Indodana – Pinjaman Uang Online Kilat Cepat dan Mudah!

Ingin Lebih Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Hindari 5 Hal Ini

Ingin Lebih Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Hindari 5 Hal Ini

Kini sistem bekerja dari rumah atau work from home mulai diberlakukan oleh sejumlah perusahaan. Hal ini dilakukan semenjak kasus Covid-19 terus bertambah setiap harinya. Meskipun demikian, sistem tersebut dinilai masih cukup asing bagi sebagian orang dan juga dikhawatirkan tak akan seefektif ketika bekerja di kantor.

Namun sisi positifnya, sistem kerja work from home akan jadi lebih fleksibel, pasalnya para pekerja tidak perlu menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Selain itu, sisi negatifnya pun juga ada, karena sistem baru ini memerlukan banyak latihan dan disiplin, kesadaran diri, dan fokus yang tinggi. 

Oleh karena itu, agar work from home (kerja dari rumah) lebih maksimal dan efektif, simak kesalahan apa saja yang wajib dihindari berikut ini.

Baca Juga: Menabung di Saat Keuangan Sedang Sulit Bukan Mimpi, Ini Caranya!

Hindari Hal Berikut Saat Sedang WFH

Hindari Hal Berikut Saat Sedang WFH

1. Mengenakan Pakaian Tidur Saat Bekerja

Seseorang yang paling produktif tidak akan memulai pekerjaannya ketika baru bangun tidur dan baju tidur masih menempel di tubuhnya. Alih-alih memakai piyama, mereka justru mempersiapkan diri untuk bekerja di hari tersebut sama seperti ketika mereka akan berangkat ke kantor. Mulai dari mandi pagi, sarapan, dan lain sebagainya.

Mengapa demikian? Pada dasarnya apa yang dikenakan sangat mempengaruhi mood seseorang. Sama halnya ketika masih mengenakan piyama atau baju tidur. Di mana tubuh dan pikiran masih berada dalam “mode istirahat” sehingga pekerjaan yang akan dilakukan akan kurang maksimal.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Northwestern University, seorang karyawan atau apa pun profesinya, mereka akan melakukan tugasnya dengan jauh lebih baik di saat mereka memakai pakaian yang punya “makna simbolis”. Sehingga agar semangat kerja bisa turut meningkat, ada baiknya jangan gunakan piyama saat bekerja dari rumah. Bersiaplah seperti saat ingin berangkat ke kantor.

2. Bekerja di Sofa atau Tempat Tidur 

Ketika memutuskan untuk memulai bekerja dari rumah, ada baiknya jika Anda menyiapkan ruangan khusus untuk bekerja. Sebab, tak semua orang dapat bekerja dengan produktif jika melakukan pekerjaannya di sofa atau tempat tidur. Sehingga disarankan untuk menjauhi sofa atau tempat tidur saat bekerja.

Selain itu, pencahayaan ruangan di dalam rumah juga bisa memengaruhi pekerjaan Anda, akan jadi lebih efektif dan produktif atau justru menurun. Lampu dengan warna yang terang dapat membuat Anda jadi semakin produktif. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan cahaya sinar matahari. 

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa cahaya matahari mampu mengurangi depresi serta meningkatkan mood, energi, dan juga kewaspadaan. 

3. Tak Menjaga Komunikasi

Meskipun bekerja dari rumah, Anda pun tetap wajib menjaga komunikasi, baik dengan atasan maupun rekan kerja yang lainnya. Setidaknya, lakukan komunikasi secara teratur baik dengan manajer maupun tim kerja melalui pesan singkat, panggilan telepon, ataupun email. Membicarakan apa tujuan yang ingin dilakukan selama satu minggu ke depan juga baik untuk dilakukan.

4. Kurang Berolahraga

Di saat Anda tak bekerja di kantor, secara otomatis aktivitas fisik jadi jauh berkurang. Tidak ada lagi aktivitas harian seperti berjalan kaki ke meeting room, pergi makan siang keluar kantor, ataupun sekadar berjalan ke kamar mandi.

Seperti halnya saat berada di kantor, Anda pun harus tetap beraktivitas fisik ketika sedang bekerja dari rumah, misalnya dengan melakukan stretching atau sekadar berjalan-jalan sebentar di rumah. 

Bahkan meskipun Anda kerap berolahraga secara rutin, duduk dengan posisi yang sama terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kematian dini. Seperti yang disebutkan sebuah studi yang dirilis dalam sebuah jurnal Annals of Internal Medicine, sebaiknya Anda menggunakan bantuan aplikasi kekinian yang bisa mengingatkan waktu untuk berolahraga atau beraktivitas lainnya.

5. Tak Memiliki Daftar Tugas Terperinci

Dengan memindahkan aktivitas pekerjaan dari kantor ke rumah, maka akan ada banyak gangguan yang muncul dari luar yang lebih banyak. Salah satu cara paling mudah untuk mengantisipasinya ialah dengan membuat to do list tugas yang harus dilakukan setiap hari. List tersebut mencakup semua tugas yang dibuat secara spesifik, terukur serta dapat dengan mudah untuk dicapai. 

Anda juga dapat memasukkan beberapa tugas rumahan lainnya, terutama bagi yang sudah menikah serta memiliki anak. Tugas tersebut seperti memasak, menyuapi bayi, membersihkan rumah, dan lain sebagainya.

Taklukan Tantangan Bekerja dari Rumah

Tantangan saat bekerja dari rumah memang cukup banyak dan jika tak diatasi bisa membuat produktivitas jadi terganggu. Jangan sampai beberapa hal di atas mengganggu produktivitas Anda ketika bekerja dari rumah. 

Karena sebetulnya, tidak sulit untuk mengatasi hal-hal tersebut dan hanya membutuhkan kemauan. Pikirkan bagaimana orang lain yang tak memiliki pekerjaan, maka Anda akan tahu bagaimana rasanya menghargai sebuah pekerjaan.

Baca Juga: Masih Bingung Kerja Di Mana? Yuk Cari Tahu Perbedaan Bekerja di Startup dan Korporasi!