modus penipuan paylater

5 Modus Penipuan PayLater yang Wajib Kamu Tahu!

No comments

PayLater adalah metode pembayaran yang lagi populer beberapa waktu belakangan ini. Mengapa? Karena dengan sistem beli sekarang, bayar nanti, semua pengguna PayLater bisa membeli dan/atau mencicil semua kebutuhannya tanpa perlu memiliki kartu kredit.

Ya, meskipun memiliki sistem yang serupa dengan kartu kredit, namun PayLater menjanjikan pelayanan yang lebih praktis dengan proses pendaftaran yang lebih cepat. 

Namun sayangnya, tren dan kemudahan tersebut sering disalahgunakan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Mereka akan berusaha dengan berbagai macam cara untuk mengambil keuntungan dari para korbannya.

Oleh karena itu, agar tidak mudah masuk ke dalam perangkap si penipu, kenali beberapa modus penipuan PayLater berikut ini.

5 Modus Penipuan PayLater

1. Bantuan Pendaftaran PayLater

Perlu kamu ketahui bahwa proses pendaftaran PayLater atau pinjaman online hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi penyedia layanan tersebut. Jadi, jika kamu diminta untuk mengisi / memberitahukan secara lisan data-data pribadimu oleh oknum yang mengaku dari penyedia layanan PayLater, jangan percaya!

Ingat saja, kalau kemajuan metode pembayaran ini pasti sudah dibarengi dengan kemajuan teknologi. Jadi, jangan mudah terkecoh dengan modus bantuan pendaftaran PayLater. 

2. Link Scam

Sering mendapatkan penawaran PayLater di SMS atau pesan WhatsApp dari nomor tidak dikenal? Jangan pernah sekali-kali mencobanya! Karena kemungkinan besar itu adalah pesan penipuan.

Berikut adalah ciri-ciri pesan penipuan yang harus kamu waspadai:

  • Menawarkan PayLater dan melampirkan link pendaftaran. Padahal sebenarnya, link tersebut adalah link scam yang jika diklik bisa langsung mencuri informasi pribadimu.
  • Menawarkan PayLater dan melampirkan nomor WhatsApp untuk dihubungi. Ini adalah ciri pesan penipuan yang berkaitan erat dengan poin pertama, pura-pura memberikan bantuan pendaftaran PayLater.

3. Customer Service Palsu

Umum digunakan oleh oknum-oknum nakal, modus penipuan Customer Service palsu biasanya memiliki ciri-ciri yang sangat mudah ditebak, seperti:

  • Menghubungi nomormu menggunakan nomor ponsel biasa bukan nomor kantor resmi.
  • Mengaku sebagai Customer Service atau salah satu bagian dari perusahaan penyedia layanan PayLater. Kemudian mereka akan memberitahumu bahwa ada permasalahan di akun PayLater atau bahkan mengiming-imingimu hadiah.
  • Meminta informasi dan data pribadi.

Wajib kamu ingat, kalau tidak ada satu pun orang yang boleh mengetahui informasi atau data pribadimu. Terutama, kode OTP, PIN, dan Password.

Jika mendapatkan telepon dengan ciri-ciri di atas, maka jangan segan untuk mengabaikan/ mematikan/ memblokirnya.

4. Bantuan Pencairan Limit

Ada beberapa penyedia layanan PayLater yang menyediakan fasilitas pencairan limit menjadi dana tunai. Nah, jika ada orang tidak dikenal menghubungimu dengan alasan ingin membantumu untuk mencairkan limit tersebut, jangan pernah percaya! Karena pastinya hal tersebut bisa kamu lakukan sendiri melalui aplikasi. 

Jika masih ragu, silakan hubungi dahulu Customer Service resmi dari penyedia layanan PayLater tersebut.

5. Bantuan Pembayaran Tagihan

Terakhir ada modus bantuan pembayaran tagihan. Pada modus ini, penipu biasanya akan mengirim pesan yang berisi pengingat atau diskon pembayaran tagihan melalui WhatsApp atau email kepadamu. Namun, bukannya melampirkan metode pembayaran asli, mereka justru akan melampirkan nomor rekening palsu. Biasanya, nomor rekening ini memiliki nama yang serupa dengan penyedia layanan atau bahkan berbeda.

Nah, jika menemukan modus ini, jangan pernah dituruti ya! Lakukan pembayaran tagihan PayLatermu hanya melalui aplikasi saja.

Tetap Waspada dan Selalu BerJAGA-Jaga

Banyaknya modus penipuan yang ada di zaman modern ini seringkali membuat pusing tujuh keliling. Tidak cukup dengan mengetahui modus-modusnya saja, kamu juga harus selalu sadar, waspada, dan berJAGA-jaga. Jangan pernah lengah sedetik pun, karena oknum tersebut ada di mana-mana dan mungkin saja kamu masuk ke dalam daftar korban selanjutnya.

Jadi, mulai dari sekarang kamu wajib menjadi pribadi yang lebih cerdik dari penipu-penipu tersebut.

Cara JAGA Diri dan Akun PayLater Kamu: