modus penipuan lewat telepon

Cara Ampuh Menghadapi Modus Penipuan Lewat Telepon

No comments

Bicara soal modus penipuan memang tidak pernah ada habisnya. Selalu ada saja cara yang dilakukan para penipu untuk mengelabui para korbannya.

Salah satu modus penipuan yang masih sering dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab tersebut adalah “telepon palsu”. 

Si penipu akan berpura-pura menjadi pihak tertentu ketika menghubungi korbannya. Misalnya, 

  • Berpura-pura menjadi customer service/telemarketing dari sebuah bank/fintech resmi untuk membantu sebuah transaksi. Seperti, proses pendaftaran, pembayaran, hingga kenaikan limit kartu kredit atau paylater.
  • Berpura-pura menjadi perwakilan dari sebuah brand besar untuk memberikan hadiah undian. Kemudian, meminta uang sebagai persyaratan.
  • Berpura-pura menjadi polisi dan memberitahukan bahwa anak atau salah satu kerabatmu harus ditangkap atau mengalami kecelakaan. Kemudian, meminta uang tebusan atau uang untuk membayar biaya perawatan.

Dari beberapa skenario modus penipuan di atas, sebenarnya hanya ada satu tujuan utama yang diincar oleh penipu yaitu mencuri data penting seperti kode OTP/PIN/Password dan uang dari para korbannya.

Tentu saja hal tersebut sangat mengkhawatirkan. Apalagi bagi orang-orang yang gampang percaya atau khawatir.

Namun, tenang saja, meskipun tidak ada satu orang pun yang kebal akan penipuan, kamu tetap bisa berJAGA-jaga dengan mengetahui cara menghadapi modus penipuan lewat telepon berikut ini.

Cara Menghadapi Modus Penipuan Lewat Telepon

1. Jangan Biarkan Penipu Bicara Terlalu Lama

Jika kamu terlanjur menerima telepon dari nomor tidak dikenal yang sudah terindikasi sebagai penipu, maka jangan pernah sekalipun membiarkan mereka berbicara terlalu lama.

Karena berbicara terlalu lama dapat membuat seseorang makin tenggelam akan bujuk rayu si penipu.


2. Tangkap Inti Pembicaraan dengan Cepat

Nah, poin ini masih berkaitan erat dengan poin selanjutnya. Ketika kamu menerima telepon dari nomor tidak dikenal, maka kamu harus bisa menangkap inti pembicaraan dengan cepat.

Tidak tahu? Tidak kenal? Tidak jelas? Terlalu bertele-tele? Langsung akhiri saja. Kamu bisa mengakhirinya dengan mengatakan bahwa kamu sedang sibuk.

Selain itu, jika menurut kamu informasi yang mereka sampaikan “cukup meyakinkan” dan malah membuatmu maju mundur, maka segera akhiri telepon tersebut dan pastikan kebenarannya ke customer service resmi atau pihak terkait.


3. Langsung Akhiri Panggilan

Pokoknya prinsip utama untuk menghadapi modus penipuan lewat telepon adalah berani mengakhiri panggilan.

Tidak tahu? Tidak kenal? Tidak jelas? Terlalu bertele-tele? Langsung akhiri saja.


4. Sampaikan Kalau Pembicaraan Kalian Direkam

Terlanjur menanggapi dan merasa kamu dipaksa untuk “mengiyakan” ajakan/imbauan si penipu? Jangan segan-segan untuk menyampaikan kepada si penipu bahwa pembicaraan kalian sedang direkam.

Ingat! Kamu harus terlihat lebih berani karena oknum-oknum nakal tersebut sangat senang dengan calon korban yang terlihat lemah atau mudah percaya.


5. Sampaikan Kalau Kamu Adalah Aparat Negara

Terakhir, kalau si penipu makin ngotot? Bilang saja kalau kamu merupakan anggota kepolisian atau TNI. Dijamin, penipu pun langsung mundur!

Kuncinya: Waspada dan Selalu BerJAGA-jaga!

Ingat! Di dunia ini tidak ada satu orang pun yang kebal akan penipuan. Apalagi modus penipuan saat ini semakin banyak macamnya. Oleh karena itu, JAGAlah diri kamu sendiri dengan selalu waspada dan rajin membaca tips keamanan.

Baca Juga Artikel Modus Penipuan Lainnya: