Indodana – Pinjaman Uang Online Kilat Cepat dan Mudah!

Menabung Dengan Menggunakan Toples? Tentu Bisa, Ini Caranya

Kebanyakan orang masih kesulitan dalam mengatur dan membuat rencana keuangan karena hal tersebut memang tidaklah mudah untuk dilakukan dan diterapkan. Bukannya mudah, mengatur keuangan seringkali membuat kepala jadi pusing sendiri.

Anda tidak harus sekolah tinggi atau menjadi seorang akuntan untuk bisa mengelola serta mengatur keuangan pribadi dengan baik. Anda cukup menyiapkan beberapa toples untuk mengatur semua hal yang berhubungan dengan keuangan. Hal tersebut dilakukan agar setiap pemasukan maupun pengeluaran dapat digunakan dengan bijak. Ya, cukup dengan toples saja. Bagaimana bisa? Caranya cukup mudah, simak penjelasannya berikut ini. 

Toples untuk Menabung

Toples untuk Menabung

1. Toples Kehidupan 

Anda bisa menyiapkan toples yang berukuran cukup besar serta gampang untuk dibuka dan ditutup. Kemudian masukkan semua tabungan keuangan yang dimiliki ke dalamnya dan beri nama ‘Toples Kehidupan’. Uang tersebut didapat dari penghasilan tiap bulan atau sampingan yang lain.

Uang yang ada di toples ini nantinya dapat digunakan untuk membiayai seluruh kebutuhan hidup sehari-hari. Misalnya saja kebutuhan sehari-hari seperti biaya untuk makan, transportasi, hingga pakaian.

2. Toples Mimpi

Selanjutnya ada toples mimpi, untuk toples satu ini harus diletakkan di tempat yang sedikit tersembunyi dan tidak mudah terlihat. Mengapa harus disembunyikan? Pasalnya, isi yang ada dalam toples tersebut berisi uang tabungan untuk jangka panjang. Dan jika gampang terlihat, maka dikhawatirkan tabungannya bisa diambil dan digunakan untuk suatu hal yang bersifat kurang penting.

Toples mimpi ini nantinya bisa digunakan untuk merealisasikan semua mimpi yang pernah Anda buat daftarnya. Misalnya saja mimpi punya rumah sendiri, kendaraan pribadi, atau mungkin pergi liburan ke luar negeri. Tanpa adanya mimpi, Anda tidak akan punya semangat atau motivasi yang lebih untuk bekerja lebih giat.

Untuk mengisi toples mimpi ini, Anda lebih baik menyisihkannya di awal yaitu setelah menerima gaji. Lain jika memasukan uang tersebut di perhitungan akhir, bisa jadi Anda tak akan bisa menyisihkan uang sepeserpun untuk ditabung dalam toples tersebut.

3. Toples untuk Apresiasi Diri

Ketika sudah berjuang dan bekerja keras, Anda dapat menyisihkan sebagian hasilnya untuk diri sendiri dan meletakkannya di dalam tabungan. Karena Anda berhak untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri dengan bersenang-senang atau mencari hiburan. Misalnya saja dengan membeli sebuah barang atau pergi liburan ke destinasi yang diimpikan. 

Setelah bekerja siang malam tanpa kenal lelah, Anda berhak memperoleh hiburan  yang layak sebagai bagian dari apresiasi diri. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan motivasi kerjai. Jangan terlalu pelit dengan diri sendiri, sekali-kali memanjakan diri tidak akan jadi masalah besar.

4. Toples Meningkatkan Skill

Kemampuan atau skill dalam bekerja memang sangat wajib untuk dimiliki. Tetapi, tak menutup kemungkinan untuk Anda bisa belajar dan mengasah kemampuan diri untuk bisa memiliki berbagai kemampuan lainnya. Hal tersebut dilakukan supaya pilihan hidup yang dimiliki bisa lebih luas dan tidak terbatas. 

Anda bisa mengasah kemampuan diri dengan hadir dalam seminar bisnis, mengikuti bimbingan atau pelatihan khusus. Misalnya untuk mengembangkan kecakapan dalam berbahasa asing baik secara lisan maupun tertulis. 

5. Toples Sosial

Pada hakikatnya sebagai sesama manusia kita memang harus bisa saling membantu dan juga berbagi dengan orang lain yang lebih membutuhkan. Jika Anda sudah mengisi semua pos yang dibuat untuk kebutuhan maupun keinginan diri sendiri, kini gilirannya sekarang membuat toples yang bertujuan untuk orang lain. Terlebih jika dapat berbagi dengan orang lain yang jauh lebih membutuhkan maka akan membuat Anda memperoleh kebahagiaan yang berlipat-lipat ganda. 

Pasalnya berbagi dengan orang lain tak akan membuat diri Anda kekurangan, justru dengan berbagi hidup akan terasa lebih bermanfaat. 

Toples Bisa Jadi Sarana Berhemat yang Efektif

Jika berpikir berhemat itu susah dilakukan, maka Anda juga membutuhkan motivasi diri bukan hanya toplesnya saja. 

Karena pada dasarnya menjalani gaya hidup hemat bukan berarti Anda menghukum diri sendiri dengan menahan keinginan apapun. Justru dengan berhemat, Anda punya banyak waktu untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Salah satunya dengan bantuan toples tadi. 

Perubahan kecil lebih bermanfaat daripada hanya mengeluh tanpa tindakan. Yuk mulai berhemat dan menabung dari sekarang!