Indodana – Pinjaman Uang Online Kilat Cepat dan Mudah!

Ingin Melamar Kerja di Zaman Sekarang? Simak Dulu Tantangannya

Ingin Melamar Kerja di Zaman Sekarang? Simak Dulu Tantangannya

Mencari pekerjaan di zaman seperti sekarang ini memang tak semudah yang dibayangkan. Apalagi, tingkat kesulitan dalam mencari kerja di setiap generasi bisa sangat berbeda. Ditambah perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu akan jadi hambatan tersendiri bagi para pencari kerja.

Seiring berjalannya waktu, hal ini membuat persyaratan yang diberikan kepada pelamar lebih banyak. Karena itulah, sangat penting bagi para pelamar kerja untuk lebih dulu memahami apa saja hambatan yang akan dihadapi. Berikut beberapa hambatan yang bisa saja muncul saat ingin melamar kerja.

Baca Juga: Menabung di Saat Keuangan Sedang Sulit Bukan Mimpi, Ini Caranya!

4 Hambatan Saat Melamar Kerja di Zaman yang Semakin Modern

Hambatan Saat Melamar Kerja di Zaman yang Semakin Modern

1. Terbukanya Akses yang Semakin Mudah

Mendapatkan akses yang bebas dapat memberikan sejumlah keuntungan dan juga kerugian tersendiri bagi seorang pencari kerja. Pasalnya, keterbukaan akses membuat HRD akan semakin mudah untuk mendapatkan informasi mengenai background hingga aktivitas Anda di media sosial. 

Dengan begitu, para pemberi kerja bisa mengevaluasi langsung, apakah Anda memang kandidat yang layak dipilih untuk menempati posisi yang ditawarkan atau tidak. Hal tersebut pun juga bisa memengaruhi reputasi Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 

Karenanya, bijak dalam menggunakan media sosial sangatlah penting. Kurangi juga mengumbar aktivitas pribadi di media sosial. Seperti mengunggah status yang berisi curhatan, baik masalah pribadi maupun masalah pekerjaan. 

2. Jurusan dan Juga Jenis Pekerjaan

Semakin banyaknya lapangan kerja baru yang mulai bermunculan membuat jurusan dalam perkuliahan saat ini pun juga turut beragam. Hal ini tak hanya membuat seorang fresh graduate jadi semakin bingung untuk memilih jurusan perkuliahan yang paling cocok. Tetapi juga sulit memilih bidang apa yang paling sesuai untuk karirnya di masa depan.

Pasalnya, semakin hari ada banyak jenis pekerjaan yang justru tidak ada dalam jurusan perkuliahan. Karenanya, untuk bisa memperoleh pekerjaan yang cocok dengan jurusan yang diambil sewaktu kuliah pun bisa menjadi cukup sulit. Jadi, yang utama adalah pilih pekerjaan sesuai dengan minat Anda.

3. Persaingan Makin Ketat

Kemunculan internet membawa dampak yang luar biasa bagi kehidupan, terutama bagi seorang pencari dan pemberi kerja. Pasalnya, internet sudah mengubah cara dalam mengumumkan lowongan pekerjaan dan mencari kerja. 

Sehingga, setiap orang punya kesempatan yang sama dalam mengakses informasi mengenai lowongan pekerjaan yang ada. Selain itu, pencari kerja juga bisa langsung mengupload portofolio yang dimiliki di platform tersebut. Karena itulah, persaingan dalam mencari kerja pun akan semakin ketat. 

Oleh karena itu, Anda juga harus savvy pada penggunaan teknologi. Termasuk lebih cepat dan tanggap ketika menanggapi setiap hal yang berhubungan dengan tawaran pekerjaan. 

4. Multitalenta namun Terarah

Di era seperti sekarang ini, seorang pelamar kerja diharapkan dapat melakukan semua hal. Pasalnya, kebutuhan pekerjaan yang semakin inovatif membuat seorang pekerja juga harus memiliki banyak skill, terutama soft skill. 

Sehingga, semakin banyak Anda menguasai skill yang dibutuhkan pemberi kerja,  maka profil diri akan jadi semakin menarik. Namun, jangan sampai Anda memiliki banyak skill tetapi tak satupun yang menonjol, justru ini yang bahaya. 

Setidaknya, Anda harus menguasai beberapa skill tersebut dengan lebih terarah. Karena di masa mendatang yang dibutuhkan bukan hanya kemauan kerja saja namun juga memiliki inovasi yang memberikan dampak positif.

Tantangan Harus Dihadapi Bukan Dihindari

Setiap hal tentu memiliki tantangannya masing-masing, tak terkecuali untuk mendapatkan pekerjaan di era seperti sekarang ini. Seperti, pada saat Anda melamar pekerjaan dan merasa memiliki kualifikasi yang dibutuhkan namun tetap saja tidak diterima. Mungkin hal ini bisa jadi disebabkan karena pesaing Anda punya kualifikasi yang sesuai dan jauh melebihi dari apa yang diminta sebuah perusahaan. 

Setiap tantangan dalam melamar pekerjaan seharusnya menjadikan Anda semakin memahami apa yang harus lebih ditingkatkan dalam diri dan melihat apa yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Terkadang menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan dengan memberikan sesuatu nilai ekstra juga sangat perlukan ketika melamar sebuah pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Berpenghasilan Harian? Ini Cara Tepat Mengaturnya