7 Resolusi Sehat di Tahun 2022, Mesti Dicapai!

No comments

Tahun baru kerap menjadi penanda sebuah permulaan yang baru. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi momen untuk menetapkan resolusi tentang kesehatan, seperti menjalani pola makan sehat, tidur lebih awal dan mulai berolahraga.

Akan tetapi, banyak yang melanggar resolusi sehat yang dibuat karena terlalu sulit untuk dijalankan. Ini sebabnya banyak orang yang selalu membuat resolusi sama setiap tahun.

Agar resolusi yang sudah dibuat bisa dijalankan, maka pastikan resolusi yang dibuat tak hanya sekedar wacana saja. Tetapi juga bisa dijadikan sebagai rutinitas yang nantinya dapat dijalani seumur hidup.

Di masa pandemi saat ini, aktivitas memang jadi lebih terbatas. Namun, bukan berarti tak bisa menjalankan resolusi sehat yang sudah dibuat. Agar lebih efektif, berikut ini ada beberapa resolusi hidup sehat yang bisa kamu capai di tahun 2022.

1. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih

Banyak yang tidak sadar bahwa air putih sangat penting bagi tubuh, karenanya mereka tidak minum air putih dalam jumlah yang dibutuhkan setiap hari. Hal ini bisa jadi ide resolusi hidup sehat yang mudah dijalankan. 

Untuk memulainya, coba mulai dari hal yang kecil, misalnya mengganti minuman manis yang sering diminum tiap hari dengan segelas air putih. Jika hari ini kamu minum secangkir kopi, cobalah ganti dengan dua gelas air putih . Selanjutnya, belilah botol minum lucu agar jadi lebih bersemangat saat harus membawa air minum sendiri ke luar rumah.

Agar tidak bosan dengan rasa air putih yang tawar, coba tambahkan beberapa potongan buah segar seperti mentimun, strawberry atau perasan jeruk nipis. Selain menambahkan rasa pada air putih, air dan potongan buah juga punya manfaat bagus untuk tubuh.

2. Tingkatkan konsumsi buah-buahan segar

Membuat resolusi memang jauh lebih gampang daripada menjalankannya. Contohnya saja soal makan buah-buahan yang ternyata jauh lebih sulit dibanding berkomitmen untuk makan sayuran. 

Ketika muncul keinginan untuk makan makanan manis, alih-alih makan coklat atau cake, kamu bisa memilih buah-buahan segar. Nah, mulailah dengan menyetok beraneka buah dan menyimpannya di kulkas yang ada di dapur, ya.

3. Perhatikan tidur yang berkualitas

Perhatikan tidur yang berkualitas

Hampir semua jenis gadget memiliki lampu dengan sinar yang sangat terang, kondisi ini mungkin akan membuat seseorang sulit untuk tidur malam dengan cukup dan berkualitas. Secara ideal, orang dewasa harus mendapatkan waktu tidur malam minimal selama 8 jam agar tidurnya berkualitas.

Langkah paling mudah agar bisa menjalani resolusi ini pastinya dengan mematikan seluruh gadget dan juga TV yang ada di rumah. Minimal dua jam sebelum mulai waktu tidur, agar bisa memberikan waktu untuk otak dan mata untuk beristirahat. Dengan begitu tidur nyenyak bisa diperoleh sehingga waktu istirahat malam pun jadi lebih berkualitas.

4. Coba gerakan plank

Siapa sih yang gak pengen punya otot perut yang ramping dan kuat? Nah, jika kamu mau seperti itu, maka gerakan plank bisa menjadi cara yang sangat tepat. Jika dilakukan dengan konsisten, otot perut yang mengendur bisa lebih kuat dalam waktu relatif singkat. 

Caranya cukup dengan menahan plank sekitar 90-120 detik saja setiap hari. Tapi pastikan untuk melakukannya dengan konsisten, agar hasilnya bisa terlihat.

5. Lebih baik jalan kaki

Jalan kaki

Jalan kaki sebetulnya juga termasuk jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan hampir semua orang. Tapi karena dianggap sepele, olahraga ini cenderung diabaikan. Hal ini bisa jadi ide resolusi sehat untuk dijalankan. 

Simpel dan sederhana, tapi punya efek yang sangat bagus untuk kesehatan. Kamu bisa memulainya dengan mengajak hewan peliharaan jalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggal. Atau berbelanja ke toko dengan berjalan kaki ketimbang naik motor atau mobil jika jaraknya tidak terlalu jauh. 

6. Coba ikuti kelas kebugaran favorit

Ada banyak jenis kelas kebugaran  yang bisa diikuti, dari mulai pilates, zumba, hingga kelas yoga. Mulailah untuk berkomitmen dan mencoba salah satunya setidaknya sekali saja. 

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak sekali pusat kebugaran, gym hingga studio yang membuat kelas online untuk latihan kebugaran. Sehingga siapapun bisa mencobanya dari rumah tanpa perlu kemana-mana.

7. Awali pagi hari dengan berolahraga

Olahraga pagi

Terkadang banyak yang memilih berolahraga saat malam hari dengan alasan sibuk atau bahkan malas bangun pagi. Tapi tahukah kamu, dengan bangun lebih awal di pagi hari sangat bagus untuk tubuh. Ditambah lagi dengan mulai berolahraga ketika matahari terbit, hal ini akan membuat tubuh jadi lebih bersemangat dan berenergi saat memulai aktivitas hariannya.

Tetapkan Target yang Mudah Diraih

Mengawali tahun yang baru, beberapa susunan resolusi hidup sehat bisa digunakan untuk membantu tubuh jadi lebih sehat dan happy. Kamu bisa membuat target resolusi hidup sehat yang ringan atau mudah di raih terlebih dahulu. Tak perlu langsung merubah gaya hidup secara drastis. Kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang secara perlahan. Mulailah dari hal yang kecil, seperti mulai dari minum air putih lebih banyak. Jika sudah terbiasa maka kamu bisa melanjutkan gaya hidup sehat yang lain.

Baca Juga: