cepat habis hanya untuk menutupinya. Oleh karena itu, mulailah bijak dalam mengatur keuangan. Meski dengan gaji yang pas-pasan, Anda pun sebetulnya sangat bisa terhindar dari jeratan utang dengan cara-cara berikut. 

Baca Juga: Bayar Tagihan Bulanan Saja Masih Tersendat? Segera Hindari Kebiasaan Kecil Ini

3 Cara Terbebas dari Utang Meskipun Gaji Pas-Pasan

1. Sesuaikan Anggaran, Berhemat Bukan Sesuatu yang Menakutkan

Nah, kali ini cobalah untuk membuat rencana pengeluaran secara rinci dengan nominal-nominalnya. Namun, tetap usahakan agar semua rencana pengeluaran tadi nilainya sesuai dengan nominal gaji yang diperoleh setiap bulan. 

Contohnya, Anda bisa menghitung-hitung besaran pengeluaran untuk sarapan setiap pagi. Biasakan juga agar berhemat saat memilih menu sarapan pagi. Agar semakin hemat lagi, Anda sebenarnya bisa membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Usahakan juga Anda tetap menyisihkan tabungan untuk berjaga-jaga jika suatu saat ada keperluan yang mendadak. 

Hal ini dijamin efektif lho, asal Anda tidak tergiur untuk jajan atau beli makanan lain di luar. Nah, dengan begitu jumlah pengeluaran setiap bulan bisa berada jauh dari rencana anggaran yang dimiliki sehingga bisa terhindar dari utang. Ditambah lagi, Anda bisa mendapatkan “bonus” tambahan seperti tabungan setiap bulan.

2. Hindari Kartu Kredit, Biasakan Dengan Tunai

Tergiur ingin menggunakan kartu kredit karena merasa sudah berpenghasilan sendiri, sebenarnya merupakan pemikiran yang tidak 100% benar. Usahakan selalu membayar apapun dengan uang tunai. Cara ini akan membantu Anda lebih bisa mengatur semua pengeluaran yang sebelumnya sudah dianggarkan untuk setiap bulannya. 

Kebiasaan menggunakan uang tunai ketika membayar apapun yang dibeli, akan membuat Anda lebih bisa menahan diri saat menggunakan uang dan juga menghargai sekecil apapun uang kembalian yang didapatkan. 

3. Ingin Barang Mewah, Menabung Dulu 

Mendapatkan gaji hasil jerih payah sendiri dan sudah tidak mengharapkan sokongan dari orangtua memang menjadi kebanggaan tersendiri. Tapi jangan hanya karena sudah mendapatkan penghasilan sendiri lantas ingin hidup mewah. 

Gaya hidup yang mewah bisa membuat Anda tergoda untuk berutang. Terlebih lagi, ketika sudah mulai masuk ke dunia kerja, Anda pun mau tak mau harus menyesuaikan gaya hidup yang ada di lingkungan kerja. 

Nah, hal seperti inilah yang sebaiknya harus dihindari. Jika ini tetap dituruti, bisa-bisa budget pengeluaran setiap bulan terus membengkak lho

Bukan berarti, dengan gaya hidup hemat dan sederhana, Anda tak dapat menikmati hasil jerih payah selama bekerja. Sebetulnya, sah-sah saja jika Anda ingin membeli barang yang mahal demi mendukung pekerjaan asal menabung dulu sedari awal.

Meskipun iming-iming cicilan bunga hingga nol persen yang kerap ditawarkan,  itu semua secara tidak sadar akan membuat Anda terjerat dalam belenggu utang. Masa iya, uang gaji harus amblas buat bayar cicilan yang mengantri setiap bulannya? Kapan bisa menabung kalau terus-terusan seperti itu?

Baca Juga: Punya Hobi Belanja dan Traveling? Bisnis Ini Sangat Cocok Untuk Anda!

Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan

Nah itu tadi beberapa cara cerdas mengatur keuangan yang dapat dilakukan dengan gaji yang pas-pasan. Meski gaji belum terlalu besar, gaya hidup hemat dan sederhana harus dibiasakan sejak awal. Sebab, ketika mendapatkan gaji yang pas-pasan namun gaya hidup yang dimiliki wah, lambat laun kehidupan tersebut akan mencekik diri sendiri karena utang yang terus menumpuk. 

Dengan pengelolaan yang baik terhadap gaji yang pas-pasan, Anda pun tetap bisa memiliki tabungan. Seberapa besar gaji sebetulnya bukanlah patokan, sebab yang terpenting adalah bagaimana seseorang bisa menyikapi semua keadaan.