Ingin Tampil Menarik? Ketahui Cara Menentukan Personal Style Kamu

No comments

Setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan tentu ingin terlihat dirinya tampil menarik di hadapan orang lain. Selain merawat diri, mengikuti tren fashion juga jadi kunci untuk meningkatkan percaya diri. Bicara soal fashion, kamu perlu loh mengenal dan menentukan personal style yang cocok denganmu.

Pasalnya, mengikuti fashion selebriti dan orang lain tidak selalu membuat penampilan terlihat keren. Hal itu bisa saja karena tidak sesuai dengan personal style. Maka, sebaiknya kamu bisa mengenal dan menentukan personal style sendiri.

Apa itu Personal Style?

Personal Style

Sebelum jauh membahas tentang tips menentukan personal style. Kamu mungkin perlu mengetahui apa itu personal style

Sebagai informasi, personal style adalah gaya untuk mengekspresikan diri dengan menggunakan penampilan dan aksesoris yang digunakan. Dengan begitu, akan tampak citra diri pada setiap orang dari style yang dipilihnya.

Lalu, bagaimana cara menentukan personal style? Yuk, simak tipsnya yang akan dijelaskan pada artikel ini.

5 Cara Menentukan Personal Style yang Cocok dengan Diri

Untuk menampilkan sebuah citra diri, personal style jadi salah satu rahasia penting. Hal tersebut mencakup fashion, seperti pakaian, sepatu, tas, serta aksesori yang digunakan seseorang. Beberapa jenis fashion style, di antaranya elegan, colorful, edgy, dan estetik.

Selain itu, fashion yang dimaksud juga mencakup gaya rambut, gaya hijab, kacamata, dan bentuk perhiasan yang cocok untuk dirimu. Perlu diketahui, masing-masing gaya itu punya kecocokan tersendiri pada setiap orang.

Bahkan jika salah-salah meniru gaya selebriti yang tidak sesuai, tampilanmu justru akan terlihat aneh. Nah, untuk bisa menentukan personal style pada dirimu, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut.

1. Mengenal Bentuk Tubuh

Perlu diingat bahwa setiap orang di dunia memiliki bentuk tubuh yang beragam. Hal inilah yang akan berpengaruh dalam menentukan personal style, terutama urusan berpakaian. Jika dijelaskan lebih detail, beberapa jenis bentuk tubuh, di antaranya adalah bentuk rectangle, pear, hourglass, oval, dan apple

Perbedaan bentuk tersebut yang seringkali membuat tampilan setiap orang akan berbeda meski menggunakan fashion yang sama. Oleh sebab itu, kamu perlu mengenal apa bentuk tubuh yang dimiliki. Dengan begitu, kamu bisa memilih pakaian yang tepat dengan menonjolkan kelebihan dan mengimbangi bagian tubuh yang ingin disembunyikan.

Bagi yang memiliki bentuk tubuh persegi panjang atau rectangle, misalnya. Pakaian yang dibutuhkan adalah yang menonjolkan lekukan tubuh. Kamu bisa memasukan baju ke dalam rok, celana, atau menggunakan tali pinggang. Kemudian, kamu juga bisa menggunakan atasan dengan bentuk leher V, off shoulder, atau halter .

2. Padukan Pakaian dan Aksesori

Cara berikutnya untuk menentukan personal style adalah memadukan pakaian dan aksesori. Hal ini akan membuat kamu makin paham personal style yang menunjukkan citra diri. Selain memadukan atasan dan bawahan, kamu juga bisa menjajal paduan dengan aksesori.

Tambahkan syal saat tengah pergi liburan. Lalu, gunakan perhiasan, seperti cincin, kalung, gelang, dan anting yang cocok dengan tema fashion yang dipilih. Kemudian, tidak ada salahnya pula mengenakan aksesori pemanis, seperti ikat pinggang dan jam tangan.

Manfaatkan berbagai kesempatan untuk bereksperimen memadukan berbagai style sehingga kamu bisa memilih personal style yang cocok untuk dirimu. Kamu bisa mencobanya ketika hendak pergi hangout bersama teman-teman, berkencan, atau saat acara santai di akhir pekan bersama keluarga.

3. Mengetahui Bentuk Wajah

Cara ketiga yang tidak kalah penting untuk menentukan personal style adalah mengetahui bentuk wajahmu. Sebab, personal style bukan hanya tentang pakaian dan semacamnya, tetapi juga gaya rambut. 

Adapun untuk menentukan gaya rambut yang cocok, kamu perlu mengetahui bentuk wajahmu. Beberapa jenis bentuk wajah, yakni oval, square, round, heart, diamond, dan long.

Bagi yang punya bentuk wajah oval, gaya rambut yang cocok adalah bob layer atau medium hair.

Kemudian, aksesori wajah, seperti kacamata juga sangat berpengaruh dengan bentuk wajah. Wajah oval sebenarnya cocok dengan semua bentuk kacamata. Namun, hindari memilih kacamata oversize yang akan menutupi sebagian wajah.

4. Menentukan Role Model Fashion

Setiap orang pasti punya idola. Bisa jadi karena rupawan, kepintaran, karier, serta gaya yang dimilikinya. Biasanya, di era modern ini masyarakat mengidolakan tokoh kenamaan, seperti selebriti, influencer, serta lainnya yang kerap melintang di televisi dan media sosial.

Untuk menentukan personal style, sebenarnya tidak ada salahnya juga kok mencontoh gaya tokoh atau orang ternama, seperti selebriti, model, dan lain sebagainya. Mereka bisa jadi role model dalam menentukan fashion yang berpengaruh pada personal style kamu.

Gaya mereka, mulai dari pakaian, aksesori, tas, sepatu, hingga rambut bisa dicontoh dan dijadikan referensi. Namun, perlu diingat bahwa pastikan orang yang dijadikan role model memiliki bentuk tubuh dan wajah, serta warna kulit yang serupa dengan kamu. 

Sebab, perbedaan bentuk tubuh, wajah, dan warna kulit akan sangat berpengaruh terhadap kecocokan berpakaian.

5. Teruslah Mengeksplor

Menentukan personal style untuk diri sendiri memang bukan perkara gampang. Kamu mungkin akan merasakan bolak-balik gagal dan salah memilih pakaian, salah memilih model rambut, dan lain sebagainya. 

Untuk menemukan kecocokan serta penggambaran citra diri, kamu butuh terus bereksplorasi dalam segi fashion. Seperti yang dijelaskan tentang cara memadu padankan pakaian dan aksesori sebelumnya. Cara ini menjadi waktu yang tepat untuk eksplor personal style yang cocok pada dirimu.

Dengan begitu, perlahan kamu akan paham memilih jenis-jenis pakaian yang berhasil di badanmu. Kemudian, kamu juga akan dengan mudah memilih aksesori yang membuat penampilan semakin unik dan menawan.

Menentukan Personal Style Bisa Dorong Percaya Diri

Menentukan Personal Style

Makin Percaya Diri dengan Personal Style yang Tepat

Tidak semua percobaan dalam menentukan personal style akan berhasil. Namun, keberanian untuk terus mencoba dan bersikap terbuka pada hal-hal baru akan membuatmu makin mudah menemukan gaya yang sesuai. Pasalnya, personal style adalah mengekspresikan diri dengan cara unik dan otentik.

Dengan gaya yang cocok dan personal style yang tepat, kamu mungkin akan tampil lebih percaya diri. Nah, pada saat itulah tampilan akan terlihat lebih menawan di mata orang lain. Kamu juga terlihat menjadi diri sendiri tetapi tetap keren. 

Perlu diingat juga, bahwa kamu tidak bisa merekomendasikan gaya atau personal style kamu kepada orang lain. Sebab, orang lain juga perlu menentukan personal style sendiri yang cocok pada tubuhnya. Maka, sangat penting bagi kita untuk bereksplorasi dalam segi fashion dan menentukan role model fashion.

Bahkan, jika masih kesulitan dalam menentukan personal style, kamu bisa menemui profesional untuk membantumu. Itulah informasi seputar tips menentukan personal style, semoga bermanfaat untukmu, ya! Kamu juga dapat menggunakan Indodana untuk membeli fashion item yang kamu suka!

Promo Belanja Produk Fashion

Baca Juga Artikel Lainnya: