Tips Bisnis untuk Pemula

Tips Menjalani Bisnis untuk Pemula

No comments

Membuka usaha memang bukan perkara yang mudah. Apalagi jika, ini merupakan pertama kalinya kamu membuka usaha. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, agar usaha yang dirintis bisa semakin menguntungkan.

Tidak mendapatkan keuntungan sama sekali, juga merupakan suatu hal yang mungkin saja terjadi. Namun, hal tersebut tidak lantas menjadi alasan bagi pebisnis untuk menyerah. Justru di sinilah para pebisnis harus menguatkan tekad, untuk mengembangkan usahanya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pebisnis pemula untuk merintis usahanya. 

8 Tips Menjalani Bisnis untuk Pemula

Tips Bisnis untuk Pemula

1. Buka Usaha yang Sesuai dengan Minat

‘Do what you love, and love what you do’. Mungkin kata-kata ini lah yang bisa menggambarkan, tips pertama untuk membuka usaha. Mulai lah sebuah usaha yang sesuai dengan minat yang dimiliki.

Misalnya jika sangat gemar sekali dengan kopi. Usaha yang paling cocok untuk kamu adalah membuka Kafe atau warung kopi. Selain itu, para penggemar kopi juga bisa menjadi distributor biji kopi pilihan.

Memulai bisnis untuk pemula yang sesuai dengan minat sangat lah penting. Sehingga sekalipun bisnis tersebut tidak menghasilkan, para pengusaha muda ini selalu memiliki semangat untuk meneruskan bisnisnya.

2. Fokus ke Satu Usaha Utama

Punya modal banyak, bukan berarti usaha yang dijalankan juga akan berjalan dengan lancar, lho. Terutama jika fokus usaha yang dijalankan lebih dari satu. Bukannya menuai untung, usaha yang dijalankan pun tidak ada yang berhasil.

Oleh karena itu, bagi pengusaha pemula ada baiknya memusatkan perhatiannya ke satu usaha terlebih dahulu. Fokus untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Baru lah ketika usaha pertama sudah lancar/ bisa berjalan sendiri. Kamu bisa memikirkan untuk memulai bisnis baru. Namun, ada baiknya jika usaha kedua masih memiliki keterkaitan dengan usaha yang pertama.

Misalnya, jika usaha pertama yang dijalankan adalah Kafe. Maka pada usaha kedua, pemilik usaha bisa menjadi distributor kopi.

3. Mau Belajar dari Orang Lain

Salah satu penyakit yang mendera pebisnis pemula adalah sombong, sering merasa “paling tahu”. Sehingga enggan menerima masukan dari orang lain.

Hal ini justru akan membuat usaha semakin mampet dan tidak mendapatkan keuntungan. Sebagai pemilik usaha baru, ada baiknya jika kamu memperluas wawasan dengan cara berguru kepada para pengusaha yang sudah sukses di luar sana.

Entah itu dengan cara mengikuti seminar wirausaha, atau sekadar ngobrol dengan teman atau kerabat dekat yang juga memiliki usaha.

4. Kuasai Usahamu seperti Mengenal Diri Sendiri

Tidak hanya dituntut untuk menyukai usaha yang sedang dijalankan saat ini. Para pemilik usaha juga seharusnya menjadi orang pertama yang mengerti seluk-beluk usaha yang dijalankan saat ini.

Sehingga, jika ada kesempatan untuk menambah modal dari investor. Kamu bisa mempresentasikan sehingga para investor pun tidak akan segan untuk menanamkan modalnya ke usaha yang sedang dijalankan.

5. Kegagalan adalah Awal Sebuah Kesuksesan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memulai usaha itu memang tidaklah mudah. Terutama pada tahun-tahun pertama, akan ada masa di mana usaha tersebut tidak mendapatkan untung sedikitpun.

Sebagai pemilik usaha, kamu harus terus bersikap optimis. Ini bukan lah sebuah alasan untuk gagal, dan menutup usaha yang baru saja ditekuni. Justru ini merupakan sebuah pelajaran yang harus diambil nilainya.

Bagaimana caranya agar kondisi tersebut tidak terulang lagi? Oleh karena itu, dibutuhkan optimisme yang tinggi jika kamu ingin memulai sebuah usaha.

6. Nikmati Prosesnya Secara Sederhana

Seperti anak, usaha yang baru dirintis ini membutuhkan perhatian yang lebih. Tidak hanya waktu, tetapi kamu juga harus mencurahkan sebagian besar uang yang dimiliki untuk bisnis tersebut. 

Jadi mulai lah hidup secara sederhana, ketika ingin serius membuka usaha. Percayalah tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Jika usaha sudah berjalan lancar, akan ada saatnya di mana pemilik usaha bisa menghambur-hamburkan uang yang dihasilkannya.

7. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Memusatkan perhatian kepada usaha, bukan lah alasan bagi seorang pemilik usaha untuk tidak memperhatikan diri sendiri. Hal ini biasa terjadi pada pebisnis pemula. Seringkali, kamu terlalu fokus ke usaha yang dijalankan hingga akhirnya tidak menjaga diri sendiri.

Hal ini pun kemudian membuat pemilik usaha jatuh sakit. Kejadian seperti ini lah yang seharusnya dihindari oleh pemilik usaha. Alhasil, usaha pun menjadi tidak terbengkalai. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan diri!

8. Sedikit Demi Sedikit akan Menjadi Bukit

Mungkin pepatah di atas bisa menggambarkan bagaimana rasanya menjadi pemilik usaha. Terutama jika ini merupakan usaha pertama yang hendak dirintis. 

Memang tidak mudah merintis usaha baru. Namun, semua proses pasti akan memberikan hasil yang manis. Jika kamu menjalankan usahanya secara telaten dan sabar. 

Satu hal yang pasti, belajarlah dari kegagalan karena setiap pemilik usaha memang seharusnya memiliki pikiran yang optimis dan jangan lupa untuk belajar dari pengusaha lain yang sudah sukses.

Jika ada saatnya investor datang untuk menanam modal di usaha kamu. Pastikan investor tersebut benar-benar yakin untuk memberikan uangnya ke usaha yang dimiliki. Dengan cara kuasai konsep usaha yang dijalankan, selayaknya kamu mengerti diri sendiri.

Sediakan Modal untuk Memulai Bisnis

Setiap bisnis pastinya membutuhkan modal, baik kecil maupun besar. Ada banyak lembaga yang dapat menyediakan pinjaman modal seperti bank, koperasi, atau lembaga keuangan yang telah dijamin OJK seperti Indodana.

Tips bisnis untuk pemula ini akan membantumu untuk belajar dan mempertahankan bisnis. Jadi tetaplah semangat dan terus belajar!

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya: