Kenali 8 Ciri HP untuk Vlog Terbaik Agar Sesuai Kebutuhan

No comments

Pesatnya kemajuan teknologi membuat beragam vendor memproduksi ribuan tipe dan seri HP di pasaran. Masing-masing merek mengklaim produk elektronik mereka mempunyai fitur terbaik dengan keunggulan yang kompetitif dan unik.

Selain itu, rentang harga HP dan segmentasi pasarnya pun beragam mulai dari yang ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah yang menawarkan smartphone kelas premium. Beraneka macam pilihan produk gadget bisa membuatmu bingung untuk memilih, terutama bagi para content creator pemula.

Ajukan Kredit HP Sekarang! (iOS)

Ciri HP untuk Vlog Terbaik, Spek dan Performa Kamera adalah Kunci

ciri hp untuk vlog terbaik

Ciri HP untuk vlog yang terbaik perlu dikenali olehmu yang bergelut sebagai content creator—baik untuk konten video yang sifatnya hiburan maupun yang lebih formal dan profesional.

Hanya saja, smartphone dengan kamera kualitas terbaik kebanyakan berasal dari kelas flagship atau high-end. Sementara itu, dari kelas lainnya, beberapa brand mulai memperhatikan kualitas kamera ponsel pintar dengan banderol harga yang lebih terjangkau.

Untuk itu, pintar-pintarlah dalam memilih. Dengan memilih ponsel pintar yang performa kameranya bagus, diharapkan kualitas foto dan video yang dihasilkan jadi lebih baik agar sukses bersaing sebagai vlogger.

Supaya tak salah pilih, tinjau dulu informasi selengkapnya terkait ciri HP untuk vlog yang penting untuk dipahami berikut ini:

1. Terdapat Fitur Stabilizer OIS dan EIS

Ciri HP untuk vlog terbaik yang pertama adalah ketersediaan fitur stabilisasi gambar dan video, yaitu fitur OIS dan EIS. OIS dan EIS sama-sama berfungsi untuk membuat foto dan video lebih stabil dan tidak goyang.

Fitur OIS (Optical Image Stabilization) memungkinkan bidikan gambar yang diambil tidak bergoyang, tidak buram, dapat menjadi lebih halus dan stabil. Sedangkan fitur EIS (Electronic Image Stabilizer) berfungsi untuk membuat perekaman video jadi lebih mantap dan stabil meski diambil sambil bergerak.

Kedua fitur ini pada umumnya sudah tersedia pada kamera HP yang berasal dari kelas mid-range atau menengah. Adapun kisaran harganya mulai dari Rp4 jutaan – Rp8 jutaan.

2. Memiliki Perekaman Video 4K dan Frame Rate Tinggi

Ciri HP untuk vlog yang terbaik berikutnya yakni terdapat perekaman video 4K. Fitur ini tentunya wajib diperhatikan demi hasil video yang jelas, jernih dan sesuai standar.

Selain itu, fitur perekaman video 4K memungkinkan gambar video memiliki kerapatan Pixel yang maksimal. Dengan begitu, resolusi video pun lebih berkualitas dan jadi tidak pecah ketika diunggah ke internet.

Perlu diketahui, kamera yang sanggup merekam video dengan frame rate tinggi memang diperlukan. Hal ini agar hasil konten video yang diunggah ke internet dan media sosial berkualitas bagus dan tidak pecah atau patah-patah.

Sebagai informasi, media sosial Instagram misalnya, mempunyai algoritma kompresi yang bisa menurunkan kualitas video. Jadi penting untuk memilih smartphone yang kameranya sanggup merekam video dengan frame rate tinggi.

3. Perhatikan Besaran Resolusi Kamera

Ciri HP untuk vlog bagus yang mesti diutamakan selanjutnya adalah resolusi kamera yang besar. Resolusi kamera yang mumpuni merupakan salah satu syarat untuk mendukung kegiatan kreasi konten video blog atau vlogging berkualitas.

Vloggers dianjurkan untuk memilih HP yang resolusi kameranya setidaknya 48MP pada kamera utamanya. Adapun untuk lensa Wide angle, kamu bisa memilih yang resolusinya 8MP.

Sementara itu, untuk penunjang lainnya, kamu bisa memilih perpaduan lensa Portrait 2MP dan lensa Monochrome 2MP. Dengan kelengkapan yang memadai tersebut, niscaya hasil video pun bisa menjadi lebih baik.

4. Dilengkapi Fitur Ultra-Wide Angle

Ketersediaan fitur Ultra-Wide Angle pada kamera menjadi salah satu ciri HP untuk vlog terbaik. Dengan fitur ini, kamu bisa menangkap momen seru dengan angle atau sudut panjang lebih luas dan merekamnya.

Cakupan gambar foto dan video yang lebih luas akan sangat bermanfaat baik untuk pembuatan konten indoor maupun outdoor seperti panorama alam. Sudut pandang pada video bisa tampak lebih luas dan lebar sehingga semakin menarik.

5. Terdapat Lampu Flash dan Bokeh Effect

Penting untuk diingat bahwa selain resolusi kamera, stabilizer dan lainnya, ketersediaan lampu flash pun tak kalah pentingnya. Lampu flash dapat bermanfaat untuk membidik foto maupun merekam video dalam kondisi yang minim pencahayaan.

Pastikan lampu flash tersedia di kedua kamera depan dan belakang agar kamu bisa mudah membuat konten vlog dari kedua kamera. Selain itu, kamera yang disertai fitur efek bokeh atau Bokeh Effect dapat membuat foto dan video menyamai dan setara dengan hasil para profesional.

Jadi kesimpulannya, ketersediaan lampu flash dan efek bokeh berperan vital sebagai acuan dari ciri HP untuk vlog yang bagus lagi berkualitas.

6. Perhatikan Besaran RAM dan ROM

Tak boleh diabaikan, besaran RAM dan ROM juga perlu dipertimbangkan ke dalam list ciri HP untuk vlog. Pasalnya, kedua komponen RAM dan ROM ini sangat mendukung serta berpengaruh besar terhadap proses pembuatan konten vlog sehari-hari.

Sederhananya, RAM (Random-Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) merupakan tempat penyimpanan baik untuk data, program, foto, video dan aplikasi pada smartphone. RAM yang besar bermanfaat untuk menjalankan pemrograman dalam dapur pacu HP dengan baik.

Setiap konten video blog yang dibuat melalui smartphone akan disimpan di dalam ROM. Demikian juga dengan aplikasi untuk penyuntingan video yang sudah kamu unduh (download) akan disimpan di memori internal alias ROM tersebut.

Untuk mempermudah kegiatan vlogging, disarankan untuk memilih HP dengan kapasitas RAM dan ROM yang memadai. Semakin besar kapasitasnya, akan semakin baik dan anti ribet. Dengan begitu, kamu tak perlu repot memindahkan data video ke flash disk/ komputer/ laptop/ Hard Disk Drive (HDD) eksternal misalnya.

Selain itu, kamu pun akan lebih praktis dalam melakukan proses menyunting dan mengunggah (upload) ke dunia maya dan media sosial, seperti TikTok, Instagram, Facebook, YouTube dan lainnya, karena semuanya dapat dilakukan melalui satu alat dalam genggaman.

Terlebih, data-data video pun tidak keteteran, terorganisir dan mudah dicek keberadaannya karena tersimpan di tempat yang sama. Adapun perpaduan RAM dan ROM yang mumpuni minimal 4GB + 128GB.

Perpaduan tersebut sudah terbilang cukup memadai dan aman untuk vlogger pemula. Kelak, seiring dengan perkembangan dan kemajuan vlog yang dirintis, kamu pun bisa melakukan tools and equipment upgrade secara bertahap dan belakangan.

7. Perhatikan Kapasitas Baterai

Satu faktor yang tak kalah penting dalam pembahasan ciri HP untuk vlog terbaik adalah kapasitas baterai. Baterai adalah nyawa dari smartphone. Kapasitas baterai yang besar akan mempermudahmu dalam merekam dan mengedit video yang membutuhkan berbagai tahapan serta memakan waktu.

Jika kapasitas baterai kurang memadai, maka kecepatan proses vlogging pun bisa tersendat-sendat bahkan jadi terhambat. Sehingga, semakin besar kapasitas baterai ponsel pintarnya, akan semakin baik bagi efisiensi kinerja vlogger.

Pada umumnya, kebanyakan gawai dewasa ini telah menggunakan baterai tanam (non-removable) Lithium Polymer yang kapasitasnya besar namun berbentuk ramping dan tipis.

Selain itu, baterai non-removable biasanya sudah lebih aman dari debu serta tahan guncangan yang diakibatkan oleh bongkar pasang baterai. Sebagai saran, kamu bisa memilih HP dengan kapasitas baterai setidaknya 4000mAh.

8. Ketersediaan Audio Jack

Sayangnya, beberapa HP dari kelas mid-range yang beredar kini sudah tak dilengkapi colokan untuk earphone atau headphone. Hal ini bisa menjadi kendala jika kamu adalah vlogger yang berkreasi di bidang musik.

Pasalnya, dapat dipastikan konten videomu membutuhkan penyuntingan yang cermat dan saksama, yang perlu didengarkan melalui earphone. Oleh sebab itu, teliti sebelum membeli dan cermati rincian spesifikasi HP secara menyeluruh.

Pilihlah ponsel pintar yang menyediakan audio jack jika pembuatan konten video blog yang kamu lakukan tak bisa lepas dari spesifikasi ini.

Pilih HP dengan Kamera Mumpuni yang Harganya Sesuai Kocek

ciri hp untuk vlog terbaik

Itulah rincian pembahasan mengenai ciri HP untuk vlog yang perlu diketahui. Smartphone dengan kamera terbaik memang diperlukan untuk mendukung kegiatan fotografi, vlog dan kreasi konten para penggunanya.

Jadi, dengan mengenali ciri HP untuk vlog tersebut, diharapkan dapat menjadi panduan bagi yang masih awam untuk mendapatkan gadget yang tepat. Sebagai catatan, jangan lupa perhatikan spesifikasi kedua kamera belakang dan depannya, yang mana yang terunggul?

Kemudian sesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan budget yang tersedia. Umumnya, HP kelas high-end dan flagship menawarkan spek kamera terbaik, namun banderol harganya selangit. Untuk itu, pilihlah HP vlog yang memadai di kisaran harga terjangkau sesuai kocek.

Saat ini, HP kelas menengah pun sudah tersedia dengan spek kamera mumpuni yang pas untuk ngevlog. Ada yang bisa merekam resolusi 4K, bahkan perekaman 60 FPS resolusi 1080p. Semoga infonya bermanfaat dan selamat berbelanja smartphone dengan bijak.

Ajukan Kredit HP Sekarang! (Android)

Baca Juga Artikel Lainnya: