tempat rekreasi anak

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta untuk Anak di Bawah 12 Tahun

No comments

Setelah nyaris bergelut dengan pandemi selama tiga tahun terakhir, akhirnya sejumlah tempat wisata di Jakarta yang sebelumnya ditutup total telah dibuka kembali. Bahkan, sebagian besar dari kawasan wisata tersebut memperbolehkan pengunjung dari berbagai usia, termasuk anak-anak. 

Meskipun begitu, ada beberapa syarat yang patut dipenuhi, seperti penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai akses untuk memasuki tempat wisata dan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun harus berada dalam pengawasan orang tua. 

6 Tempat Rekreasi Terbaik di Jakarta untuk Anak Usia di Bawah 12 Tahun

Lantas, tempat rekreasi mana saja sih yang sudah dibuka dan bisa dikunjungi oleh anak-anak berusia kurang dari 12 tahun? Berikut rekomendasi terbaik yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Apple Bee Playground Taman Anggrek – Grogol, Jakarta Barat

Apple Bee Playground via today.line.me

Para ahli berpendapat, anak-anak harus mendapat stimulasi terbaik di masa emas mereka supaya pertumbuhannya optimal. Nah, salah satu cara paling tepat adalah bermain. Kini, kamu tak perlu bingung lagi memilih tempat bermain anak yang sarat akan stimulasi karena telah hadir Applebee Playground. 

Terletak di lantai GF Mall Taman Anggrek, tempat bermain ini menawarkan beragam jenis permainan khusus anak usia 1 hingga 15 tahun. Setiap permainannya dirancang untuk melatih daya kreativitas sekaligus keterampilan si buah hati. 

Dengan tiket seharga Rp100 ribu (weekday) dan Rp140 ribu (weekend), anak bisa bermain sepuas hati di Applebee Playground dengan durasi maksimal tiga jam. Selama anak-anak bermain, kamu bisa menghabiskan waktu di berbagai kafe yang ada di sekitar playground. Cukup menyenangkan, bukan?

2. Bounce Street Asia Trampoline Park – Kelapa Gading, Jakarta Utara

Bounce Street Asia Trampoline Park via http://www.hargatiket.net

Berlokasi di Artha Gading, tempat wisata untuk anak di bawah usia 12 tahun bertajuk Bounce Street Asia Trampoline Park ini bisa jadi pilihan yang sempurna. Sebab, di tempat ini kamu dan sang buah hati bukan hanya sekadar bersenang-senang tetapi juga memaksa tubuh untuk lebih sehat dan bugar. 

Bagaimana tidak, tempat ini menyajikan berbagai ukuran trampolin yang mampu membakar sampai 1000 kalori jika melompat-lompat dalam durasi satu jam. Menariknya, jumlah kalori yang hilang tersebut setara dengan melakukan olahraga renang, zumba, ataupun jumping jack yang melelahkan. 

Bounce Street Asia Trampoline Park juga menyediakan staf profesional yang bersedia membimbing kamu untuk melakukan banyak aktivitas di sana. Mulai dari foam pit, spider tower, aero ball, wall climbing, slam dunk, gladiator warzone, dan lain sebagainya. 

Satu hal yang paling penting, tempat ini sangat mengutamakan keamanan. Hal ini terbukti dari ketersediaan kolam busa besar nan empuk yang bakal menampung siapa saja saat terjatuh. 

3. Funworld Grand Indonesia Shopping Town Carniville – Tanah Abang, Jakarta Pusat

Funworld Grand Indonesia Shopping Town Carniville via http://www.traveloka.com

Jika kamu menginginkan tempat wisata keluarga yang berada di dalam ruangan atau indoor, pergi saja ke Funworld Grand Indonesia Shopping Town Carniville. Pasalnya, tempat ini merupakan arena hiburan keluarga super lengkap yang sudah pasti nyaman dan aman. Apalagi, Funworld memiliki pelayanan yang super ramah sekaligus profesional. 

Arena rekreasi keluarga yang berlokasi di dalam Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat ini memiliki banyak wahana. Mulai dari kereta gantung, drop tower, hingga kincir ria. Dijamin, anak-anak bakal betah berada di sana. 

4. Ocean Dream Samudra Ancol – Pademangan, Jakarta Utara

Ocean Dream Samudra Ancol via korporat.ancol.com

Bukan hanya Seaworld, ternyata Ancol juga memiliki area atraksi lain yang tak kalah seru. Ocean Dream Samudra Ancol memungkinkan para pengunjung untuk melihat satwa dalam jarak dekat karena dibuat dengan tema konservasi alam dari beragam spesies burung dan laut. Menariknya lagi, tempat rekreasi ini dilengkapi banyak wahana yang mengasyikkan. 

Atraksi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah pertunjukan singa laut, pinguin, dan lumba-lumba nan menggemaskan. Menawarkan segudang sarana edukasi berbalut rekreasi, tempat rekreasi ini bisa dibilang layak untuk dijadikan alternatif liburan paling menyenangkan bagi keluarga. 

5. Taman Legenda Keong Emas – Cipayung, Jakarta Timur

Taman Legenda Keong Emas via jurnaland.com

Berikutnya adalah Taman Legenda Keong Emas yang merupakan tempat rekreasi berpadu dengan unsur edukasi dan budaya. Berlokasi di kawasan TMII, wahana ini terbagi menjadi enam zona yang super seru dan edukatif. 

Di tempat ini, anak-anak berusia di bawah 12 tahun bisa bermain bersama kawanan kelinci, menjadi arkeolog atau merasakan serunya roller coaster. Dijamin, berapapun usia anak, dipastikan ada banyak aktivitas seru yang tersaji untuk mereka. 

6. The Wave Pondok Indah Water Park – Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

The Wave Pondok Indah Water Park via http://www.traveloka.com

Rekreasi bersama anak di bawah usia 12 tahun ke area kolam renang akan semakin terasa berkesan ketika fasilitas yang disediakan benar-benar lengkap. Nah, salah satu rekomendasi terbaik tempat wisata semacam ini adalah The Wave Pondok Indah Water Park. 

Di tempat ini, kamu bisa menemukan banyak jenis kolam. Mulai dari Wave Pool, Lazy River, sampai Olympic Pool yang luar biasa luas. Tak ketinggalan pula kolam renang bernama Aqua Play di mana kamu dan si kecil bisa bermain seluncuran mini hingga merasakan guyuran air dari ember raksasa yang tumpah. 

Bermain Bersama Anak Tidak Harus Mahal

Meski beberapa rekomendasi tempat wisata untuk anak di atas menerapkan tiket masuk, tetap tak ada salahnya untuk membawa mereka ke tempat yang memang memiliki banyak fasilitas menarik. Kendati demikian, kamu tetap harus memerhatikan layanan, keamanan, dan ketersediaan dana agar pengeluaran tidak membengkak nantinya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.