inkubator bisnis

Mengenal Apa Itu Inkubator Bisnis dan Pentingnya Bagi Startup

No comments

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, inkubator secara umum merujuk pada suatu perkakas yang dipanasi dengan aliran listrik serta digunakan untuk mengerami dan menetaskan telur atau menjaga suhu tetap hangat bagi bayi yang terlahir prematur. 

Jika dikaitkan dengan pengertian tersebut, inkubator bisnis adalah suatu lembaga yang menjadi wadah untuk menampung bisnis startup hingga akhirnya dapat berkembang dan menghasilkan sesuatu. 

Sedangkan menurut National Business Incubator Association (NBIA), inkubator bisnis adalah suatu dukungan bisnis, berupa dana maupun layanan, yang diberikan dengan tujuan mempercepat laju pengembangan bisnis startup.

Layanan ini umumnya dikembangkan atau diatur oleh manajemen serta ditawarkan secara langsung kepada para pelaku bisnis startup oleh pihak inkubator bisnis maupun melalui akses terhadap jaringan yang dimiliki oleh inkubator bisnis. 

Mengapa Perlu Inkubator Bisnis?

Inkubator Bisnis

Setelah memiliki sedikit gambaran mengenai inkubator bisnis tentu saja dua pertanyaan ini akan menghantui pikiranmu: “apakah saya memerlukan inkubator bisnis?” dan “mengapa saya memerlukan inkubator bisnis?”. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu perlu mengetahui bahwa suatu studi di Amerika telah menunjukkan bahwa 87% bisnis startup dapat bertahan dengan baik setelah melalui program inkubasi atau pembinaan. Mengapa demikian?

Pihak inkubator bisnis umumnya memiliki serangkaian program yang secara khusus diberikan dengan harapan hal tersebut dapat menambah wawasan para pelaku bisnis startup yang berdampak pada percepatan laju pengembangan bisnis. 

Tak hanya itu, inkubator bisnis juga memberikan dukungan kemitraan atau pembinaan elemen bisnis yang bertujuan untuk mewujudkan perusahaan yang tak hanya mampu menghasilkan keuntungan (profitable) melainkan juga manajemen yang baik sehingga mampu bertahan menghadapi berbagai tantangan di pasar bahkan berkontribusi terhadap masyarakat. 

Inkubator Bisnis vs Akselerator Bisnis

Pada bagian sebelumnya telah disinggung bahwa salah satu tujuan diperlukannya inkubator bisnis adalah untuk mempercepat laju pengembangan bisnis startup yang dijalankan saat ini. 

Berkat tujuan tersebut, banyak orang beranggapan bahwa inkubator bisnis merupakan sebutan lain bagi akselerator bisnis. Padahal, keduanya merupakan dua hal yang berbeda. 

Inkubator BisnisAkselerator Bisnis
Program bantuan yang diperuntukkan bagi para pemula pada tahap awal dalam menjalankan bisnis.Diperuntukkan bagi suatu bisnis yang sudah berjalan dan bahkan menghasilkan suatu produk. 
Jangka waktu lebih panjangJangka waktu lebih pendek (kurang lebih tiga bulan)
Akan memperoleh keuntungan berupa kepemilikan saham dari perusahaan yang telah menerima bantuan.

Adakah Inkubator Bisnis di Indonesia?

Sekarang kita kembali pada pokok bahasan kita yakni inkubator bisnis. 

Sebuah kabar baik bagi kamu yang saat ini menjalankan bisnis startup, karena sejak tahun 2016 Pemerintah telah meluncurkan program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang bekerjasama dengan community builder lokal. 

Program tersebut diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dan bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada peserta guna membentuk: 

  • Sebuah tim yang solid.
  • Menciptakan jaringan.
  • Mendapatkan pendampingan. 

Hadirnya inkubator bisnis diharapkan mampu mengatasi masalah pengangguran melalui penyerapan tenaga kerja sekaligus untuk menumbuhkan serta mengembangkan usaha kecil yang dimiliki oleh masyarakat. 

Lantas, apa saja inkubator bisnis yang ada di Indonesia?

1. Indigo Incubator 

Indigo Incubator adalah program inkubasi bisnis yang dimiliki oleh Telkom dan sudah berdiri sejak tahun 2013. Tiap tahun diselenggarakan 2 batch untuk menjaring bisnis startup yang membutuhkan inkubasi.

Jika berminat untuk mengikuti program inkubasi bisnis di Indigo Incubator maka kamu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes tertulis dan wawancara.

Apabila lolos, maka barulah kamu dapat mengikuti program inkubasi dan pendampingan selama enam bulan di Bandung atau Jogja Digital Valley.

2. Kolaborasi

Inkubator bisnis yang satu ini berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Sama seperti yang lainnya, Kolaborasi menawarkan program inkubasi pada bisnis online maupun offline

3. IDX Incubator 

Sesuai namanya, IDX Incubator adalah inkubator bisnis yang dibentuk oleh Indonesian Stock Exchange (IDX) alias Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2007 dan menawarkan program mentoring serta akses ke berbagai investor serta perusahaan yang tercatat di bursa saham.

Pada tahun 2021, IDX Incubator terhitung memiliki 114 bisnis startup yang dibina. Tiga di antaranya diperkirakan akan mulai memasuki bursa (IPO) pada semester 1 tahun ini.

4. BNV Labs

BNV Labs adalah program inkubasi yang terlahir dari kerjasama antara Bank Bukopin dan Kibar, dan mulai beroperasi sejak tahun 2017. 

Program ini menargetkan para pelaku bisnis startup khususnya fintech untuk dibina dan diberi pendampingan. Tak hanya itu, BNV Labs juga berkolaborasi dengan Gerakan Nasional 1000 Startup yang diprakarsai oleh Kemenkominfo. 

Kelebihan Inkubator Bisnis

1. Investasi

Ketika bergabung dengan program inkubator bisnis, maka kamu akan mendapatkan akses dan bantuan modal yang tentunya kamu butuhkan guna mengembangkan bisnis.

Bantuan modal ini dapat diperoleh melalui akses dan jaringan yang dimiliki oleh pihak inkubator bisnis guna mempertemukan kamu dengan investor yang tepat.

2. Akses Informasi

Inkubator bisnis memberikan informasi terkini mengenai industri bisnis yang tengah ditekuni, serta hal-hal apa yang harus diwaspadai saat menjalankan bisnis. 

Dengan demikian kamu dapat menghindari kesalahan dan mengurangi kemungkinan terjadinya risiko dalam tahap pelaksanaan bisnis. 

3. Edukasi

Inkubator bisnis menyediakan berbagai jenis pelatihan dan pembinaan yang memudahkan kamu dalam memahami jenis industri bisnis melalui diskusi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman.

4. Menciptakan Relasi

Inkubator bisnis juga akan membantu kamu dalam membuka jaringan yang sangat berguna dalam pengembangan strategi pemasaran, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan peraturan-peraturan Pemerintah. 

5. Pencapaian Visi-Misi

Melalui program inkubator bisnis, kamu juga dapat membentuk pola manajemen keuangan dan budaya perusahaan yang paling sesuai dengan visi-misi yang ingin dicapai.

Kekurangan Inkubator Bisnis

1. Proses Seleksi

Perlu kamu ketahui bahwa seiring pesatnya perkembangan teknologi, maka peluang bagi para pelaku bisnis startup pun terbuka lebar. Hal ini memicu kemungkinan adanya pendatang baru yang turut meramaikan persaingan demi bergabung dengan suatu inkubator bisnis. 

Untuk mengatasi hal tersebut, penting bagi kamu untuk memiliki rencana bisnis yang matang dan terperinci sebelum memutuskan untuk mendaftarkan usahamu pada suatu program inkubator bisnis. Hal tersebut meliputi ide atau konsep bisnis, pembuatan produk awal, modal, kemasan, hingga strategi pemasaran.

2. Komitmen yang Teguh

Ketatnya proses seleksi yang mengharuskan kamu bersikap kompetitif rupanya bukan satu-satunya kelemahan inkubator bisnis. Ketika sudah diterima bergabung, maka kamu harus berkomitmen secara penuh untuk senantiasa mengikuti arahan dari inkubator bisnis.

Hal tersebut tentu saja tidak mudah, karena bagaimanapun sebagai seorang pemilik perusahaan pasti ada kalanya kamu ingin menciptakan inovasi baru atau mengikuti trend yang sedang berlangsung di pasar.

Jika tidak memiliki komitmen yang kuat untuk bersedia dibimbing dan mengikuti arahan mentor maka perbedaan pemikiran antara kamu dan mentor bisa memicu terjadinya konflik internal yang berdampak negatif terhadap perkembangan perusahaan. 

Bisnis startup memang memiliki peluang yang besar di era perkembangan teknologi. Tak hanya itu, bisnis startup juga menjadi salah satu alternatif solusi guna menekan angka pengangguran melalui penyerapan tenaga kerja. 

Kendati demikian, bisnis startup memerlukan pembinaan dan pendampingan guna memastikan bisnis tersebut mampu bertahan dan bahkan dapat berkembang secara pesat. Inkubator bisnis adalah wadah bagi bisnis startup untuk memenuhi tujuan tersebut. 

Jadi, sudah siap berkompetisi untuk bergabung dalam program inkubasi?

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.