Indodana – Pinjaman Uang Online Kilat Cepat dan Mudah!

Tips Menyewa Apartemen Anti Rugi!

Tips Menyewa Apartemen Anti Rugi!

Penyewaan apartemen umumnya banyak ditemukan di berbagai kota besar, karenanya sangat penting untuk tahu apa saja tips menyewa apartemen. Hal tersebut berfungsi supaya apartemen yang didapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Saat menyewa apartemen ada sejumlah hal yang tak boleh dilakukan penyewa. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menyewa tanyakan terlebih dahulu pada pemilik apartemen apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan.

Sebagai seorang penyewa, tentu sangat sadar bahwa apartemen yang ditempati tersebut bukanlah rumah milik pribadi. Sehingga, penyewa pun tidak bisa mengubah atau melakukan sesuatu terhadap apartemen tersebut sesuai keinginannya. Contohnya saja, mengubah ruangan yang ada di apartemen tersebut.

Supaya tak melakukan kesalahan yang fatal, berikut hal-hal yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Punya Dana Darurat Meski Gaji Pas-Pasan? Bisa Banget!

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyewa Apartemen

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyewa Apartemen

1. Tak Boleh Mengganti Warna Pada Cat Dinding 

Saat menyewa apartemen, sangat mungkin Anda akan menemukan warna cat dinding yang kurang sesuai dengan selera. Sehingga muncul keinginan untuk mengganti warna cat dinding tersebut agar pas dan sesuai keinginan.

Namun perlu diketahui jika hal tersebut tak dapat dilakukan sesuka hati. Sehingga apabila Anda berkeinginan untuk mengganti warna cat dinding pada apartemen yang disewa, maka perlu membicarakannya lebih dahulu dengan pemilik apartemen tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi masalah yang bisa merugikan kedua belah pihak.

Umumnya, pemilik apartemen menginginkan supaya apartemen yang telah disewakan kepada penyewa dapat kembali dengan kondisi yang sama. Terlebih lagi, jika waktu sewa cukup singkat. 

2. Boleh Memakai Wallpaper

Ketika mengubah warna pada cat dinding tak boleh dilakukan, maka solusi agar Anda bisa tetap mendapatkan suasana baru di apartemen tersebut sesuai keinginan ialah dengan memanfaatkan wallpaper. Selain lebih irit, wallpaper juga removable dan tak meninggalkan bekas.

Disamping itu, Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding untuk menciptakan karakter di ruang apartemen sesuai selera. Meski diperbolehkan, jangan lupa bicarakan kembali hal ini bersama pemilik apartemen. Bicarakan juga keinginan Anda dengan baik dan jelas, supaya keinginan tersebut diizinkan oleh pemilik apartemen.

3. Memahami Apa Saja Fasilitas yang Tersedia untuk Penyewa

Sebelum setuju untuk menyewa apartemen yang ditawarkan dan membayarkan uang muka sewa apartemen. Tips penting dalam menyewa apartemen selanjutnya ialah mengetahui lebih dulu apa saja fasilitas yang nantinya bisa didapatkan.

Hal selanjutnya yang juga perlu diketahui ialah apakah apartemen tersebut juga menawarkan fasilitas tambahan. Misalnya saja seperti WiFi, biaya perbaikan, kolam renang, area gym, dan lain sebagainya. Jangan lupa tanyakan juga mengenai fasilitas tersebut apakah ada biaya tambahan ataukah tidak. 

4. Lahan untuk Parkir

Jika Anda memiliki kendaraan, masalah lahan untuk parkir menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga hal tersebut perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan saat hendak menyewa sebuah apartemen. 

Beberapa apartemen ada yang menyediakan lahan untuk parkir sekitar satu slot khusus semua kendaraan milik penghuni apartemen. Pastikan juga apakah fasilitas tersebut memang tersedia gratis untuk penyewa ataukah berbayar. 

Tetapi jika lahan parkir tersebut ternyata tidak gratis alias berbayar, maka ada baiknya pilih yang dapat digunakan secara berlangganan. Supaya tak perlu bolak-balik bayar per hari ketika harus menggunakannya. Berlangganan parkir juga akan menghemat pengeluaran Anda karena pada dasarnya tarif bulanan dan harian tentu berbeda.

5. Pastikan Apakah Harga Sewa Sesuai dengan Fasilitas yang Diperoleh

Saat ingin menyewa sebuah apartemen, tanyakan juga soal harga sewanya. Lalu bandingkan dengan fasilitas yang diperoleh dan juga kondisi fisik dari apartemen tersebut. 

Ada baiknya pilih apartemen dengan harga yang sesuai dengan fasilitas yang nantinya akan didapatkan. Jangan menyewa apartemen mewah jika kondisi keuangan sedang tidak mendukung. 

Seiring perkembangan teknologi, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi untuk memperoleh informasi detail mengenai harga hingga fasilitas apa saja yang akan diperoleh dari apartemen yang akan disewa.

Tanyakan juga kepada kerabat yang mungkin pernah atau sudah menyewa apartemen. Hal ini wajib dilakukan agar penyewaan ini tidak berujung menjadi pengikisan isi dompet.

Cermat dalam Menyewa Apartemen, Jadi Kunci Kenyamanan

Demikian tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin menyewa sebuah apartemen. Dari mulai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan hingga hal-hal penting lainnya.

Jangan sampai lupa jaga selalu komunikasi dengan pihak pengelola ataupun pemilik apartemen. Sehingga, ketika ada masalah dengan apartemen yang dihuni maka bisa dicari jalan penyelesaian bersama. 

Tidak hanya itu, dengan mengikuti beberapa tips di atas dijamin keuangan Anda akan terjaga dan tidak akan bocor.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Mempersiapkan Dana Pendidikan