Hati-Hati Makin Boros Kalau Punya Aplikasi Ini!

Hati-Hati Makin Boros Kalau Punya Aplikasi Ini!

Posted by

Siapa yang menyangka jika aplikasi smartphone yang sebelumnya pernah diunduh bisa jadi biang keladinya pemborosan. Bahkan beberapa aplikasi justru meningkatkan kebiasaan konsumtif yang membuat uang tersita. Salah-salah kalau tidak bijak, keuangan malah akan semakin tergerus. 

Sedangkan, tujuan utama dari aplikasi tersebut tentunya untuk memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Jika Anda termasuk orang yang sangat boros, ada baiknya segera hapus aplikasi tersebut. 

Lantas, aplikasi smartphone seperti apa yang cenderung menjadikan seseorang bersikap lebih boros dan tak segan menghamburkan uang dengan jumlah yang banyak? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Punya Gaji Pas-Pasan Tapi Bebas Utang? Bisa Banget! Begini Caranya!

4 Aplikasi di Smartphone yang Bikin Pengeluaran Semakin Boros

1. Belanja Online 

Coba tengok smartphone Anda, pasti ada satu dari sekian aplikasi belanja online yang terpasang di situ. Nah, jika tidak bijak saat menggunakannya, aplikasi semacam ini bisa membuat Anda jauh lebih impulsif, terlebih bagi para shopaholic.

Awalnya mungkin hanya sekadar iseng ingin lihat-lihat, kemudian saat scroll down tiba-tiba saja ketemu barang yang menarik. Apalagi ditambah dengan penawaran diskon atau cashback yang besar. Pasti tanpa pikir panjang, produk tadi langsung dibeli. Sedangkan, barang tersebut sebetulnya tidak terlalu penting atau dibutuhkan.

2. Food Delivery

Selanjutnya adalah aplikasi untuk pesan antar makanan. Sebetulnya, aplikasi yang satu ini cukup memudahkan Anda dan masyarakat lain saat ingin membeli makanan yang diinginkan baik dengan lokasi dekat maupun jauh.

Namun sayangnya, harga yang ada di aplikasi pesan antar tersebut umumnya jauh lebih mahal. Bahkan perbedaannya bisa mencapai 10-20% jika dibandingkan dengan harga di gerainya. Bayangkan saja kalau Anda sering-sering membeli makanan di aplikasi tersebut, pasti lumayan membuat uang terkuras.

Bukan cuma soal harga menunya yang lebih mahal, Anda pun harus menanggung ongkos kirimnya juga yang tarifnya seringkali tidak menentu. Tapi selagi ada promo, jangan disia-siakan! Karena umumnya harga promo tersebut sudah jauh lebih murah dibandingkan harga normalnya. 

Maka, tetaplah bijak dalam menggunakannya agar dapat merasakan keuntungannya!

3. Mobile Banking

Hampir seluruh transaksi keuangan saat ini sudah menggunakan teknologi digital, termasuk untuk transaksi jual beli bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan smartphone saja. Metode untuk pembayarannya pun biasanya dilakukan secara digital, dengan menggunakan mobile banking maupun internet banking. 

Pada kenyataannya, kemudahan tersebut justru membuat sebagian besar pengguna aplikasi mobile banking jadi lebih boros dan konsumtif. Hal ini pun didukung oleh sebuah hasil penelitian yang dirilis oleh McKinsey & Company di tahun 2019 yang lalu.

Dalam penelitiannya, CNBC menyebutkan jika konsumen di Indonesia yang secara aktif memakai mobile banking untuk bertransaksi jauh lebih sering melakukan pembelian dibandingkan mereka yang tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut.

4. Game Berbayar 

Game yang berbasis ponsel cerdas saat ini tentu sudah sangat marak. Peminatnya pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang tergila-gila dengan permainan game di ponsel pintarnya. Bermain game di ponsel pintar memang sangat menyenangkan, sebab bisa membuat kepenatan sedikit berkurang.

Buat penggemar game yang sudah kecanduan, mereka bahkan rela merogoh kocek lebih dalam demi bisa membeli berbagai macam item khusus untuk karakter maupun perlengkapan dalam game yang dimainkannya. Misalnya saja seperti baju, aksesoris, senjata, dan yang lainnya. 

Jika tidak dikontrol dengan bijak, bisa-bisa gaji habis terbuang percuma gara-gara aplikasi game berbayar. Dari pada memilih game berbayar, Anda bisa mencari dan mengunduh game gratis yang tak akan membuat kocek tercekik untuk sekedar bermain.

Aplikasi game di ponsel cerdas tersebut sejatinya digunakan untuk membantu orang-orang untuk melepas penat. Tetapi jika harus mengeluarkan uang hanya untuk item yang sebetulnya tak terlalu penting atau dibutuhkan, bisa-bisa membuat kondisi keuangan jadi berantakan.

Baca Juga: Yakin Kondisi Keuanganmu Sudah Sehat? Yuk, Cek Dulu dengan 4 Indikator Ini!

Para Pengguna Harus Lebih Smart Dibandingkan Smartphonenya

Itu tadi deretan aplikasi smartphone yang tidak disadari bisa membuat seseorang gampang mengeluarkan uang banyak tanpa pertimbangan. Jadi, semuanya kini ada ditangan Anda. Apakah ingin tetap mempertahankan aplikasi tersebut tapi lebih bijak saat menggunakannya atau menghapusnya segera dari smartphone agar tak terjerumus lebih jauh?

Aplikasi seperti mobile banking ataupun food delivery sepertinya memang sayang jika dihapus. Karena, suatu saat pasti akan lebih sering membutuhkannya. Tetapi, beda cerita dengan aplikasi game maupun belanja online yang bisa membangkitkan sifat konsumtif memang layak untuk dihapus segera.