stand mixer

Bikin Adonan Kue Lebih Mudah dengan 6 Stand Mixer Terbaik Ini!

No comments

Membuat kue tampaknya telah menjadi sebuah hobi baru yang banyak digeluti di tengah pandemi Covid-19 ini. Banyaknya resep yang beredar di internet atau media sosial pun semakin banyak ditiru orang.

Demi mendukung hobi baru ini, beberapa orang rela untuk mengeluarkan uang lebih guna menambah sejumlah peralatan dapur baru. Alat-alat tersebut dibeli untuk memudahkan orang-orang saat memasak kue.

Pasalnya, dalam membuat kue dibutuhkan beberapa tahapan yang terkadang cukup melelahkan saat dilakukan secara manual, salah satunya adalah dalam membuat adonan. Proses ini akan menghabiskan banyak tenaga jika dilakukan secara tradisional.

Untungnya, kemajuan teknologi telah mampu menghadirkan mixer. Alat elektronik ini hadir dalam berbagai tipe. Tetapi jika kamu ingin yang paling praktis, stand mixer adalah pilihan terbaik. Selain tidak perlu capek memegangnya, alat ini juga telah dilengkapi dengan bowl dan beater.

Jika dibandingkan dengan hand mixer, stand mixer tentu memiliki kelebihan dalam hal kepraktisan. Kamu tidak lagi perlu capek memegang hand mixer selama proses pembuatan adonan. Cukup masukkan bahan ke dalam mixer lalu nyalakan mesin dan proses pembuatan adonan akan berjalan.

Standing mixer sendiri menjadi salah satu investasi yang sangat baik bagi seseorang yang hobi memasak kue atau yang memang mempunyai bisnis dalam bidang makanan manis ini. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membelinya. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan memilih standing mixer.

1. Sesuaikan Kapasitas dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli stand mixer terbaik adalah kapasitas yang dibutuhkan. Misalnya jika kamu masih dalam tahap pemula yang sedang coba-coba resep, stand mixer berkapasitas 2 atau 3 liter bisa menjadi pilihan yang pas.

Jika ukurannya terlalu besar tentu akan kurang efisien dalam penggunaannya jika hanya digunakan untuk mencoba membuat kue. Tetapi jika kamu seorang profesional yang membuka bisnis kue, ukuran stand mixer yang besar akan menjadi pilihan yang tepat.

Pakailah stand mixer berukuran setidaknya 5 liter. Dengan ukuran yang besar, kamu tentu bisa lebih menghemat waktu dalam proses produksi.

2. Sesuaikan Fitur dengan Kebutuhan

Pada stand mixer modern, umumnya sudah dibekali dengan kemampuan membuat adonan dengan beberapa tingkat kecepatan. Masing-masing dari kecepatan ini dapat digunakan sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat. Jadi kamu wajib memastikan jika standing mixer yang dibeli memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

Selain itu, beberapa produk dari stand mixer juga bisa dilepas pasang. Jadi selain sebagai stand mixer yang bekerja secara otomatis, kamu juga bisa menggunakannya menjadi hand mixer.

Beberapa stand mixer berkelas juga sudah dilengkapi dengan auto shut off dan timer. Hal ini akan sangat membantu untuk mempercepat produksi kue karena kamu bisa melakukan persiapan lainnya saat menunggu adonan dibuat. Lalu auto shut off akan membuat stand mixer mati otomatis saat terjadi gangguan atau panas berlebih ketika digunakan.

3. Pertimbangkan Penutup Mangkok Jika Digunakan Bersama Buah Hati

Aktivitas memasak bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan anak. Jika kamu ingin menjadikan aktivitas memasak, terutama membuat kue lebih aman untuk si kecil, memasang penutup pada bowl atau mangkuk stand mixer bisa menjadi pilihan tepat.

Ini akan mencegah buah hati yang memiliki rasa ingin tahu tinggi memegang mixer yang sedang beroperasi. Dengan begitu, proses memasak kue pun akan jadi lebih aman dan nyaman. Penutup ini juga dapat membuat adonan tidak tercecer ke mana-mana.

4. Harus Gampang Dibersihkan

Tujuan membeli stand mixer adalah mempermudah pekerjaan, karena itu wajib untuk memastikan jika produk ini mudah dibersihkan. Selain untuk menjaga kualitas makanan, stand mixer yang mudah dibersihkan juga akan mencegah adonan terkena kontaminasi.

Stand mixer yang mudah dibersihkan biasanya memiliki bagian pengaduk dan beater yang mudah dilepas. Kemudian bagian motornya juga bisa diangkat. Dengan begitu, stand mixer bisa segera dibersihkan usai membuat adonan.

5. Pastikan Daya Tercukupi

Agar berfungsi maksimal, daya yang diperlukan stand mixer harus bisa terpenuhi oleh daya listrik yang ada di rumah. Ini berguna agar saat digunakan, stand mixer dapat bekerja secara optimal. Usahakan juga untuk memilih yang hemat daya jika menggunakannya cukup sering.

Meski mungkin beberapa hal di atas sudah dipertimbangkan, mungkin sebagian di antara kamu masih bingung stand mixer mana yang paling cocok. Agar memudahkan kamu dalam memilih, berikut rekomendasi stand mixer terbaik di 2021.

Rekomendasi Stand Mixer Terbaik

1. Miyako Stand Mixer SM-625

Produk dari Miyako ini akan menjadi pilihan yang pas bagi kamu yang membutuhkan mixer berkualitas tetapi dengan harga terjangkau. Hanya dengan Rp300 ribuan saja kamu sudah mendapat standing mixer lengkap dengan penutup mangkok adonan.

Berbahan kaca transparan, kamu jadi lebih mudah mengawasi proses pembuatan adonan. Keamanannnya juga terjamin karena sudah memiliki kemampuan safety lock yang akan membuat alat hanya bekerja jika penutup sudah terpasang sempurna.

Ukuran Miyako Stand Mixer SM-625 tidak terlalu besar, hanya 3,5 liter saja. Bagi pemula maupun pemilik usaha kecil-kecilan bisa memanfaatkan stand mixer ini. Daya yang dibutuhkan juga hanya 189 watt saja.

2. Cosmos Stand Mixer CM-1289

Seri ini sangat cocok bagi yang menginginkan sebuah standing mixer dengan harga terjangkau dan kapasitas yang tidak terlalu besar. Dengan biaya Rp300 ribuan, kamu sudah akan mendapatkan sebuah standing mixer berkapasitas 2,3 liter.

Meski murah, tetapi peralatan ini sudah dilengkapi dengan lima level kecepatan. Selain itu juga ada thermostat overheat protection yang akan membuat mixer bisa mati dengan sendiri ketika terjadi panas berlebih saat panas berlebih.

3. Han River Stand Mixer HRDDQ03WT

Sebagai salah satu produsen alat dapur yang sedang populer beberapa waktu terakhir, Han River juga memiliki stand mixer yang bisa jadi andalan. Dengan harga Rp400 ribuan saja, kamu sudah mendapatkan sebuah stand mixer yang bisa diubah menjadi hand mixer.

Pilihan kecepatannya ada tujuh sehingga lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan. Memiliki kapasitas 1,7 liter, Han River Stand Mixer HRDDQ03WT cocok untuk pemula. Apalagi daya yang dibutuhkan hanya 180 watt dengan motor yang sudah dilengkapi lubang untuk mengeluarkan panas.

4. Philips Daily Collection Mixer HR1559

Philips Daily Collection Mixer HR1559 hanya dibanderol dengan harga Rp600 ribuan dan membutuhkan daya 170 watt saja.

Seri ini sudah dilengkapi fungsi turbo dan memiliki 5 level kecepatan. Kapasitasnya yang hanya 2 liter juga cocok digunakan untuk orang-orang yang baru belajar membuat kue.

5. Oxone Master Stand Mixer Ox-855

Berbicara soal alat dapur, Oxone tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Vendor ini mengeluarkan Oxone Master Stand Mixer Ox-855 untuk memenuhi kebutuhan konsumennya yang sedang mencari peralatan untuk membuat kue.

Harga yang dibanderol memang cukup mahal, yakni sekitar Rp2,9 jutaan. Namun dengan harga tersebut, kamu sudah akan mendapatkan sebuah mixer yang kokoh. Ukurannya juga besar dengan kapasitas 4 liter.

Tentu saja sebagai salah satu sponsor acara masak terkenal di Indonesia, alat ini juga sudah mendapat sertifikasi dari Master Chef Indonesia. Alat ini juga sudah dilengkapi dengan corong bowl dan 6 level kecepatan. Daya yang dibutuhkan juga hanya 300 watt.

6. Oxone Mixer Signature Series 1200W Classy, Elegant OX-859

Satu lagi produk stand mixer Oxone yang bisa diandalkan adalah seri OX-859. Dibanderol dengan harga sekitar Rp4,5 jutaan, kamu sudah akan mendapatkan sebuah standing mixer berkapasitas 5 liter dengan daya 1.200 watt.

Selain itu, alat ini juga memiliki 9 level kecepatan dengan empat jenis beater sehingga sangat cocok untuk menjajal resep baru.

Itu tadi beberapa produk stand mixer terbaik yang bisa kamu pilih untuk memudahkan dalam proses pembuatan adonan. Semua produk di atas sudah terjamin kualitasnya, sehingga kamu hanya tinggal menentukan fitur dan harga yang cocok. Jika sudah cocok, jangan lupa untuk mencari metode pembayaran beserta promonya yang lebih menguntungkan. Seperti, Indodana PayLater.

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.