minuman boba

Tips Memulai Bisnis Boba di Indonesia

No comments

Dewasa ini banyak orang menggemari makanan maupun minuman unik yang menawarkan cita rasa berbeda. Hampir setiap produk makanan atau minuman yang mengusung konsep baru, akan laris diserbu oleh pembeli.

Katakanlah minuman boba yang saat ini tengah menjadi tren. Pada umumnya penggemar minuman ini didominasi oleh generasi millenial.

Kondisi tersebut membuat bisnis boba menjadi lahan usaha yang menjanjikan di tengah dunia kuliner. Hal ini bisa kita lihat dari maraknya penjual minuman boba, yang dapat dengan mudah ditemukan pada hampir semua tempat.

Strategi Berbisnis Boba

Di balik kesuksesan minuman boba yang berhasil menembus pasaran sampai ke mancanegara. Ternyata tidak lepas dari strategi bisnis boba dalam hal pemasaran produk.

Banyak pebisnis yang mengadopsi strategi yang digunakan salah satu merek minuman boba terkenal dari Taiwan yaitu “Xing Fu Tang”.

1. Segmentasi Pasar

Bisnis boba yang berhasil meraih sukses di Taiwan hingga diadopsi di mancanegara, menargetkan konsumen mereka pada kalangan menengah ke bawah yang jumlah populasinya jauh lebih besar dari pada golongan menengah ke atas.

2. Diferensiasi Produk

Target konsumen yang diperoleh dari hasil segmentasi pasar tadi, dituangkan dengan membangun sebuah citra produk minuman boba segar yang dapat dinikmati berbagai kalangan masyarakat.

Penerapan hal tersebut pada proses branding produk minuman boba dilakukan dengan cara:

  • Mempromosikan moto produk

Hal ini dilakukan dengan menampilkan proses pembuatan boba maupun saat meraciknya menjadi minuman pada stand penjualan. Sehingga konsumen dapat melihat sendiri bahan-bahan maupun cara pengolahannya sebelum menikmati minuman yang dibeli.

  • Menggunakan kemasan unik

Gelas plastik yang digunakan oleh merek “Xing Fu Tang”, berhasil menjadi pembeda merek tersebut dengan bisnis boba lain yang ikut memasarkan produk serupa.

Mereka menggunakan gelas plastik tanpa sudut yang menjadi ciri khas merek minuman yang dijual.

  • Harga yang terjangkau

Sekalipun harga minuman boba dari Taiwan tersebut masih cukup tinggi di Indonesia. Namun di negara asalnya minuman tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Berangkat dari dua strategi bisnis tersebut, berikut tips memulai bisnis boba yang patut kamu praktikkan.

Tips Memulai Bisnis Boba

1. Lakukan Riset Pasar

Dalam melakukan riset pasar, ada banyak sekali indikator yang wajib kamu temukan jawabannya. Pertama, riset dan tentukan target konsumen. Memilih target konsumen merupakan hal penting yang wajib dilakukan sebelum menyusun bisnis plan minuman boba yang akan dijalankan. 

Kedua, cari tahu apa yang mereka suka dan minati. Terakhir, jangan lupa untuk memerhatikan bagaimana pola mereka dalam melakukan pembelian sebuah produk.

2. Memilih Lokasi Usaha

Salah satu elemen yang dapat memengaruhi keberhasilan sebuah bisnis adalah penempatan lokasi usaha. Untuk itu kamu perlu menyesuaikan lokasi usaha minuman boba yang akan dijalankan dengan target konsumen yang dipilih.

3. Mencari Bahan-Bahan

Setelah itu, carilah supplier bahan-bahan minuman boba yang menjual produk berkualitas dengan harga yang murah. Pastikan letak toko supplier yang dipilih tidak terlalu jauh dari lokasi usahamu. Karena ini semua akan berpengaruh pada harga jual produk dan keuntungan yang akan didapatkan.

4. Harga Jual Produk

Seperti halnya lokasi, harga jual produk minuman boba yang akan kamu jual juga perlu disesuaikan dengan target konsumen. Tidak hanya itu saja, harga jual produk juga perlu disesuaikan dengan bahan-bahan yang digunakan dan modal yang sudah dikeluarkan. 

Jika sudah menentukan harga jual produk secara tepat, maka keuntungan pun akan didapatkan. 

5. Strategi Pemasaran

Selain melakukan promosi melalui media sosial. Kamu juga wajib mendaftarkan usaha minuman ini pada aplikasi pesan antar online dan membuat promosi di dalamnya. Mengapa? Karena aplikasi pesan antar makanan dan minuman online sudah banyak membantu para pebisnis dalam menjaring konsumen secara lebih luas.

6. Inovasi Produk

Minuman boba sendiri berawal dari inovasi produk camilan tradisional yang dikembangkan di Taiwan. Strategi tersebut juga dapat kamu adopsi pada usaha minuman boba yang sedang direncanakan.

Untuk itu, kamu perlu melakukan riset produk dengan melakukan eksperimen pada berbagai resep minuman boba yang sudah ada. Kembangkan resep baru dengan cita rasa unik yang dapat diterima dan cocok dengan lidah penggemar boba di Indonesia.

7. Membangun Identitas Produk

Salah satu strategi pengantar kesuksesan bisnis minuman boba yang berasal dari Taiwan tersebut adalah keberhasilannya dalam membangun citra produk dalam pandangan konsumennya.

Hal ini juga merupakan salah satu strategi penting yang dapat kamu adopsi. Selain mempromosikan kelezatan cita rasa minuman boba pada bisnis yang akan dibuat. 

Identitas produk dapat dibuat melalui cara lainnya. Misalnya dengan mengadopsi dari cara yang sudah dilakukan oleh “Xing Fu Tang” yaitu menggunakan kemasan plastik yang memiliki bentuk khas.

Bila kamu perhatikan dengan jeli, kombinasi antara bentuk kemasan gelas plastik yang mereka gunakan dengan warna minuman boba sebagai latar belakangnya, akan menimbulkan sebuah ilusi optik dengan kesan “unik” bagi orang yang memandang dan memperhatikannya.

8. Pelajari Kompetitor

Selain untuk mendapatkan informasi tentang selera konsumen. Riset pasar juga dapat digunakan untuk mencari informasi tentang kompetitor atau produk pesaing sejenis yang sudah lebih dahulu ada di pasaran.

Hal ini juga perlu dilakukan sebagai bahan perbandingan untuk membuat perkiraan peluang keberhasilan dari bisnis plan yang sudah disusun. Setidaknya kamu mendapatkan sedikit gambaran peluang keberhasilan dari strategi yang digunakan oleh produk kompetitor sejenis.

Jangan Bertahan di Zona Nyaman karena Trend Selalu Berubah

Sekalipun hasil riset maupun analisis usaha dalam bisnis plan minuman boba yang kamu buat hasilnya menunjukkan peluang yang masih besar untuk dikembangkan. Namun perlu diperhatikan juga, jika kebanyakan bisnis yang memanfaatkan trend kuliner juga mengalami pasang surut.

Hal itu diperkirakan merupakan pengaruh dari sifat trend yang selalu berubah-ubah. Jadi, jika usaha yang dijalankan berhasil menembus pasar, kamu tetap perlu melakukan riset untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru sebelum trend mulai berubah.

Masih bingung mau mendapatkan modal untuk bangun bisnis boba? Indodana menawarkan produk pinjaman online yang bisa kamu manfaatkan.

Download App Indodana Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.