batik kerja

Tetap Inilah Model Baju Batik Kerja Wanita dengan Paduan Nuansa Modern dan Tradisional!

No comments

Kamu tentunya sudah familiar dengan kain batik, bukan? Kain batik umumnya digunakan pada acara-acara penting yang sifatnya formal, seperti rapat, undangan kenegaraan, acara pernikahan, dan lain-lain. 

Batik sejatinya merupakan hasil karya seni bernilai tinggi yang diwariskan secara turun-temurun oleh para leluhur bangsa Indonesia. Hingga saat ini, batik masih dilestarikan baik secara teknik maupun penggunaan sehari-hari untuk menunjukkan identitas bangsa Indonesia. 

Batik telah lama dikenal di kalangan mancanegara sebagai warisan budaya asli Indonesia, namun UNESCO baru mengakui dan mematenkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan tak benda pada 2 Oktober 2009.

Dalam rangka merayakan diakuinya batik sebagai budaya asli Indonesia sekaligus melestarikan penggunaan batik, maka beberapa perkantoran, instansi pemerintah, serta institusi pendidikan telah mewajibkan penggunaan batik pada hari tertentu. 

Penggunaan batik oleh masyarakat luas memberikan inspirasi bagi para pengrajin batik untuk tidak hanya membuat kain namun juga mendesain berbagai jenis pakaian dengan model yang unik untuk digunakan pada acara resmi atau sekedar untuk setelan kerja. 

Pada pembahasan kali ini, kita akan melihat-lihat beragam model batik kerja wanita yang tak kalah stylish dengan pakaian kerja yang kamu pakai sehari-hari.   

Asal Usul dan Perkembangan Batik di Indonesia

Bicara tentang baju batik kerja wanita, tentu saja kita tidak dapat melewatkan topik perihal asal-usul batik.

Istilah batik kerap digunakan untuk menyebut sebuah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan cara mengaplikasikan malam pada kain, baik dengan cara diteteskan maupun dititikkan.

Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya istilah batik tidak merujuk pada hasil akhirnya, yakni kain yang bermotif, melainkan pada proses pembuatannya?

S. Koperberg dalam buku De Javansche Batik Industrie menyebutkan bahwa batik pada dasarnya berasal dari kata kerja membatik atau membuat titik-titik. Sehingga kata “batik” sebenarnya merujuk pada proses pembuatan motif menggunakan canting dan lilin atau malam sebagai alat. 

Teknik membatik sendiri sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, diperkirakan berasal dari Mesir Kuno atau Sumeria. Kemudian teknik batik mulai dipraktekkan secara luas pada beberapa negara di Afrika Barat dan Asia. 

Di Indonesia, proses membatik diperkirakan sudah mulai dikenal sejak zaman kerajaan Hindu-Budha. Namun kesenian batik baru dikenal secara luas pada akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19 seiring penyebaran agama Islam pada masa kerajaan Majapahit. 

Diawali dari era kerajaan Hindu-Budha, proses membatik kemudian semakin meluas ke berbagai daerah seiring dengan penyebaran agama Islam pada masa Kerajaan Majapahit. 

Pada mulanya, batik hanya dibuat untuk dipakai oleh anggota keluarga keraton. Motif batik yang digunakan umumnya menggambarkan arti, sejarah, atau cerita tertentu. Bahkan ada pula beberapa motif yang memiliki makna sakral sehingga tidak boleh dikenakan oleh sembarang orang. 

Seiring dengan perkembangan zaman, keraton mulai mengizinkan masyarakat luas untuk menggunakan batik. Hanya saja, pakem motif yang diijinkan berbeda dari motif yang dikenakan oleh para raja, anggota keluarga keraton, dan abdi dalem.  

Disinilah para pengrajin batik mulai menggunakan kreativitas mereka untuk mengembangkan motif, corak, dan desain yang dapat digunakan oleh masyarakat biasa. Hingga saat ini, para pengrajin batik masih aktif menciptakan motif baru dengan sentuhan modern yang digabungkan dengan teknik tradisional. 

Paduan Nuansa Modern dan Tradisional pada Motif Baju Batik Kerja

Dalam rangka melestarikan penggunaan batik yang telah menjadi identitas sekaligus kebanggaan masyarakat Indonesia, maka desainer pakaian serta pengrajin batik secara aktif melakukan berbagai inovasi untuk menjaga agar batik dapat mengikuti tren busana. 

Salah satunya dilakukan dengan cara menggabungkan nuansa modern dan tradisional pada motif dan desain pakaian batik sehingga cocok dipakai saat menghadiri acara formal maupun semi formal, misalnya untuk bekerja. 

Nah, sebelum kita melihat-lihat berbagai model baju batik kerja wanita yang keren untuk dipakai ke kantor, ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu beberapa motif batik yang sering dipadukan dengan nuansa modern:

1. Motif Lurik 

Lurik adalah salah satu motif batik yang sederhana karena hanya berupa garis-garis kecil. Pada zaman dahulu, motif lurik dikenakan secara luas oleh para pria yang tinggal di pedesaan. Oleh sebab itu, motif lurik biasanya digambarkan pada kain katun kasar yang bahannya relatif murah dan terjangkau. 

Selain pakaian pria, motif lurik umumnya juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan surjan atau ikat kepala.

Dalam perkembangannya, motif lurik kini hadir dengan warna-warna baru serta kerap dipadukan dengan berbagai kain polos atau kain dengan motif lain yang mampu menonjolkan sisi estetikanya.  

2. Motif Parang

Parang dikenal sebagai salah satu motif batik yang paling tua di Indonesia lantaran diperkirakan sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo). Kata “parang” berasal dari kata “pereng” yang bermakna lereng. 

Motif ini disebut parang lantaran digambarkan sebagai garis-garis yang menurun dari tinggi ke rendah secara diagonal serta susunan membentuk motif S yang menggambarkan ombak samudera dan saling terjalin yang memiliki makna semangat yang tak pernah padam. 

Motif parang dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori yang masing-masing melambangkan makna yang berbeda. Dalam perkembangannya, motif parang banyak dikenakan sebagai setelan untuk menghadiri acara resmi serta sebagai baju batik kerja wanita maupun pria.  

3. Motif Kuku Bima

Sesuai namanya, batik dengan motif kuku bima terlihat mudah dikenali lantaran memiliki pola cakar putih yang menjadi ciri khas utama. Kain batik ini memiliki warna-warna yang netral seperti cokelat dan krem.  

Kain batik kuku bima menjadi salah satu bahan baku pembuatan berbagai desain pakaian, mulai dari kemeja, outer, jaket, hingga blouse, yang cocok untuk digunakan sebagai baju batik kerja wanita maupun pria. 

4. Motif Wayang

Batik wayang adalah salah satu jenis karya batik tulis yang dikembangkan oleh para pengrajin batik dan memiliki nilai seni yang tinggi karena digambarkan secara detil. 

Hal tersebut dikarenakan tokoh yang digambarkan oleh pengrajin tidak melulu berasal dari tokoh pewayangan, melainkan juga dapat berasal dari tokoh sultan dan kehidupan rakyat.

Umumnya, batik wayang memang dikenakan oleh kaum pria, namun tak sedikit juga kok baju batik kerja wanita yang keren yang memiliki motif wayang. Kamu bisa tampil elegan dengan perpaduan antara baju batik wayang dengan jaket atau outer

5. Motif Modern

Adapun yang dimaksud dengan batik modern ialah batik yang motifnya bersifat bebas dan tidak terikat pada pakem atau isen-isen tertentu sebagaimana halnya batik tradisional. 

Batik modern umumnya memiliki motif bertema keindahan alam maupun berbagai ciri khas lain yang melambangkan suatu daerah. Oleh sebab itu, batik modern yang berasal dari satu daerah pasti memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh batik modern dari daerah lain. 

Rekomendasi Model Baju Batik Kerja Wanita Kekinian

Selain motif, model juga menjadi poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih baju batik kerja wanita. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi model baju batik kerja wanita yang kekinian dan tak kalah stylish dengan outfit kerja yang kamu punya:

1. Kemeja Batik 

Bicara soal batik kerja, kemeja batik tentu menjadi model pertama yang terlintas dalam benak kamu, bukan? Wajar sih, karena kemeja batik merupakan model pakaian yang paling banyak diminati, apapun jenis kain dan motif batik yang digunakan. 

Selain memberikan kesan yang chic, kemeja batik juga cocok bagi kamu yang tidak suka mengenakan model pakaian yang “ribet”. Kemeja batik tersedia dalam berbagai macam model, mulai dari lengan panjang, lengan pendek, bahkan sleveless untuk dipadukan dengan blazer atau outer

Penggunaan kemeja batik kerja juga mudah dipadukan dengan model bawahan apapun, mulai dari celana jeans, celana bahan, hingga rok.    

2. Outer Batik

Bosan menggunakan kemeja batik yang modelnya itu-itu saja? Apakah kamu ingin memadukan model pakaian batik dengan pakaian lain agar terlihat lebih modis? Outer batik adalah solusinya!

Outer batik umumnya berbentuk mirip dengan kemeja batik kerja dengan kancing pengait yang berada pada bagian atas. Outer batik juga dapat kamu temui dalam berbagai motif dan model. 

Outer batik dapat dipadukan dengan dalaman warna polos, seperti hitam, cokelat, atau putih, dan celana warna gelap untuk tampilan chic dan formal, atau dipadukan dengan dress tanpa lengan untuk look yang feminin dan elegan. 

3. Dress A-line

Ingin tampil feminin di tempat kerja? Kamu bisa coba menggunakan dress batik dengan model A-line. Dress yang satu ini juga kadang dipadukan dengan aksen brokat pada bagian atas untuk menambah kesan elegan dan modis. 

Dress A-line tersedia dalam berbagai motif yang cocok digunakan tak hanya sebagai batik kerja, namun juga untuk menghadiri berbagai acara formal lain seperti undangan pernikahan. 

Untuk outfit kerja, kamu bisa memadukan dress ini dengan flat shoes atau wedges dan tas yang berukuran agak besar. Sedangkan untuk menghadiri pesta, kamu bisa memadukan batik kerja ini dengan high heels dan pouch

4. Outer model Kimono

Beberapa jenis baju batik kerja juga terlihat menggabungkan nuansa tradisional dan modern atau oriental untuk menonjolkan sisi estetika batik sekaligus mengikuti tren busana yang sedang populer di kalangan masyarakat.

Outer dengan kerah model kimono ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki tubuh berisi karena potongannya longgar sehingga nyaman ketika dikenakan. 

Kamu bisa memadukannya dengan aksesoris seperti belt atau bross untuk memberi kesan lebih feminin dan chic.

5. Blazer Batik

Ingin tampil profesional, stylish, dan anti-ribet saat bekerja? Blazer dengan motif batik mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untukmu. 

Blazer batik dapat kamu padukan dengan dalaman berwarna polos, seperti warna hitam atau putih, dan berbagai jenis bawahan, mulai dari rok sepan, celana bahan, atau bahkan celana jeans untuk menghadiri acara semi-formal. 

Sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya kita menunjukkan penghargaan terhadap warisan budaya Indonesia, salah satunya dengan mengenakan batik. 

Jadi, manakah model baju batik kerja wanita yang mau kamu beli?

Baca Juga Artikel Lainnya: