Indodana – Pinjaman Uang Online Kilat Cepat dan Mudah!

Naik Daun Akibat Pandemi, Ini Keuntungan Investasi Emas

Naik Daun Akibat Pandemi, Ini Keuntungan Investasi Emas

Berinvestasi emas, terdengar sedikit menyeramkan tapi nyatanya sangatlah sederhana. Anda bisa membeli emas sesuai budget yang dimiliki di saat harganya turun dan menjualnya kembali saat harganya naik. Sesimpel itu. 

Sayangnya tidak sedikit juga orang yang merugi saat memilih emas sebagai instrumen investasinya. Hal ini tentunya membuat banyak yang bertanya-tanya, “apakah investasi emas benar-benar memberi keuntungan?”.

Daripada semakin bingung, berikut adalah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan saat berinvestasi emas.

Baca Juga: Pilihan Investasi Cerdas untuk Seorang Single Parent

7 Keuntungan yang Pasti Didapatkan Jika Berinvestasi Emas

1. Kualitasnya Tidak Berubah

Emas merupakan salah satu jenis investasi yang tak mengenal adanya pergeseran kualitas. Berbeda dengan jenis investasi yang ditujukan pada sektor keuangan yang memiliki pergerakan dinamis.

Secara sederhana, kualitas emas akan tetap sama, tak berubah bentuk maupun isinya seiring berjalannya waktu. Di samping itu, emas juga menjadi salah satu investasi yang nilainya tak mudah tergerus oleh inflasi.

2. Harga Emas yang Kuat Tak Bisa Diganggu Gugat

Lain halnya dengan uang fiat yang nilainya dapat berubah akibat redenominasi, emas justru memiliki harga yang kuat dan tak bisa diganggu gugat. Selain itu, harga jual dan beli emas sepenuhnya tergantung dengan nilai pasar yang dijalankan secara adil dan tak bisa diintervensi atau diatur oleh siapapun.

3. Berpegang pada Prinsip Kelangkaan

Akan ada kemungkinan, di mana harga emas mengalami penurunan, sebagaimana sebuah investasi pasti akan ada sejumlah risiko dan juga fluktuasi harga. Tetapi, emas dinilai jauh lebih aman untuk investasi jangka panjang. Sama seperti properti, semakin lama emas juga akan semakin langka. 

Hal ini akan membuat harga emas terus mengalami kenaikan. Intinya, dengan supply yang semakin menurun dan demand yang tetap, maka harga suatu benda akan cenderung naik.

4. Likuiditas Cukup Tinggi

Dibandingkan dengan instrumen investasi yang lain, emas adalah salah satu jenis investasi yang paling likuid. Maknanya, emas sangat mudah diuangkan atau dicairkan, bahkan melebihi saham, properti, reksadana, maupun investasi lainnya yang berbasis kertas.

Misalnya saja, ketika membutuhkan dana dalam waktu cepat untuk kebutuhan mendesak dan ingin segera mencairkan investasi tersebut, Anda bisa segera pergi ke pegadaian, toko emas, atau bank. Mudah bukan?

5. Mendapatkan Kuasa Penuh

Ketika seseorang membeli emas baik antam maupun perhiasan, maka ia mendapatkan kepemilikan mandiri, yang mana emas tersebut menjadi milik pribadi sepenuhnya. Bisa dikatakan bahwa, seseorang akan memiliki kuasa sepenuhnya terhadap emas tersebut.

Selain itu, emas juga juga memiliki bentuk fisik, hal ini dinilai menjadi salah satu keuntungan dari investasi emas. Maknanya, investasi emas bisa langsung dilihat secara fisik dengan begitu kepemilikannya pun menjadi lebih jelas.

6. Nilainya Sejajar Dengan Uang Tunai

Memiliki sifat yang likuid, nilai emas kerap disejajarkan dengan nilai uang tunai yang juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan. 

Tapi dengan investasi emas, kegiatan berinvestasi Anda akan lebih aman dibanding hanya menyimpan uang dalam bentuk tunai. Terlebih lagi nilai emas tak mudah terdampak inflasi, sehingga tak mudah turun bahkan nilainya pun cenderung meningkat dari masa ke masa.

7. Tidak Gampang Rusak

Tak seperti uang kertas, ketika disimpan, emas jauh lebih tahan lama dan tak mudah rusak. Contohnya saja seperti ketika terkena bencana banjir atau bahkan kebakaran, emas akan lebih tahan kerusakan dibanding uang tunai maupun surat berharga lainnya.

Secara fisik, emas memang tahan terhadap berbagai perubahan suhu seperti panas (kecuali suhu panas ekstrem untuk melelehkan emas), lembap (tahan air), juga tahan karat. Sehingga, bisa dikatakan emas sangat cocok digunakan untuk investasi dalam jangka panjang karena pemeliharaan dan penyimpanannya tentu lebih mudah.

Investasi Emas Menjanjikan Banyak Keuntungan

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi emas. Mulai dari kualitasnya yang tidak gampang berubah, likuiditasnya tinggi, tahan dari kerusakan, hingga nilainya yang cenderung lebih stabil karena tahan terhadap inflasi. 

Hal tersebut menjadikan emas sebagai salah satu instrumen investasi yang layak untuk dijadikan pilihan. Terutama untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. 

Jika Anda baru mulai berinvestasi emas, maka perhatikan betul jenis emas yang akan dipilih. Karena salah pilih jenis emas, investasi yang dilakukan bisa berujung kerugian. Sebaiknya juga, pilih emas batangan, dibandingkan emas perhiasan karena nilainya yang cenderung lebih stabil. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Mempersiapkan Dana Pendidikan