Indodana – Pinjaman Uang Online Kilat Cepat dan Mudah!

Siapa Bilang Mahasiswa Tidak Bisa Menabung? Ini Tipsnya

Siapa Bilang Mahasiswa Tidak Bisa Menabung? Ini Tipsnya

Sebagai seorang mahasiswa yang sudah mulai tinggal mandiri, sangat penting untuk bisa mengatur keuangan dengan baik. Supaya, uang saku bulanan yang dikirimkan oleh orang tua bisa cukup untuk satu bulan penuh.

Selain menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, uang tersebut juga perlu untuk ditabung. Tentu akan ada banyak sekali manfaat menabung, terutama bagi mahasiswa!

Manfaat yang pertama pastinya uang simpanan menjadi bertambah. Jadi, ketika sewaktu-waktu butuh uang untuk keperluan mendesak, tinggal ambil saja uang tabungan tanpa harus membebani orang tua lagi.

Selain itu, saat sudah terbiasa menabung, kemampuan perencanaan keuangan pasti meningkat. Karena hal tersebut dapat membantu melatih diri untuk teratur soal penggunaan uang. Dengan menabung, Anda juga bisa mengembangkan sifat kemandirian.

Jangan hanya menabung dengan sisa uang bulanan. Tapi, harus bisa membuat target nominal tetap ketika menabung supaya jumlah tabungan terus melambung naik.

Dengan begitu, uang simpanan tadi bisa dinikmati di masa mendatang. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, berapa banyak uang yang harus ditabung dan bagaimana caranya? Agar lebih jelas, simak tips selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Yuk Buat Masker Sendiri di Rumah!

Tips Menabung yang Wajib Dipahami Mahasiswa

1. Ketahui Alokasi Uang dengan Jelas 

Setelah uang bulanan diterima, coba pikirkan uang tersebut akan dialokasikan untuk apa. Jangan sampai kalap hingga tak ada yang tersisa untuk ditabung sama sekali.

Pilih hal-hal apa yang jadi kebutuhan dan apa saja yang jadi keinginan. Ada baiknya tahan dulu keinginan hingga target menabung yang ditetapkan bisa tercapai.

2. Buat Budget Pengeluaran Tiap Bulan

Sebagaimana yang sudah dipaparkan sebelumnya, siapkan daftar pengeluaran wajib tiap awal bulan beserta harganya. Agar bisa membuat budget dengan estimasi yang akurat.

Coba lihat catatan pengeluaran yang dilakukan bulan lalu, sudahkah Anda mencatat pengeluaran yang dilakukan setiap hari? Hal tersebut sangat penting dilakukan, agar bisa lebih tahu kemana saja uang tersebut mengalir.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui dengan jelas pos-pos apa saja yang membuat pengeluaran bulanan jadi membengkak. Selanjutnya, hal tersebut bisa digunakan untuk menahan nafsu ingin belanja.

Kebanyakan orang merasa malas untuk mencatat pengeluarannya dengan alasan tak mau repot. Tapi jika uang bulanan selalu habis dan tak punya tabungan siapa yang rugi? Jika tak mau repot, bisa juga menggunakan aplikasi di smartphone dan semuanya bisa diatur dengan lebih simple.

3. Bijak Menggunakan Kartu Kredit 

Jika orang tua memberi fasilitas kartu kredit, maka jangan buru-buru menggunakannya. Ada baiknya gunakan lebih dulu uang bulanan yang ada, ketimbang memakai kartu kredit untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Ini akan mengurangi kebiasaan tergantung pada kartu kredit.

4. Gunakan Recehan Terlebih Dahulu

Sebagian orang sering menganggap remeh uang recehan. Padahal, jika semua recehan yang ada di dompet dikumpulkan, jumlahnya bisa lebih dari belasan ribu.

Nah, sebaiknya jika ingin membayar belanjaan gunakan recehan lebih dulu, ini akan membuat uang dengan pecahan lebih besar tak berkurang sehingga bisa ditabungkan.

5. Hidup Secara Sederhana

Jangan dulu beranggapan jika pola hidup sederhana harus selalu mengencangkan tali ikat pinggang. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Hidup sederhana dapat dilakukan dengan mengutamakan kebutuhan utama dibandingkan keinginan yang ujung-ujungnya akan menghabiskan uang saja

6. Jangan Buang Bukti Pembayaran 

Setelah berbelanja, jangan buru-buru membuang bukti pembayarannya. Struk pembayaran tersebut bisa digunakan untuk perbandingan dengan budget yang telah dibuat saat awal bulan. Jika masih ada sisa, tabung saja meskipun jumlahnya tidak seberapa.

7. Pilih Kegiatan yang Tak Banyak Makan Biaya

Sebagai seorang mahasiswa pasti banyak kegiatan menarik yang ingin dilakukan bersama teman-teman. Tapi coba pertimbangkan kegiatan atau aktivitas yang tak banyak menyita anggaran bulanan. 

Coba manfaatkan free WiFi yang ada di kampus, bisa juga ikut kegiatan rekreasi gratis, ini akan membantu untuk menghemat biaya hidup tapi tetap bisa bersenang-senang. 

Selain itu, bisa juga memanfaatkan promo yang berhubungan dengan mahasiswa. Saat ingin melakukan kegiatan tertentu, ada beberapa tempat yang kerap memberikan diskon khusus. Jadi manfaatkan dengan baik, bila perlu cari informasi tentang promo tersebut.

8. Kerja Part Time Bisa Jadi Pilihan 

Agar menabung jadi lebih efektif, salah satu caranya ialah dengan menambah penghasilan. Anda bisa mencoba kerja part time atau jadi seorang freelancer. Dengan tambahan penghasilan, jumlah tabungan bisa terus bertambah dan kebutuhan sehari-hari pun bisa tetap tercukupi. 

Ada begitu banyak jenis pekerjaan part time yang dapat dicoba oleh mahasiswa. Contohnya saja dengan menjual barang secara online atau bisa juga jadi pramusaji di kafe atau restoran dekat kampus. Agar waktu kuliah dan istirahat tidak terganggu, sesuaikan pekerjaan dengan jadwal yang ada.

Bijak Mengatur Keuangan Sejak Dini Jadi Bekal di Masa Depan 

Sebagai mahasiswa tentu ini menjadi langkah awal untuk belajar mengatur sendiri keuangannya. Memanfaatkan waktu dan juga uang saat masih menjadi mahasiswa bisa membawa pengaruh positif untuk masa mendatang.

Apalagi sudah punya tabungan sejak masa kuliah bisa memberi semakin banyak keuntungan. Dengan tabungan ini, Anda bisa melakukan banyak hal, bisa untuk hidup mandiri atau bahkan memulai bisnis baru. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dengan menerapkan beberapa tips tadi.

Baca Juga: Naik Daun Akibat Pandemi, Ini Keuntungan Investasi Emas