Ternyata Ini Kebiasaan yang Bikin Anda Sering Merasa Buang Uang Saat di Mall!

Ternyata Ini Kebiasaan yang Bikin Anda Sering Merasa Buang Uang Saat di Mall!

No comments

Hampir setiap orang sepakat jika Mall adalah salah satu lokasi yang kadang bikin gak sadar kalau sedang melakukan kegiatan yang buang-buang uang. Namun di lain sisi, Mall juga menjadi tempat yang asyik untuk cuci mata dan menghilangkan stres. Hampir semua kegiatan bisa dilakukan di sana, mulai dari kulineran, nonton bioskop, berbelanja, atau hanya sekadar window shopping.

Lantas, apakah semua yang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan “pasti” akan selalu bakar duit? 

Sebenarnya, anggapan tersebut belum tentu benar kecuali jika Anda melakukan beberapa kesalahan yang berulang. Mau tahu kesalahan fatal apa saja yang bisa bikin dompet tipis usai pergi jalan-jalan ke Mall? Mari simak ulasan berikut ini. 

Baca Juga: Belum Punya Rencana Keuangan Jangka Pendek? Jangan Anggap Sepele, Yuk Bikin Sekarang!

4 Kebiasaan Buruk yang Buat Dompet Cepat Kempes

1. Selalu Bayar Pakai Cash

Tahukah Anda, mengapa setiap jalan-jalan ke Mall selalu merasa uang terbuang begitu saja? Hal itu karena Anda selalu bertransaksi dengan uang tunai. 

Cobalah gunakan aplikasi e-wallet misalnya seperti Ovo, Dana, Gopay, maupun aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki banyak sekali jaringan merchant yang tersebar di mana-mana.

Dengan menggunakan e-wallet setiap kali bertransaksi, justru Anda memiliki potensi untuk mendapatkan cashback. Kalau mendapatkan cashback, pasti lumayan bukan? 

2. Menganggap Kupon / Voucher Tak Terlalu Penting

Tahukah Anda jika kupon makan, belanja, dan yang lainnya itu bisa ditemukan di berbagai e-commerce? Tapi sayangnya kebanyakan dari Anda pasti tak begitu peduli dengan hal ini.

Jika dipikir-pikir dan dikalkulasi lagi, kupon diskon belanja atau makanan tersebut ternyata memiliki nilai yang lumayan besar, lho. Mulai dari 10 hingga 75 persen, semua penawaran tersebut tergantung momen dan juga tempatnya.

Jika tak dimanfaatkan dengan baik, jangan heran jika nantinya dompet Anda serasa menipis. 

3. Ngemil, Nonton, Makan, dan Shopping

Jika kebiasaan ini kerap dilakukan saat berada di Mall, maka sudah sangat jelas sekali jika uang yang ada di dompet bakal cepat habis tanpa terasa.

Bukannya tak boleh, tapi sebaiknya jika jalan-jalan ke Mall pilih dua saja di antara keempat aktivitas di atas ya! Itu pun juga sudah sangat cukup membuat dompet meringis, bukan? 

Percaya atau tidak, kebiasaan makan dan nonton setiap akhir pekan saja bisa menghabiskan dana hampir 200 ribuan Rupiah, lho. Ini didapat dari estimasi, harga tiket nonton sekitar 75 ribu Rupiah, lalu biaya makan sekitar 100 ribuan Rupiah. 

Bayangkan saja jika seandainya, sehabis pergi makan, Anda lanjut dengan nonton bioskop sambil beli camilan, setelah selesai lanjut lagi belanja. Mau habiskan uang berapa ratus ribu?

4. Melewatkan Promo Menarik dari Kartu Kredit

Tak selamanya kartu kredit selalu membawa dampak negatif. Apalagi jika dipakai dengan tepat, misalnya saja saat jalan-jalan di Mall. Sama halnya seperti aplikasi e-wallet yang bekerjasama dengan banyak sekali merchant di berbagai resto, department store, sampai supermarket, kartu kredit pun juga demikian. 

Bukan cuma merchant-nya yang bisa dengan mudah ditemukan, tetapi kartu kredit juga kerap memberikan penawaran menarik. Misalnya saja berupa reward, cashback, diskon, hingga poin yang kalau dihitung-hitung lagi justru bisa bikin pengeluaran jadi lebih hemat, lho.

Anda pun bisa menggunakan semua penawaran menarik tadi buat nonton, makan di resto kesayangan, hingga belanja kebutuhan sehari-hari. Jadi, tidak ada lagi rasa buang atau bakar uang saat lagi jalan-jalan.

Karenanya, jangan buru-buru antipati dulu saat disarankan untuk memilih kartu kredit sebagai alat bertransaksi. Satu hal yang sudah pasti salah ialah jika Anda jadi kalap saat berbelanja menggunakan kartu kredit lalu hanya bisa membayar tagihan dengan minimum payment saja.

Baca Juga: Yakin Kondisi Keuanganmu Sudah Sehat? Yuk, Cek Dulu dengan 4 Indikator Ini!

Jalan-Jalan di Mall Bukan Alasan Buat Buang-Buang Uang

Nah, itu tadi empat kebiasaan yang bisa membuat Anda merasa buang-buang uang saat jalan di Mall

Ketahui betul apa alasan sesungguhnya Anda pergi ke Mall, apakah ingin berbelanja, makan, atau bahkan hanya sekadar melepas penat? Dengan mengetahui tujuan tersebut, maka uang Anda tidak akan ada yang terbuang sia-sia. Selamat mencoba!