10 Tips Membeli HP Murah Berkualitas Agar Tak Kecewa dan Merugi

No comments

Banyaknya opsi merek HP di pasaran membuat konsumen kemungkinan besar bingung memilih. Belum lagi, seri atau modelnya sangat beragam sesuai segmentasi dan preferensi calon pembeli yang berbeda-beda.

Ada pengguna yang memakai gadget untuk bermain game, membuat vlog, untuk mengerjakan tugas kuliah dan pekerjaan kantor, hingga kebutuhan lainnya seperti maintaining media sosial hingga surfing di dunia maya.

Tak pelak, tips membeli HP murah pun perlu dimengerti agar smartphone tidak mubazir dan bisa terpakai secara optimal. Berbeda dengan device kelas flagship yang seringnya sesuai ekspektasi, membeli HP murah membutuhkan wawasan lebih agar tidak rugi dan kecewa.

Apalagi jika kamu hendak membelinya secara online dari official store atau marketplace terpercaya lainnya, yang berarti kamu tak bisa mengecek langsung produknya terlebih dahulu.

Teliti sebelum membeli dapat membantumu agar tidak merugi atau kecewa. Oleh sebab itu, yuk simak dulu sejumlah tips membeli HP murah yang berkualitas berikut sebelum memutuskan gadget terbaik untuk dijadikan pilihan. Apa saja yang perlu diperhatikan selain kondisi dan kelengkapannya?

Ajukan Kredit HP Sekarang! (iOS)

1. Ketahui Jenis Chipset HP

Salah satu tips membeli HP murah yang perlu diperhitungkan ialah mengenai chipset alias prosesornya. Chipset atau prosesornya ini merupakan otak yang menjadi tenaga dalam dapur pacu ponsel pintar.

Jadi, cari tahu jenis prosesornya dan pastikan gadget pilihanmu dibanderol dengan harga pantas serta tidak kemahalan (mark-up) ketimbang harga yang berlaku di pasaran. Saat ini, kebanyakan prosesor gahar yang biasa digunakan mencakup Snapdragon, baik dari MediaTek maupun Qualcomm.

Selain itu, terdapat juga chipset lain yang tak kalah cadasnya, seperti Kirin, Exynos maupun Unisoc. Kamu bisa memilih HP dengan Snapdragon seri 7 seperti Snapdragon 720 hingga Snapdragon 712.

Chipset Snapdragon seri 680, 685 dan 695 pun masih bisa diandalkan dengan harga yang bersahabat. Kemudian jika kamu melirik HP dengan chipset dari MediaTek, pilihlah seri yang kinerjanya direkomendasikan, yakni MediaTek Helio G95, G85 atau G90T.

2. Pastikan RAM dan ROM Mumpuni

Selain prosesor, kombinasi RAM dan ROM pun perlu diperhitungkan sebagai tips membeli HP murah penting lainnya. Untuk HP dari kelas low-end biasanya menawarkan RAM 3GB atau 4GB, dengan ROM 64GB hingga 128GB. Adapun untuk range harganya berada di kisaran Rp1 jutaan.

Namun dari middle-range, rata-rata sudah tersedia perpaduan RAM 6GB dan 8GB, dengan ROM 128GB, 256GB, bahkan 512GB. Banderol harganya sekitar Rp2 juta – Rp6 jutaan. Semakin tinggi RAM dan ROM yang ditawarkan, akan semakin tinggi juga harganya.

Bagi pengguna yang produktif, biasanya smartphone dengan RAM 4GB atau 6GB dengan ROM 128GB atau 256GB sudah cukup memadai untuk menunjang berbagai multitasking, browsing, streaming, dan kebutuhan lainnya.

Kemudian mengenai ROM alias kapasitas memori penyimpanan pun tak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan. Pilihlah HP dengan kapasitas ROM yang besar dan luas agar kamu leluasa menyimpan berbagai data dan banyak file media.

3. Ketahui Dukungan Sistem Operasinya

Sebagai pertimbangan lainnya, perhatikan pula dukungan sistem operasinya (OS). Perangkatmu akan lebih awet dipakai dalam waktu lama jika didukung dengan sistem operasi yang terbaru, baik itu iOS Apple ataupun Android.

Agar lebih hemat dan tak perlu boros gonta-ganti HP untuk beberapa tahun ke depan, pilihlah perangkat yang sistem operasinya paling update dan terkini. Dukungan OS terbaru tak hanya membantu perbaikan bug dan celah keamanan, tapi juga pembaruan beragam fitur terkini agar smartphone bisa bekerja dengan maksimal.

Saat ini, OS Android terbaru adalah Android 13 yang sedang beralih ke Android 14. Sementara untuk sistem operasi iOS dan iPadOS ialah 17.3.1.

4. Pilih Ukuran Layar Sesuai Selera

Pemilihan size layar menjadi bahasan tips membeli HP murah yang lainnya. Umumnya, ukuran layar smartphone terbaru dewasa ini berkisar 6 inci ke atas. Sebagian orang memilih layar lebih besar karena kebutuhan menonton film ataupun untuk bermain game.

Meski begitu, faktanya tak semua orang menyukai device berlayar besar karena alasan kepraktisan. Sebagian lainnya lebih suka layar lebih kecil ukuran 5 inci karena HP jadi lebih mudah dibawa serta fleksibel.

Untuk itu, sesuaikan ukuran layar perangkatmu dengan selera dan kebutuhan. Tips membeli HP murah lainnya yang masih berkaitan dengan layar adalah soal resolusi atau kerapatan gambarnya.

Kamu akan ingin memilih resolusi layar yang ideal 1080p dan sudah Full HD+. Dengan begitu, penglihatan pun jadi lebih nyaman karena gambar terlihat jauh lebih jelas.

5. Periksa Performa Kameranya

Untuk tips membeli HP murah selanjutnya, periksalah performa kameranya. Umumnya, beragam merek dan seri di kisaran harga Rp2-3 jutaan sudah menawarkan HP dengan kamera unggul dan mumpuni.

Dengan budget tersebut, kamu sudah bisa membawa pulang HP berkualitas yang kinerja kameranya andal. Ada banyak pilihan yang tersedia di pasaran. Beberapa brand bahkan menawarkan HP 3 jutaan dengan resolusi kamera utama hingga 108 MP serta sanggup merekam video berkualitas hingga 4K.

Selain itu, berbagai fiturnya pun sudah terbilang lengkap dan canggih. Jika kamu suka merekam video atau membuat konten vlog, pilihlah HP yang kameranya dilengkapi fitur OIS dan EIS. Dengan begitu, hasil gambar pun jadi lebih stabil serta tidak blur akibat getaran atau gerakan.

6. Perhatikan Kualitas Materi dan Desainnya

Beralih ke tips membeli HP murah berikutnya, yakni memperhatikan kualitas materi serta desain bodi. Umumnya, smartphone kelas menengah kerap menggunakan materi plastik untuk bodinya.

Sedangkan menyoal desain, tentunya bisa disesuaikan dengan selera dan preferensi masing-masing. Meski begitu, tak ada salahnya mengetahui update tren desain terkini, yakni bezelless alias tanpa bezel.

Selain bezel less, HP dengan desain water drop atau notch yang sebelumnya pernah in juga masih diminati konsumen sampai sekarang. Adapun tren menarik lainnya yang tengah jadi sorotan ialah desain kamera utama yang modul dan ukuran lensanya besar.

7. Perhitungkan Kelengkapan Fitur Menarik Lainnya

Di samping memastikan materinya kuat dengan desain sesuai selera, pastikan juga fitur lainnya mumpuni untuk kebutuhanmu sehingga gawai pun bisa digunakan untuk jangka lama.

Sebagai contoh, beberapa smartphone tidak dilengkapi jack audio untuk penggunaan earphone atau headset. Jika kamu penyuka musik, penyuka game atau ingin streaming mendengarkan audio ASMR, hal ini akan mengecewakan.

Selain itu, beberapa smartphone sudah didukung jaringan internet super cepat 5G dan NFC untuk fitur uang elektronik, sementara yang lainnya belum.

8. Pertimbangkan Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

Kapasitas dan daya tahan baterai juga perlu dipertimbangkan sebagai tips membeli HP murah. Untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi dengan segudang kegiatan di luar ruangan, biasanya akan memerlukan HP kapasitas jumbo 5000mAh.

Selain itu, dukungan fast charging juga akan sangat membantumu menghemat waktu saat pengisian ulang.

9. Ketahui Garansi HP

Ketahui garansi HP karena barang elektronik bisa saja rusak, entah itu akibat proses produksi pabrik ataupun kesalahan dari toko penjual. Dengan mengetahui garansi HP, kamu tak akan merugi.

Kamu akan langsung mendapat penanganan atau ganti rugi ketika terjadi sesuatu pada perangkat selama masa garansi masih berlangsung. Secara umum, terdapat dua jenis garansi smartphone, yakni garansi dari toko dan garansi dari pabrik.

Panjangnya garansi pun beragam, mulai dari 1-2 tahun atau tergantung dari komponen ponsel pintarnya.

10. Sesuaikan Spesifikasi Keseluruhan Berdasarkan Kebutuhan dan Dana

Tips membeli HP murah yang lainnya mencakup penyesuaian spesifikasi berdasarkan kebutuhan. Misal, jika gawaimu hendak digunakan untuk aktivitas berat seperti bermain game, multitasking dan video editing, kamu bisa memilih HP yang seri prosesornya paling baru serta berkecepatan tinggi.

Sedangkan untuk penyuka fotografi, tentunya akan memperhitungkan HP dengan fitur kamera yang lengkap. Diantaranya seperti ketersediaan lensa Ultra-wide, Telephoto, fitur Night Mode dan lainnya agar hasil foto dan video jadi semakin apik.

Selain itu, kamu pun akan ingin terlebih dahulu memperhitungkan ketersediaan dana yang tersedia. Lakukan perbandingan harga dan spesifikasi dari berbagai merek untuk mendapatkan ponsel terbaik tanpa harus menguras dompet.

Pilihlah HP Murah Terbaik yang Harganya Ekonomis

tips membeli hp murah

Itulah sejumlah tips membeli HP murah berkualitas terbaik yang bisa menjadi acuan dan panduan pertimbangan. Rata-rata setiap smartphone menawarkan keunggulan tertentu dengan kelemahan di sejumlah sektor untuk menekan biaya produksi dan harga penjualan.

Kendati demikian, berbagai series dari gadget kelas menengah sudah menawarkan spesifikasi memadai dan serba guna untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Selain itu, rentang harganya pun masih terbilang ramah dan tidak membuat kantong kering.

Pilihlah seri HP yang cocok dan dari merek terpercaya untuk memenuhi kebutuhan harianmu tanpa harus membayar lebih untuk fitur lainnya yang tak perlu. Sebaliknya, berfokuslah pada fungsi yang kamu butuhkan agar HP dapat digunakan lebih efisien tanpa melebihi anggaran keuangan.

Ajukan Kredit HP Sekarang! (Android)

Baca Juga Artikel Lainnya: