pertanyaan seputar indodana paylater

Apakah Indodana PayLater Aman? Ini Jawabannya

No comments

PayLater adalah salah satu metode pembayaran digital, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembelian barang atau jasa (baik secara online atau offline) saat ini dan membayarnya belakangan. Metode pembayaran ini juga sering kali dikenal dengan sebutan cicilan tanpa kartu kredit online

Kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan oleh metode pembayaran “Beli Sekarang Bayar Nanti” tersebut tentu banyak menarik minat masyarakat. Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang masih merasa ragu dan bertanya-tanya akan keamanan dari metode pembayaran PayLater.

Oleh karena itu, agar kamu tidak merasa khawatir lagi, Indodana akan membuka fakta dan memberikan jawaban terkait pertanyaan-pertanyaan umum yang masih sering kamu ajukan perihal Indodana PayLater.

1. Apa Saja Informasi yang Dibutuhkan oleh Indodana PayLater?

Beberapa informasi yang dibutuhkan untuk pengajuan Indodana PayLater adalah:

Informasi PribadiInformasi KontakInformasi Keuangan
Tanggal lahirKartu identitas (seperti, KTP)NamaAlamatNomor handphoneEmailKontak daruratInformasi pekerjaanInformasi pendapatan

Saat melakukan proses pendaftaran, kamu juga mungkin akan dimintai validasi pendapatan yang bisa dilakukan dengan menghubungkan akun bank online/ NPWP dan akun DJP Online/ BPJS Ketenagakerjaan. 

2. Bagaimana Indodana Mengamankan Informasi Nasabah?

Indodana adalah fintech peer-to-peer lending yang sudah mendapatkan izin OJK sejak Mei 2020. Oleh sebab itu, berdasarkan regulasi resmi OJK, Indodana hanya dapat mengakses Camera, Microphone, and Location atau biasa disingkat dengan Camilan. 

Selain itu, Indodana juga memiliki berbagai fitur keamanan terbaik untuk menJAGA keamanan informasi nasabah, seperti:

  • Notifikasi.
  • PIN, Face ID, Fingerprint.
  • Kode OTP.
  • Selfie Match.

Selengkapnya bisa kamu baca di artikel berikut, Cegah Penipuan Siber, Indodana Siapkan Berbagai Fitur untuk JAGA Keamanan

3. Mengapa Indodana Meminta dan Mengumpulkan Informasi Nasabah?

  • Untuk melakukan verifikasi identitas.
  • Untuk melakukan pemeriksaan skor kredit.
  • Untuk melakukan komunikasi pemasaran (seperti mengirimkan informasi terkait promosi).
  • Untuk memberikanmu informasi perihal pembayaran (seperti pengingat).

4. Apakah Layanan Indodana PayLater Aman Digunakan untuk Transaksi Offline?

Ya, menggunakan Indodana PayLater sebagai metode pembayaran transaksi offline kamu di berbagai merchant rekanan Indodana sangatlah aman. Karena kamu hanya perlu menekan tombol scan pada halaman utama aplikasi Indodana dan pindai QR Code yang telah disediakan.

5. Bagaimana Jika Nasabah Indodana Menjadi Sasaran Penipu?

Perlu diketahui, bahwa segala aktivitas pendaftaran hingga pembayaran Indodana PayLater hanya dapat dilakukan di aplikasi Indodana. Jika kamu, menerima telepon atau email mencurigakan yang melakukan modus seperti ini:

  • Meminta kode OTP atau PIN.
  • Meminta informasi pribadi.

Maka, jangan langsung percaya dan segera telepon Customer Service Indodana di (021) 4059 5888 atau email di cs@indodana.com.

Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk gunakan Indodana PayLater! Selamat berbelanja!

Baca Juga Artikel Lainnya: