9 Ragam Mainan Edukatif Terbaik untuk Anak Usia 2 Tahun

No comments

Tahukah kamu, anak tengah mengalami perkembangan cukup pesat saat berusia dua tahun. Pada usia tersebut, seorang anak akan mulai merasa penasaran dengan segala hal yang ada di sekitarnya. Jadi jangan heran, jika mereka mulai mencoba meniru apa saja yang dilakukan oleh orang di sekelilingnya. 

Inilah alasan mengapa para orangtua wajib memberikan semacam stimulasi terbaik bagi tumbuh kembang Si Kecil. Nah, salah satu tindakan yang bisa dilakukan secara mudah adalah memberi beberapa mainan edukatif sesuai usianya. Dengan demikian, anak bisa bermain sambil belajar. 

Ragam Mainan Edukatif untuk Membantu Stimulasi Anak

Seiring berkembangnya zaman, mulai muncul berbagai jenis mainan edukatif untuk anak yang bisa dipilih oleh para orangtua. Akan tetapi, pastikan mainan yang diberikan memang benar-benar sesuai usia serta manfaatnya untuk anak. Nah, berikut ini ada beberapa mainan edukatif untuk anak berusia dua tahun yang patut dijadikan pilihan terbaik. 

1. Alat musik

Alat Musik

Siapa sangka, mainan alat musik juga bisa dijadikan pilihan untuk anak berusia dua tahun. Bukan hanya belajar membedakan bunyi nada, mainan semacam ini juga bisa melatih daya ingat, konsentrasi, hingga motorik anak.  

Di samping itu pula, mainan alat musik semacam ini juga bisa membantu orangtua melatih kemampuan anak dalam berbicara. Caranya dengan menyanyikan sejumlah lagu anak agar bisa ditirukan secara sederhana. 

2. Balok geometri

Sesuai dengan namanya, mainan satu ini berbentuk geometri yang bisa dijadikan pilihan tepat untuk mengenalkan sang buah hati kepada berbagai bentuk di sekitarnya. Mulai dari lingkaran, persegi, segitiga, dan lain sebagainya. Ketika anak belajar memasukkan sejumlah balok sesuai bentuk papan, secara tidak langsung kemampuan motorik halus anak pun terasa. 

3. Cleaning set

Mainan edukatif yang tak kalah menyenangkan bagi anak adalah mainan berbentuk cleaning set. Melalui mainan semacam ini, kamu bisa mengajarkan anak tentang kebersihan. Bahkan, kamu juga bisa mencontohkan langsung seperti apa kegiatan bersih-bersih yang baik dan benar. Dengan begitu, anak bisa segera meniru menggunakan mainan yang telah disiapkan. 

4. Masak-masakan

Selain beberapa mainan edukatif di atas, permainan peran juga bisa diberikan pada anak berusia dua tahun. Coba pilih saja mainan masak-masakan seperti blender, aneka peralatan dapur, dan lain sebagainya. 

Ketahuilah, permainan semacam ini bisa membantu melatih motorik kasar maupun halus sang anak. Bukan itu saja, mainan masak-masakan juga bisa melatih koordinasi mata dan tangan serta imajinasi anak. 

5. Alat olahraga

Seperti halnya alat musik, beberapa jenis alat olahraga khusus anak juga bisa dijadikan pilihan mainan edukatif terbaik, seperti misalnya bola. Tentu anak-anak akan merasa senang dan antusias saat mencoba memainkannya. 

Apalagi, bermain dengan bola juga bisa melatih koordinasi otak, motorik, otot, dan juga fisik anak.  Sementara itu, manfaat lain yang bisa diperoleh dengan bermain bola di luar ruangan adalah anak bisa bersosialisasi sekaligus mengenal lingkungannya. 

6. Pasir kinetik

Pasir Kinetik

Mainan pasir berwarna-warni ini memang tengah digandrungi. Betapa tidak, pasir kinetik memiliki keunggulan dibandingkan pasir biasa. Salah satunya adalah tak mudah menempel pada kulit dan juga lebih gampang dibentuk. Itulah sebabnya, mengapa pasir kinetik juga dikatakan mampu membantu mengasah kreativitas dan motorik halus anak. 

7. Puzzle angka dan huruf

Berikutnya adalah puzzle angka dan huruf. Dengan bantuan mainan satu ini, anak-anak bisa belajar mengenal angka dan tentu saja huruf secara cepat. Bukan itu saja, mainan puzzle ini juga bisa membantu melatih kemampuan konsentrasi dan berpikir anak. Sebab, anak-anak dituntut untuk mencocokkan setiap kepingan puzzle yang ada. 

8. Plastisin

Tak bisa dipungkiri, jenis mainan edukatif untuk anak berusia dua tahun yang mudah dibentuk sesuai imajinasi anak bisa membuat mereka lebih bersemangat saat memainkannya. Nah, salah satu jenis mainan yang paling cocok adalah plastisin (lilin mainan). Umumnya, mainan satu ini dijual dalam beraneka warna menarik. 

Bukan hanya soal imajinasi, plastisin juga bisa membantu mengembangkan otot tangan anak yang pastinya berguna di masa depan nanti. Lagipula, bermain plastisin juga bisa membantu membuat anak jadi lebih fokus dan tenang. 

Menariknya lagi, kreasi mainan edukatif ini tak terbatas sehingga membuat anak semakin terpacu imajinasinya dan inovatif dalam berpikir. Apalagi jika plastisin dimainkan bersama anak seusia mereka lainnya yang pastinya bisa turut mengembangkan keterampilan sosial sang buah hati. 

9. Stacking toys

Seperti yang diketahui, stacking toys merupakan salah satu jenis mainan edukatif untuk anak berusia dua tahun dengan menyusun setiap bagiannya. Mulai dari yang paling besar hingga paling kecil ataupun sebaliknya. 

Biasanya, mainan semacam ini dibuat dalam bentuk donat berbagai ukuran dan warna. Inilah yang membuat stacking toys dianggap mampu membantu anak dalam mempelajari warna, ukuran, dan problem solving

Mainan Edukatif Optimalkan Perkembangan Anak Sejak Dini 

Bisa dikatakan, bahwa usia dua tahun merupakan usia emas dari seorang anak. Pada usia tersebut, anak mengalami perubahan sekaligus perkembangan yang teramat pesat. Baik itu suka menanyakan berbagai hal di sekitarnya sampai mengerjakan hal paling sederhana sekalipun. 

Demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak, setiap orangtua wajib memberikan stimulasi terbaik. Salah satunya adalah memberi beberapa jenis mainan edukatif. Melalui mainan semacam ini, bisa dipastikan perkembangan anak semakin terasah sehingga mereka bisa bermain dan belajar tentang lingkungan sekelilingnya. 

Kini, semakin banyak permainan edukatif yang di jual di pasaran. Sebagai orangtua, kamu tetap harus mencari mainan terbaik seperti yang telah dijelaskan di atas. Kamu bisa menemukannya dengan mudah melalui merchant-merchant indodana.

Baca Juga: