Jangan Sampai Lupa Diri! Ini Risiko yang Mengintai Jika Anda Bekerja Berlebihan

Jangan Sampai Lupa Diri! Ini Risiko yang Mengintai Jika Anda Bekerja Terlalu Berlebihan

Posted by

Kerja keras tak kenal lelah atau bahasa gaulnya “kerja keras bagai kuda” kerap dilakukan sebagian besar masyarakat perkotaan demi mendapatkan uang yang berlimpah. Namun, ternyata cara tersebut membawa risiko yang buruk bagi kesehatan dan sangat tidak sebanding dengan uang yang didapatkan.

Pada umumnya setiap orang memiliki naluri untuk mendapatkan banyak uang. Namun, apabila banyak orang yang ingin mewujudkan hal tersebut dengan bekerja sangat keras bahkan sampai lupa diri.

Bekerja dengan keras, sesungguhnya tidak sepenuhnya keliru untuk dilakukan di tempat kerja. Tetapi, Anda juga harus tahu apakah cara yang demikian bisa lebih efektif atau bahkan malah memperburuk keadaan. 

Itulah mengapa, sebelum menggunakan metode kerja keras bagai kuda tersebut, ada baiknya untuk memahami risiko yang bisa saja terjadi berikut ini.

Baca Juga: Jarang Memberikan Self Reward? Lakukan Ini Agar Kantong Tetap Aman dan Hati Bisa Senang

4 Risiko yang Mungkin Terjadi Jika Bekerja Terlalu Keras

4 Risiko yang Mungkin Terjadi Jika Bekerja Terlalu Keras
4 Risiko yang Mungkin Terjadi Jika Bekerja Terlalu Keras

1.  Menimbulkan Berbagai Macam Penyakit Fisik

Metode kerja bagai kuda ini tentu akan menyita waktu yang cukup banyak. Terlebih jika tugas yang dilakukan hanya duduk diam di depan layar komputer berjam-jam lamanya. Banyak penyakit fisik yang akan datang menyerang, mulai dari pegal-pegal, nyeri pinggang, hingga mata lelah. 

Tak hanya bisa membuat mobilitas semakin berkurang, penyakit fisik tersebut juga dapat membuat produktivitas dalam bekerja menurun drastis. Bahkan, risiko yang terburuk jika hal tersebut dilakukan terus menerus adalah penyakit yang lebih serius. 

Tentu tak ingin mengalami hal tersebut, kan? Karenanya jangan lupa beristirahat dan juga jalan-jalan sebentar untuk menghilangkan rasa jenuh serta capek di badan.

2.  Memicu Munculnya Penyakit Mental

Tak hanya berdampak buruk terhadap fisik, kerja keras bagai kuda nyatanya juga dapat membuat mental dan keadaan psikis seseorang sangat berisiko terserang penyakit yang jauh lebih sulit penanganannya.

Kalau yang terluka fisiknya maka bisa segera dicari obat dan cara penyembuhannya. Namun, mental atau psikisnya yang sakit, tentu akan lebih lama dan sulit untuk disembuhkan. Karena biasanya penyakit ini sangat sulit didiagnosa, bahkan penderitanya pun sering tidak menyadarinya.

Maka dari itu, pencegahan dini diperlukan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Misalnya saja dengan mengurangi beban kerja yang melelahkan dan mengambil cuti untuk pergi liburan atau sekadar mengistirahatkan pikiran. Jika merasa kondisi semakin memburuk, segera jadwalkan konsultasi dengan psikiater untuk membantu memberikan solusi yang lebih konkret.

3.   Daya Imunitas Menurun

Risiko selanjutnya adalah menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini sangat erat kaitannya dengan pola makan dan juga gaya hidup yang kurang terkontrol.

Biasanya, seseorang yang bekerja terlalu keras, sering tidak memperhatikan asupan nutrisi yang harus didapatkan oleh tubuh. Selain itu, Anda juga tidak akan memiliki waktu luang untuk olahraga hingga hal-hal tersebut bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih rentan.

Agar stamina tidak gampang menurun, konsumsilah multivitamin tiap hari atau juga bisa dengan memesan catering sehat setiap hari agar kebutuhan tubuh Anda selalu terpenuhi.

Meski mungkin biayanya lebih besar dari biasanya, tetapi upaya ini mampu mengurangi risiko terserang penyakit yang juga berpengaruh pada kondisi keuangan. Karena pada dasarnya mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

4.  Sering Mengeluarkan Biaya untuk Berobat

Tentunya jika daya imun seseorang menurun atau terserang penyakit, akan ada biaya-biaya pengobatan yang diperlukan. Karenanya, jangan tunggu sakit baru mau memulai hidup sehat, mulailah dari sekarang!

Jika memiliki uang berlebih, tentu hal tersebut tak akan membuat khawatir. Tetapi, yang menjadi masalah adalah ketika ada banyak kasus yang menimpa sebagian pekerja keras tersebut dan uang yang dihasilkan tak cukup untuk menutupi biaya berobatnya.

Baca Juga: Miliki Soft Skill Berikut, Dijamin Karir Anda Semakin Cemerlang!

Kerja Cerdas Bukan Kerja Keras

Demikian tadi risiko buruk yang mengintai kesehatan dan juga keuangan ketika bekerja seperti kuda. Kerja keras sebenarnya boleh saja asalkan seimbang dengan pola hidup yang cerdas. Maka dari itu, mulai dari sekarang sadari dan kenalilah risikonya agar hal buruk tak sampai terjadi. Tetap bijak dalam bekerja, jangan sampai lupa diri hanya karena uang semata.