Awas, Tips Hemat Ini Malah Bikin Anda Boros

Awas, Tips Hemat Ini Malah Bikin Anda Boros

No comments

Ada begitu banyak tips mengatur keuangan yang dapat dilakukan agar pengeluaran jadi lebih hemat. Dengan berhemat, Anda dapat mengalihkan pengeluaran yang kurang penting untuk ditabung maupun berinvestasi. Sehingga, financial freedom akan lebih mudah dicapai. 

Namun sayangnya, tak semua tips yang ada sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Bahkan, ada beberapa tips hemat yang justru bikin pengeluaran tambah boros. Lantas, seperti apa tips hemat yang malah bikin pengeluaran tambah boros? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Menabung Dengan Menggunakan Toples? Tentu Bisa, Ini Caranya

Tips Hemat yang Sebenarnya Bikin Boros

Tips Hemat yang Sebenarnya Bikin Boros

1. Buat Sendiri alias Do It Yourself 

Selain membutuhkan banyak barang, terkadang DIY bisa berisiko mengalami kegagalan. Alih-alih ingin berhemat, pengeluaran Anda justru bisa makin membengkak. Terlebih jika kerajinan yang ingin dibuat malah gagal total.

Misalnya saja, saat ingin memperbaiki sendiri game console yang mengalami kerusakan. Ketimbang harus beli solder yang harganya cukup mahal, sebaiknya bawa game console tersebut ke profesional untuk membetulkannya. 

Selain minim risiko, Anda juga bisa lebih hemat tenaga dan uang tentunya karena saat membetulkan sendiri, belum tentu bisa kembali benar. Tak jarang justru tambah rusak hingga tak bisa digunakan lagi.

2. Membeli Barang Bekas

Berbeda dengan barang yang masih baru, saat membeli barang bekas, Anda memang harus jauh lebih teliti. Terlebih kualitas dari barang bekas yang pastinya sudah menurun. 

Bukan jadi lebih hemat pengeluaran, Anda justru harus mengeluarkan uang lagi untuk membetulkan barang tersebut. Sehingga pengeluaran pun jadi double, hal inilah yang seharusnya dihindari. Jika memang ingin membeli barang bekas, perhatikan kondisi barang tersebut. 

Lalu jika barang bekas tersebut berupa elektronik, Anda bisa meminta garansi pada penjualnya sehingga bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Cermat membeli barang, baik baru maupun bekas akan membuat keuangan Anda lebih terjaga.

3. Tergiur Barang Diskon

Terkadang diskon memang jadi salah satu tips berhemat yang kerap dianjurkan kebanyakan orang. Namun sayangnya, hal tersebut justru membuat banyak orang tergiur untuk membeli barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Bahkan bisa kalap belanja karena melihat jumlah diskon yang tertera.

Agar tidak gampang tergiur iming-iming diskon saat belanja, Anda bisa membuat daftar belanja dan jangan lupa untuk patuhi isinya. Jika ada barang-barang diskon, pilih sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Jika Anda pandai dan cermat, memanfaatkan diskon memang bisa membantu menekan pengeluaran. Namun jika tidak, ini akan berbahaya, makanya selalu buat skala prioritas ya saat belanja! 

4. Menabung dengan Jumlah Tertentu

Menabung memang sesuatu hal harus dilakukan agar menjaga kondisi keuangan tetap baik. Namun bukan berarti Anda harus selalu menabung dengan jumlah yang tinggi secara terus menerus. Anda bisa menabung dengan nominal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Jangan memaksakan diri untuk bisa menabung dengan nominal besar tapi membahayakan kondisi keuangan. Sebab kebutuhan setiap orang pasti mengalami perubahan setiap bulannya. Sehingga, tidak akan masalah meskipun hanya menabung dengan jumlah yang kecil asalkan dilakukan dengan konsisten dan disiplin. 

5. Stok Kebutuhan Bulanan

Kebanyakan orang lebih memilih untuk mengalokasikan dana yang besar untuk membeli stok bahan makanan untuk sebulan. Dengan menyetok bahan makanan untuk satu bulan, Anda memang bisa mengurangi keinginan untuk jajan di luar rumah sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Namun hal tersebut kurang efektif jika diterapkan, bahkan bisa mengakibatkan pemborosan yang lebih parah. Terlebih lagi jika Anda punya pekerjaan yang banyak serta sangat jarang berada di rumah. Sehingga membuat stok bahan makanan yang tadi sudah disiapkan menjadi sia-sia, karena jarang disentuh. 

Karena itu ada baiknya untuk membeli makanan atau stok bahan makanan seperlunya saja. Pilih bahan makanan yang tahan lama dan tidak cepat busuk. Selain itu, beli yang memang dibutuhkan untuk menghindari pengeluaran tidak perlu. 

Berhemat dengan Cermat agar Keuangan Semakin Terjaga

Melakukan penghematan memang satu hal yang sangat penting agar bisa mencapai target finansial yang diinginkan. Namun, jangan tergesa-gesa saat mengambil keputusan, alih-alih berhemat malah dompet jadi sekarat.

Ada baiknya untuk menyesuaikan tips berhemat dengan kondisi Anda sehari-hari. Agar tips tersebut lebih efektif dan tidak membuat kondisi finansial Anda tambah berantakan.

Baca Juga: Berpenghasilan Harian? Ini Cara Tepat Mengaturnya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.