Yuk Bangkit dari Kegagalan!

Yuk Bangkit dari Kegagalan!

No comments

Kegigihan menjadi salah satu kunci utama untuk bisa meraih sukses. Tak peduli apapun yang menjadi tujuannya, dengan ketekunan seseorang pasti akan meraih yang namanya kesuksesan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa di perjalanan meraih kesuksesan ada hambatan dan kegagalan yang sering menghadang. Setiap orang pun pasti pernah mengalami hal tersebut dan di situlah ketekunan dan kegigihan akan ditantang. 

Tak jarang pula, masalah besar yang datang membuat seseorang ingin menyerah begitu saja. Tapi, apakah dengan menyerah semuanya bisa menjadi lebih baik? 

Jangan buru-buru memutuskan untuk menyerah dan segera refleksikan hal-hal ini.

Baca Juga: Dijamin Sukses, Ini Mindset Entrepreneur yang Wajib Dimiliki

6 Alasan untuk Bangkit dari Kegagalan

1. Saya Tak Ingin Menyerah

Ucapkan kalimat tersebut, ketika Anda sedang merasa galau atau ingin menyerah. Apapun alasannya, jangan biarkan perasaan ingin menyerah terus menyelimuti diri dan mematahkan semangat.

Bayangkan semua kerja keras yang sudah dilakukan hingga bisa sampai di titik ini. Kemudian bayangkan semua waktu dan materi yang sudah dihabiskan untuk bisa bertemu dan bergaul dengan semua orang yang mendukung Anda. Dijamin, Anda akan merasa lebih baik dan kembali positif.

2. Hal Terburuk Apa yang Bisa Terjadi?

Di situasi yang tak mengenakan, cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, hal paling buruk apa yang bisa saja terjadi? Jika sudah mencoba sesuatu hal dan ternyata gagal, maka cobalah kembali dengan cara yang baru.

Sebagaimana saat sedang belajar naik sepeda, mungkin saja seseorang akan terjatuh dan terluka. Tapi apakah luka yang didapat harus menghentikan usaha untuk mencoba bersepeda lagi? Tentu tidak! 

Oleh karena itu, jika Anda mencoba sesuatu dan kemudian gagal maka teruslah mencoba hingga berhasil.

3. Relaksasikan Diri dan Pikiran

Ada banyak arti dari bahasa tubuh. Seperti, seseorang yang sedang tidak semangat akan terlihat dari wajahnya yang lesu, posisi duduk yang membungkuk, dan cara jalannya yang ogah-ogahan.

Karena keinginan menyerah bukan hanya di otak saja, tapi tubuh pun akan memancarkan pikiran tersebut. Maka dari itu, ubahlah sikap Anda segera! 

Ubah gaya berjalan, duduk, sampai cara membuka percakapan dengan orang lain. Tunjukkan semangat dan rasa percaya diri yang dimiliki.

Jika butuh waktu untuk beristirahat, maka berikan tubuh waktu sejenak untuk beristirahat. Misalnya saja dengan tidur, berekreasi, berolahraga, ataupun berkumpul dengan orang-orang tersayang. 

Sehingga, tubuh dan juga mental dapat kembali segar dan Anda mampu berjuang lagi

4. Alihkan Energi untuk Hal Lain

Menyerah tentu hanya akan membuang-buang energi. Daripada energi yang dimiliki terbuang sia-sia hanya untuk menyerah, coba salurkan energi tadi untuk hal penting lainnya.

Misalnya saja, dengan menginvestasikan energi untuk mempelajari berbagai hal baru yang bisa mendukung masa depan. Dengan pengetahuan yang luas, pikiran akan semakin terbuka.

Anda bahkan juga bisa menyalurkan energi tadi untuk menginspirasi banyak orang. Dengan begitu, Anda akan memperoleh energi positif dari orang-orang tersebut.

Tentunya, perasaan bangga akan muncul pada diri sendiri dengan pencapaian yang sudah diraih. Sehingga tak ada waktu untuk menyerah atau memikirkannya. 

5. Semua Masalah Tak Seburuk yang Dibayangkan

Meskipun menyerah rasanya adalah pilihan terbaik, sebaiknya jangan ambil pilihan tersebut. Pasalnya, banyak orang yang memiliki nasib dan kondisi yang lebih buruk dan mereka tetap tidak menyerah.

Saat habis tertipu dan kehilangan uang? Atau diberhentikan dari tempat kerja yang sekarang? Mungkin semua alasan tersebut sudah cukup untuk membuat seseorang putus asa dan menyerah, tapi sejatinya itu bukanlah sebuah pilihan yang tepat.

Situasi yang dialami tersebut memang bukan hal yang menyenangkan, tapi banyak orang di luar sana yang jauh lebih terpuruk. Sudah bangkrut, rumah disita, ditinggalkan pasangan hidup, namun masih kuat dan tetap bertahan.

Oleh karena itu, ubah pikiran ke arah positif maka hidup pun akan lebih positif.

6. Andalah Naratornya

Kata-kata ingin menyerah merupakan narasi yang dikatakan pada diri sendiri. Untuk bisa menghilangkannya, harus ada semangat yang muncul dari dalam.

Karena itu, berikan motivasi pada diri sendiri untuk tetap berjuang. Anda juga bisa mencari inspirasi dengan membaca buku, ngobrol dengan orang lain yang sudah lebih sukses, dan masih banyak lagi. 

Selalu kembangkan diri untuk menjadi pribadi yang gigih saat menghadapi masalah. Maka, ketika berhasil mengalahkan ego pribadi yang negatif, jangan kaget jika jalur yang nantinya akan dilalui menjadi lebih mudah.

Kegagalan Bukan Akhir dari Segalanya

Jika tak pernah mengalami kegagalan, maka Anda tak akan mungkin bisa merasakan apa yang disebut kesuksesan. Karena kegagalan bukanlah akhir segalanya, justru jika Anda mampu berusaha lebih dari sebelumnya maka kesuksesan akan segera diraih. 

Satu hal yang terpenting ialah pelajari kegagalan tersebut hingga mendapatkan formula kesuksesan Anda sendiri. Tetap semangat dan jangan gampang menyerah!

Baca Juga: Penting untuk Masa Depan, Ini Bedanya Hobi dan Passion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.