sepatu pesta

Tampil Menawan di Setiap Acara, Ketahui Tips Memilih Sepatu Pesta Ini!

No comments

Tampil sempurna di depan khalayak tentunya menjadi hal yang diinginkan oleh setiap wanita, karena dengan penampilan yang sempurna bisa membuatnya menjadi lebih percaya diri saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Disadari atau tidak, penampilan bisa memberi pengaruh terhadap apa yang dilakukan seseorang. Wanita yang kerap tampil dengan penampilan “sempurna” dianggap bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam segala situasi. Hal ini dikarenakan adanya rasa percaya diri yang muncul.

Kesempurnaan akan penampilan tentu juga tidak datang begitu saja. Oleh karena itu, untuk terlihat sempurna wanita perlu membuat penampilannya menjadi menarik. Salah satu aspek yang bisa dilakukan adalah dengan mengenakan busana terbaik yang sesuai dalam setiap acara, tak terkecuali saat menghadiri pesta.

Memang tidak bisa dipungkiri jika pesta pada akhirnya juga bisa menjadi ajang untuk memamerkan diri. Para wanita akan berlomba-lomba untuk tampil sempurna. Bukan hanya mengenakan dress terbaik, pada saat menghadiri sebuah pesta pun biasanya mereka juga akan memadupadankan dengan aksesoris, tas hingga sepatu yang mereka kenakan.

Tips Memilih Sepatu Pesta

Kunci utama dalam memilih sepatu pesta adalah kenyamanan. Oleh karena itu, pilihlah sepatu yang nyaman dipakai untuk berdiri dalam jangka waktu lama, karena biasanya kita akan lebih banyak berdiri selama menghadiri pesta. 

1. Pilih Jenis Sepatu sesuai dengan Seleramu

Saat ini, sudah banyak bermunculan berbagai model sepatu pesta yang unik dan lucu. Namun sebaiknya, pilih jenis yang sesuai dengan karakteristikmu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk merelakan kenyamanan demi mengikuti trend yang ada.  

Sesuaikan juga jenis sepatu yang digunakan dengan tema dan lokasi pesta. Pemilihan jenis sepatu yang salah akan membuatmu tidak leluasa untuk bergerak selama pesta.

2. Pilih Warna yang Serasi dengan Baju

Jika kamu sudah menemukan jenis sepatu yang sesuai untuk menghadiri pesta, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memadukannya dengan warna busana dan tas yang dipakai.

Sepatu dengan warna senada, atau setidaknya senada dengan aksesoris yang kamu kenakan bisa membuatmu terlihat lebih elegan. Bila tidak ada sepatu pesta berwarna senada, kamu bisa memilih sepatu dengan warna yang paling dominan atau gunakan warna sepatu yang netral seperti hitam, nude, cream dll.

3. Pilih Bahan yang Cocok untuk Pesta

Pemilihan bahan sepatu pesta juga perlu dipertimbangkan karena dapat menambah nilai penampilanmu. Ada banyak variasi yang kini dijadikan sebagai bahan dasar sepatu pesta mulai dari kulit, metalik, hingga satin. Ada baiknya pilih bahan yang lembut seperti satin, karena tentu bisa membuat kakimu lebih nyaman.

4. Pilih Tipe Sepatu Berdasarkan Bentuk Kaki

Jika kamu memiliki bentuk kaki yang cukup lebar, pilihlah jenis sepatu yang ujungnya meruncing untuk membuat kaki terlihat lebih ramping. Namun, jika bentuk kakimu cenderung kecil dan ramping, maka pilih jenis sepatu dengan punggung kaki terbuka. Selain tetap menarik, kamu juga akan tetap nyaman memakainya.

5. Bawa Sepatu Cadangan

Meski sudah memilih sepatu pesta yang sesuai dan nyaman dipakai, jangan lupa untuk tetap menyediakan sepatu cadangan. Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat menghadiri pesta.

Jenis Sepatu Pesta

Seiring berkembangnya zaman, tren fashion pun turut semakin meluas. Bukan hanya pakaian, kini sepatu untuk wanita sudah banyak pilihan jenisnya. Pada setiap jenis sepatu tentu memiliki fungsi yang berbeda pula.

Lalu, jenis sepatu apa saja yang sesuai untuk dipakai ke pesta? Biar kamu gak bingung dan salah pilih, berikut beberapa jenis sepatu pesta yang perlu diketahui:

1. Wedges

Bagi kamu yang ingin tetap terlihat tinggi namun tidak mau kaki dan betis terasa pegal selama menghadiri pesta, ada pilihan alternatif yang bisa kamu pilih, yakni memakai wedges

Jenis sepatu dengan sol tinggi dan tebal ini bisa mendistribusikan berat badan ke seluruh permukaan kaki dengan seimbang, sehingga kamu bisa bergerak dengan stabil saat memakainya.

2. Ballerina Shoes

Inilah salah satu sepatu yang paling nyaman digunakan dalam setiap acara, termasuk saat menghadiri sebuah pesta. Sepatu yang terinspirasi dari sepatu balet ini didesain dengan bagian depan yang tertutup dan memiliki hak yang tipis, atau bahkan tidak memiliki hak sama sekali. 

Ballerina shoes bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin menggunakan sepatu flat namun tetap terlihat stylish. Sayangnya, sepatu ini kurang bisa memberikan efek tinggi pada tubuh.

3. Block Heels

Ciri khas dari sepatu jenis ini adalah hak yang menyerupai balok dengan ketinggian berkisar 3,5 hingga 5 cm. Pemilihan block heels sebagai sepatu pesta juga sangat tepat. Selain modelnya yang cantik, kamu juga tetap bisa bergerak bebas dan nyaman untuk berdiri lama 

4. Stiletto

Jenis sepatu yang satu ini cocok dipakai dalam acara formal maupun santai. Umumnya, stiletto memiliki hak yang tinggi dan tipis seperti pensil, sehingga akan memberikan kesan anggun dan efek kaki yang lebih jenjang pada penggunanya. 

5. Mules

Mules berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti sandal berbentuk sepatu. Sesuai dengan namanya, jenis sepatu ini memiliki bentuk yang terbuka pada bagian tumit dan tertutup pada bagian punggung kaki (memperlihatkan jari kaki) atau tertutup seluruhnya hingga area jari kaki seperti sandal. 

Mules juga tersedia dalam beberapa pilihan, ada yang rata (tidak memiliki hak) seperti bentuk sandal pada umumnya, ada juga yang memiliki hak. Namun biasanya, hak pada mules tidak terlalu tinggi.

6. Pump

Pump adalah jenis sepatu yang memiliki hak berkisar antara 5 hingga 7 cm dengan bagian jari kaki membulat dan tertutup. Sepatu ini juga kerap dikenal sebagai court shoes dan umumnya tidak bertali. Jika kamu ingin terlihat modis namun tetap nyaman dengan sepatu hak, pakailah sepatu jenis pump.

7. Kitten Heels

Sama dengan sepatu lainnya, kitten heels juga cocok dipakai untuk acara formal dan santai. Meski dinamakan heels, sepatu ini memiliki hak yang sangat rendah, biasanya hanya setinggi 1,5 hingga 2 cm. Cocok untuk kamu yang tidak ingin tampil terlalu tinggi dan tetap nyaman untuk dipakai berdiri dalam jangka waktu yang lama.

Tips Merawat Sepatu Pesta

Kamu tentunya tidak mau kalau sepatu pesta milikmu cepat rusak kan? Oleh karena itu, kamu juga perlu melakukan perawatan sepatu secara rutin. Tapi, jangan sembarangan merawat sepatu pesta! Sebab, beda bahan sepatu, beda pula cara untuk merawatnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat sepatu pesta:

1. Bersihkan Sepatu dari Semua Kotoran

Setelah kamu selesai menghadiri suatu pesta, segera bersihkan sepatumu. Gunakan kain lembut dan air hangat untuk membersihkannya. Pembersihan juga harus dilakukan dengan hati-hati dan lembut, agar sepatu tidak rusak.

Lakukan pembersihan pada bagian luar, alas, maupun bagian dalam. Lalu, tunggu dulu sampai sepatu dalam keadaan kering. Menyimpan sepatu pesta dalam keadaan lembab bisa memunculkan jamur.

2. Simpan di Tempat Kering dan Gunakan Silica Gel

Untuk menjaga kelembaban sepatu, kamu juga bisa memasukkan sillica gel ke dalam sepatu pesta sebelum kembali disimpan di tempat yang kering. Hal ini ditujukan untuk mencegah munculnya jamur penyebab bakteri dan bau pada sepatu.

3. Gunakan pada Waktunya

Jangan gunakan sepatu pesta terlalu sering, apa lagi untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Banyaknya keringat dan kotoran yang menempel pada sepatu pesta akan membuatnya semakin cepat rusak.

Sepatu membutuhkan sirkulasi udara selama satu hari penuh sebelum bisa digunakan kembali. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sepatu pesta pada waktunya.

4. Cek Kotoran dan Jamur secara Berkala

Menyimpan sepatu pesta dalam kotak memang baik. Namun, jika disimpan terlalu lama juga bisa membuatnya rusak. Keluarkan sepatumu dari kotak secara berkala minimal satu kali dalam sebulan. 

Periksa juga kebersihannya, jika terdapat kotoran dan jamur, kamu bisa langsung membersihkan serta mengeringkannya kembali. Tapi ingat, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, karena bisa membuat warna sepatu cepat memudar. Keringkan dengan cara menggantung dan membiarkannya terkena angin.

5. Simpan di Rak Terbuka

Meletakkan sepatu pesta secara sembarangan tentu akan menjadi salah satu penyebab kerusakan. Untuk itu, gunakan rak susun yang terbuka agar sepatu tersusun rapi dan memiliki umur yang panjang.

Selain bisa membuat nyaman dan terlihat menawan saat memakainya, pemilihan sepatu yang tepat tentu juga bisa menambah rasa percaya diri selama menghadiri pesta. Jadi, pilihlah sepatu pesta yang sangat sesuai denganmu!

Baca Juga: