Setiap perusahaan atau organisasi dibentuk pasti untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan yang ingin dicapai tersebut bisa jangka panjang maupun jangka pendek. Biasanya, tujuan dari perusahaan atau organisasi tertuang dalam visi dan misi dan diketahui oleh seluruh anggota organisasi atau orang di dalam sebuah perusahaan.
Secara singkat, yang dimaksud dengan visi dan misi adalah suatu tolok ukur guna mencapai kemajuan atau kesuksesan perusahaan. Pada praktiknya, perusahaan mempunyai dasar dalam menciptakan aturan atau kebijakan untuk kepentingan karyawan maupun perusahaan itu sendiri.
Visi dapat diartikan suatu rencana atau pandangan jangka panjang yang mau diraih oleh perusahaan. Visi perusahaan umumnya cenderung singkat, tapi bisa mencakup keseluruhan tujuan atau cita-cita yang ingin diraih oleh suatu perusahaan. Di sisi lain, misi merupakan aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan dan menjadi alat untuk meraih tujuan perusahaan.
Lalu, apakah kepentingan memiliki visi dan misi pada sebuah perusahaan atau organisasi? Juga, bagaimana cara yang tepat untuk merumuskan visi dan misi bagi perusahaan? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Cermati telah merangkum pentingnya merumuskan visi dan misi, caranya, dan juga contoh yang bisa dijadikan referensi.
Pentingnya Memiliki Visi dan Misi bagi Perusahaan

Pada dasarnya, semua perusahaan pasti mempunyai tujuan atau hal yang ingin diraih. Untuk meraih tujuan tersebut, tim manajemen dari perusahaan akan bekerja sama dan membuat departemen yang masing-masing bekerja secara terpisah serta melakukan pengelompokan job desc atau deskripsi kerja. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung penuh proses pencapaian visi dan juga misi perusahaan.
Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa visi dan misi perusahaan pasti ada dan menjadi pendorong berdirinya suatu perusahaan. Namun, ada beberapa visi atau misi yang dijelaskan secara terbuka, dan ada juga yang dipahami secara tidak langsung. Berikut adalah sejumlah peran penting visi dan misi bagi sebuah perusahaan.
1. Menciptakan Standar Kerja Optimal
Ketika karyawan memahami dan mengerti tujuannya bekerja dan cita-cita yang ingin diraih perusahaan tentang kesejahteraan bersama, mereka akan menyadari bahwa standar kerja yang diberikan harus optimal agar tujuan mulia perusahaan dapat tercapai. Saat hal tersebut terjadi, tentu perusahaan mampu berjalan dengan lebih maksimal dan memiliki peluang lebih besar dalam mencapai kesuksesan dan puncak kejayaannya. Pasalnya, kinerja karyawannya akan semakin membaik, serta mampu meningkatkan omzet dan juga pertumbuhan perusahaan.
2. Menjadikan Pekerjaan Karyawan Terasa Lebih Bermakna
Menjalani sebuah pekerjaan bukan hanya dilakukan untuk mendapatkan gaji dan mencukupi kebutuhan fisik atau material saja. Melainkan, kebutuhan rohani juga harus mampu tercukupi saat menekuni pekerjaan tersebut. Dengan memiliki visi dan misi, perusahaan mampu menjamin jalinan hubungan yang terjaga antara rekan kerja, ataupun antara bawahan dengan atasannya serta sebaliknya, karena setiap karyawan merasa pekerjaan yang dilakukannya lebih bermakna dan memiliki tujuan.
3. Meningkatkan Komitmen dan Semangat Kerja
Karyawan di sebuah perusahaan bukan robot yang dapat bekerja setiap waktu tanpa merasa lelah dan tak harus memahami tujuan yang ingin diraih perusahaan. Melalui visi misi perusahaan karyawan akan memiliki alasan untuk bekerja dengan lebih giat lagi dan penuh semangat.
Terlebih dalam praktiknya, perusahaan juga mempunyai kontribusi pada masyarakat dan karyawan akan memiliki komitmen lebih dalam mengerjakan tanggung jawab pekerjaan dari perusahaan. Pasalnya, hal tersebut akan membuat karyawan sadar bahwa kontribusi yang diberikannya pada perusahaan tersebut juga mampu memberi manfaat bagi khalayak ramai.
4. Memastikan Tujuan atau Target Dasar Perusahaan
Mempunyai visi dan misi artinya perusahaan mampu memetakan dengan jelas hal yang menjadi pokok tujuan didirikannya suatu perusahaan. Inilah yang kemudian diharapkan perusahaan untuk mampu memberi dampak signifikan terhadap peningkatan kemajuan, perkembangan, dan keuntungan perusahaan.
5. Jadi Acuan Perusahaan untuk Mengembangkan Usahanya
Perusahaan memerlukan suatu landasan yang menjadi tonggak dalam menentukan perencanaan usaha yang bakal dikembangkan agar kemajuan perusahaan dapat tercapai. Dengan visi misi yang jelas, perusahaan tak lagi harus mencari acuan agar mampu memajukan usahanya.
6. Menjadi Pedoman Karyawan saat Bekerja
Menentukan visi misi perusahaan dan kemudian menjabarkannya lebih lanjut pada setiap departemen perusahaan dapat menjadi pedoman bagi karyawan ketika bekerja. Di antara banyaknya departemen dalam suatu perusahaan, departemen yang bertugas untuk menjalankan visi dan misi perusahaan melalui kinerja karyawannya adalah departemen Human Capital Management.
Hal tersebut membuat setiap karyawan jadi memahami apa saja tanggung jawab pekerjaan yang perlu dilakukan agar mampu mencapai target atau sasaran serta tidak salah saat mengambil langkah maupun memutuskan kebijakan penting pada departemennya sendiri-sendiri.
7. Menjadi Sarana saat Mengambil Keputusan Perusahaan
Peran terakhir dari visi dan misi di sebuah perusahaan adalah menjadi sarana ketika mengambil keputusan perusahaan. Ketika karyawan diharuskan untuk membuat suatu peraturan, maka fungsi visi misi perusahaan yang harus digunakan sebagai sarana atau dasar dalam pengambilan keputusan tersebut.
Cara Merumuskan Visi dan Misi Perusahaan
Setelah mengerti pentingnya memiliki visi dan juga misi bagi sebuah perusahaan, hal selanjutnya yang perlu dipelajari adalah bagaimana cara yang tepat untuk merumuskannya. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui dalam merumuskan visi misi perusahaan dengan baik dan juga efektif, antara lain:
- Visi dan misi harus mampu menjadi penyemangat untuk memperjuangkan tujuan, cita-cita, dan rencana yang ingin diraih perusahaan.
- Visi misi haruslah ambisius, artinya, visi misi perusahaan harus mampu mengkristalkan semua hal ideal dan keindahan perusahaan, serta sosok dari setiap departemen perusahaan yang dijadikan sebagai dambaan karyawan di waktu mendatang.
- Visi misi perusahaan juga harus persuasif agar mampu mendorong semua karyawan untuk turut serta secara aktif menyampaikan aspirasi, tujuan pribadi, dan harapan yang mampu mendukung kepentingan perusahaan atau organisasi.
- Visi misi perusahaan harus unik sehingga mampu menjadi motivasi atau daya tarik untuk mengembangkan dan juga menumbuhkan kompetensi dari sumber daya manusia perusahaan. Melalui visi misi perusahaan pula SDM suatu perusahaan mampu memahami dan mengenal jati dirinya dan kontribusi apa saja yang dapat dilakukan sebagai modal atau aset aktif untuk perusahaan.
- Visi misi perusahaan sebaiknya mampu menggambarkan suatu perusahaan idaman dan mampu menjadi incaran bagi setiap pencari kerja serta mampu memikat hati orang-orang dengan kompetensi tinggi agar tertarik bergabung pada perusahaan tersebut.
- Terakhir, visi misi perusahaan seharusnya gampang dimengerti dan dipahami agar dapat menjelaskan tujuan dan arah yang ingin diraih perusahaan, sekaligus dapat menjadi pedoman yang taktis, strategis, dan juga sistematis.
Contoh Visi dan Misi Perusahaan
Selesai memahami pentingnya memiliki visi misi perusahaan dan cara merumuskannya, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah melihat contoh visi misi yang dimiliki oleh perusahaan terkemuka. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam membuat visi misi perusahaan yang sebenarnya dan mampu merumuskannya sesuai dengan tujuan.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh visi misi perusahaan yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuatnya.
1. Visi dan Misi dari Bank BNI
Visi : Menjadi Lembaga Keuangan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja
Misi :
- Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pilihan utama.
- Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
- Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
- Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan dan komunitas.
- Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik bagi industri.
2. Visi dan Misi dari Holcim Indonesia
Visi : Menjadi perusahaan yang terdepan dengan kinerja terbaik dalam industri bahan bangunan di Indonesia
Misi :
- Memastikan nihil bahaya dalam setiap kegiatan operasional dan bisnis
- Bermitra dengan para pelanggan untuk mewujudkan solusi-solusi berbeda dan inovatif.
- Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkinerja tinggi melalui lingkungan kerja yang beragam dan melibatkan setiap individu di dalamnya.
- Menciptakan nilai yang sama dan solusi-solusi yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan.
3. Visi dan Misi dari Kimia Farma
Visi : Menjadi perusahaan Healthcare pilihan utama yang terintegrasi dan menghasilkan nilai yang berkesinambungan.
Misi :
1. Melakukan aktivitas usaha di bidang-bidang industri kimia dan farmasi, perdagangan dan jaringan distribusi, retail farmasi dan layanan kesehatan serta optimalisasi aset
2. Mengelola perusahaan secara Good Corporate Governance dan operational excellence didukung oleh SDM profesional
3. Memberikan nilai tambah dan manfaat bagi seluruh stakeholder
Pastikan Visi dan Misi Perusahaan Diterapkan Hingga Menjadi Budaya Kerja
Itulah penjelasan mengenai pentingnya perusahaan memiliki visi dan misi. Setelah merumuskan dan memiliki visi dan misi perusahaan sendiri, pastikan bahwa seluruh elemen perusahaan mengaplikasikannya dengan sepenuh hati. Bila perlu, canangkan visi misi perusahaan tersebut sebagai budaya kerja agar tujuan dan cita-cita perusahaan bisa lekas tercapai.
Download App Indodana Sekarang!Baca Juga Artikel Lainnya:
You must be logged in to post a comment.