Sedang Merintis Usaha? Lakukan Hal Ini agar Cepat Sukses

Sedang Merintis Usaha? Lakukan Hal Ini agar Cepat Sukses

No comments

Ketika merintis sebuah usaha, ada banyak lika-liku yang harus dihadapi dan dipelajari. Tentu Anda harus memiliki niat dan keseriusan dalam menjalaninya. Dan lagi, merintis usaha juga bukan hal yang gampang dilakukan, apalagi jika tanpa strategi yang matang.

Agar dapat merintis usaha dengan sukses, maka Anda tak boleh gegabah ketika melangkah. Kurang hati-hati sedikit saja, bisa membuat usaha yang dirintis tidak berjalan dengan lancar bahkan bisa-bisa mengalami kebangkrutan.

Untuk bisa menghindarinya, ketelitian dan dukungan dari pengusaha yang lebih dulu sukses haruslah diperhatikan. Belajar dari mereka yang sudah sukses di dunia usaha akan membantu menghadapi masalah yang muncul.

Dalam merintis sebuah usaha, setidaknya ada beberapa kunci sukses yang bisa digunakan supaya apa yang direncanakan bisa dicapai dengan cepat. Seperti apa kuncinya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Ingin Mulai Berbisnis? Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini, Akibatnya Bisa Fatal!

Tips Sukses Merintis Usaha

Tips Sukses Merintis Usaha

1. Pelajari Kompetisi Sesuai Bidang Usaha yang Ingin Digeluti

Dalam setiap jenis usaha, pasti selalu ada yang namanya kompetisi meski dengan level-level tertentu. Contohnya saja, kompetisi yang ada di bidang kuliner tentu berbeda dengan bidang usaha teknologi.

Jika sudah mengerti seperti apa kompetisi dan persaingan yang ada di bidang usaha yang hendak ditekuni, dengan begitu pemetaan strategi dapat dilakukan dengan lebih maksimal. 

Ketika seorang pengusaha kurang peka dengan kompetisi yang terjadi, maka inovasi maupun idenya menjadi kurang berkembang dan sempit. Hal ini tentu bisa menimbulkan kerugian. Pasalnya produk atau layanan jasa yang ditawarkan tidak memiliki daya saing sehingga peluangnya cukup kecil di pasar yang kompetitif.

2. Sisihkan Sebagian Laba

Ketika bisnis ataupun usaha yang dijalankan sedang berjalan dengan baik, maka keuntungan yang diperoleh bisa cukup banyak. Terlebih jika omzet terus meningkat maka jumlah keuntungan juga akan terus mengalami peningkatan. Sehingga, usaha yang dijalankan akan punya cukup simpanan uang.

Akan tetapi, perlu digaris bawahi jika ada baiknya uang atau keuntungan yang diperoleh tidak serta merta dihamburkan begitu saja. Pasalnya, tak ada yang bisa memastikan masa depan perusahaan Anda. 

Jadi, menyisihkan sebagian laba atau keuntungan sangatlah penting. Hal ini akan membantu menyelamatkan keadaan, jika tiba-tiba kondisi ekonomi memburuk baik karena masalah internal ataupun eksternal. 

3. Selalu Teliti dengan Produk maupun Layanan Terbaru

Bukan cuma mengembangkan produk maupun layanan agar menjadi semakin lebih baik. Seseorang yang sedang merintis usaha juga mesti mempertimbangkan perihal perilisan produk ataupun layanan baru.

Dalam bisnis, inovasi menjadi satu hal yang cukup penting. Sebab, baik konsumen baru ataupun pelanggan setia suka akan sesuatu hal yang unik, baru, atau kekinian.

Karena itu, sebagai seorang pengusaha, Anda harus lebih peka dengan apa yang saat ini banyak diminati atau dicari konsumen. Ada banyak ide inovatif yang bisa ditemukan dan dijadikan inspirasi. Mulai dari pengamatan produk dari para kompetitor hingga dengan riset langsung pada konsumen.

4. Hindari Mengambil Langkah Besar di Masa-Masa Awal

Memiliki mimpi yang besar memang bukan hal yang salah. Tapi jika mengambil tindakan yang terlalu besar saat usaha masih berada di tahap awal, tentu bukan sebuah keputusan yang baik dan bijaksana. Seperti dalam menentukan besaran omzet misalnya. 

Anda harus menentukan jumlah omzet penjualan yang masuk di akal saat baru merintis sebuah usaha. Di samping itu, strategi pemasaran seperti pembuatan iklan, pembukaan cabang baru, atau berbagai macam upgrading lainnya sangat perlu untuk dipertimbangkan terlebih dulu. 

5. Terbuka Dengan Berbagai Feedback dari Pelanggan

Sebagai perintis usaha, apapun feedback yang diberikan oleh pelanggan ada baiknya untuk ditanggapi dengan positif. Gunakan hal tersebut sebagai bahan untuk mengembangkan layanan atau produk yang akan dibuat selanjutnya.

Sikap tersebut sangat perlu dimiliki oleh semua pengusaha. Sebab, bagaimanapun juga, seorang pembeli merupakan raja dan keinginan pembeli sangatlah berpengaruh dengan daya jual. 

Sehingga, apabila seorang pelaku usaha terlalu idealis serta kurang mau mendengarkan feedback syang diberikan konsumen akan mengakibatkan jangkauan pasar yang hilang atau bahkan tergantikan oleh para kompetitor.

6. Selalu Responsif Terhadap Perubahan

Berani melakukan perubahan adalah baik, apalagi dalam dunia usaha yang serba dinamis dengan adanya berbagai perubahan positif. Sikap yang responsif yang dimiliki pengusaha terhadap adanya perubahan akan mampu membawanya dalam menciptakan sebuah pelayanan atau produk dengan kualitas yang semakin baik.

Dengan kualitas layanan atau produk tentu juga akan berimbas pula pada semangat jual serta daya beli konsumen. Karenanya, tingkatkan respon terhadap segala perubahan yang terjadi di sekitar Anda.

Baca Juga: Penting untuk Masa Depan, Ini Bedanya Hobi dan Passion

Fokus Merintis Usaha dan Lakukan yang Terbaik

Merintis sebuah usaha memang bukan hal yang bisa dikatakan mudah ataupun terlalu sulit untuk dilakukan. Selama seorang pengusaha memiliki motivasi untuk mengatakan “inilah saatnya”, maka kesuksesan juga akan semakin dekat. 

Langkah-langkah yang sudah dijelaskan akan membantu Anda untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Semoga bermanfaat.