Jangan Panik, Begini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di  HP

No comments

Keberadaan ponsel pintar telah membuat orang jadi makin mudah mengabadikan berbagai momen dalam hidup. Apalagi, HP hampir tidak pernah lepas dari genggaman sehingga bisa digunakan untuk  menangkap berbagai peristiwa penting kapan saja dan di mana saja.

Foto yang diambil juga kini bisa makin banyak. Sebab, ponsel-ponsel keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang besar. Tanpa menambahkan microSD pun, ribuan file foto sudah bisa disimpan dalam gawai.

Tapi terkadang, karena satu dan lain hal, jempol sering secara tidak sengaja menekan tombol delete sehingga membuat foto terhapus. Maka, kepanikan sering melanda.

Sebenarnya, hal ini tidak perlu dicemaskan secara berlebihan. Pasalnya, kemajuan teknologi telah membuat pengembalian foto yang tidak sengaja terhapus bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, cara ini tidak lagi membuat kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk ke tukang servis.

Nah, jika kamu salah satu yang saat ini sedang panik karena tidak sengaja menghapus foto penting, coba tarik napas dan tenangkan diri sejenak. Berikut beberapa cara memulihkan foto yang terhapus dari ponsel Android dan Apple.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

hp android

Bagi kamu yang menggunakan ponsel Android, ada beberapa cara memulihkan foto. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi bawaan yang biasanya sudah terinstal di gawai atau menginstal aplikasi baru  yang dapat diunduh lewat Google Play Store. Berikut beberapa aplikasi untuk memulihkan foto terhapus yang bisa dicoba.

1. Google Photo

Bagi yang menggunakan ponsel berbasis sistem operasi Android, Google Photo biasanya jadi aplikasi bawaan yang sudah ada pada ponsel. Bukan hanya untuk melihat foto, aplikasi satu ini juga bisa diandalkan untuk memulihkan gambar yang terhapus. 

Bukan tanpa alasan aplikasi ini disebut ampuh mengembalikan foto terhapus. Pasalnya, aplikasi ini akan secara otomatis akan menyimpan video maupun foto yang tidak sengaja terhapus dalam trash. Durasi penyimpanan ini berlangsung selama 90 hari.

Meski begitu, ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menggunakan fitur ini. Fitur backup dan sinkronisasi pada Google Photo perlu diaktifkan lebih dulu agar bisa memulihkan gambar yang terhapus. Jika syarat tersebut sudah dilakukan, berikut langkah-langkah untuk memunculkan kembali file foto yang sudah terhapus lewat Google Photo.

  1. Buka aplikasi Photo atau Google Photo di ponsel Android.
  2. Ketuk pada simbol titik tiga yang ada di pojok kiri atas.
  3. Pilih opsi Sampah/Trash (simbol tempat sampah).
  4. Pilihlah foto yang mau dikembalikan dengan cara menekan dan menahan gambar selama beberapa detik sampai muncul tanda centang.
  5. Pilih opsi Pulihkan/Recovery (simbol panah melingkar) di sisi atas untuk memulihkan foto.
  6. Biarkan sampai prosesnya selesai dan kamu akan mendapati foto yang hilang kembali ke penyimpanan HP.

2. Restore Image

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk memulihkan foto yang hilang adalah Restore Image. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan mudah digunakan. Versi gratis akan disuguhi dengan iklan, jika tidak suka, ada juga versi premium yang bisa diaktifkan.

Selain ukuran aplikasinya juga hanya 3MB, cara penggunaannya pun sangat mudah. Setelah aplikasi terunduh dari Google Play Store, kamu hanya perlu menentukan di mana letak folder yang berisi foto yang hilang. 

Tunggu sampai proses scan selesai, kemudian pilih foto mana yang ingin dipulihkan dan ketuk restore image. Foto yang hilang akan kembali ke dalam ponsel.

3. DigDeep Image Recovery

Aplikasi ini juga bisa memulihkan foto yang tidak sengaja terhapus dengan mudah. Tidak hanya untuk penyimpanan internal, DigDeep juga bisa mengembalikan foto terhapus di penyimpanan eksternal.

Untuk bisa menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, kamu perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan lakukan scanning atau pemindaian pada ponsel. Tunggulah beberapa saat sampai aplikasi mendeteksi foto yang tidak sengaja terhapus.

Setelah itu, pilih video atau foto mana saja yang ingin dikembalikan. Dalam sekejap foto-foto yang tadi sempat terhapus akan kembali lagi ke dalam penyimpanan internal.

4. DiskDigger Photo Recovery

Selanjutnya, ada aplikasi DiskDigger Photo Recovery. Cara menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Setelah itu buka dan pindai folder tempat file yang tidak sengaja terhapus berada. Setelah proses pemindaian usai, file yang hilang akan muncul kembali. Selanjutnya, kamu tinggal tandai mana foto yang mau dipulihkan ke ruang penyimpanan. Kemudian, ketuk tombol “Recover” untuk mengembalikannya ke galeri.

Sayangnya, untuk bisa mendapatkan akses penuh dari aplikasi ini ponsel perlu dilakukan rooting terlebih dahulu dan menggunakan aplikasi versi Pro. Jika tidak, kamu hanya bisa mengembalikan gambar di cache thumbnail yang kualitas video maupun fotonya tentu lebih rendah.

5. Dumpster

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP berikutnya adalah Dumpster. Sesuai namanya, aplikasi ini bertindak seperti cloud storage yang berfungsi untuk mengamankan foto dan video yang ada di gawai. Untuk dapat menggunakannya, kamu cukup mengunduh dan menginstalnya di Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih jenis file yang ingin disimpan. Jika sudah, kamu bisa menghapus file yang sudah disimpan.

Namun, yang harus digarisbawahi adalah semua file baru akan tersimpan jika aplikasi sudah dipasang. Jadi, jika kamu menghapus foto sebelum memasang Dumspter, jangan berharap bisa dipulihkan dengan aplikasi ini.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

hp iphone

Meski sama-sama smartphone, tetapi cara memulihkan foto yang hilang di iPhone berbeda dengan Android. Di iPhone, kamu dapat mencoba beberapa cara, mulai dari mengandalkan aplikasi bawaan di ponsel sampai menggunakan aplikasi yang bisa diuntuh di App Store.

1. Lewat iCloud

Cara pertama untuk memulihkan foto yang hilang adalah lewat iCloud. Namun, untuk bisa mengembalikan foto, iCloud Photos harus lebih dulu diaktifkan. Setelah itu, secara otomatis iPhone akan selalu mencadangkan foto baru yang ada di gawai. 

Kamu perlu masuk ke iCloud menggunakan satu ID Apple di semua perangkat supaya video dan foto selalu dicadangkan.

2. Periksa Folder “Baru Dihapus”

Cara mengembalikan foto terhapus di HP selanjutnya adalah dengan mencarinya di folder “Baru Dihapus”. Folder ini akan secara otomatos mencadangkan foto-foto maupun video yang telah dihapus selama 30 hari. Jadi, jika kamu secara tidak sengaja menghapus foto bisa langsung menemukannya di folder ini.

Cara menggunakannya mudah. Kamu hanya perlu membuka foto lalu album dan cari folder “Baru Dihapus” pada Utilitas. Pilihlah foto atau video yang ingin dikembalikan kemudian pilih Pulihkan. Lakukan konfirmasi dan foto akan kembali ke galeri.

3. Lewat iTunes

Cara berikutnya yang bisa digunakan adalah lewat iTunes. Cara ini bisa digunakan jika iPhone rutin disambungkan ke aplikasi iTunes di PC sehingga secara otomatis data dalam ponsel akan dicadangkan. Untuk menggunakannya pun mudah, kamu hanya perlu menyambungkan komputer dengan iPhone, lalu buka iTunes. Pilihlah menu Restore Backup di menu Backups dan ikuti semua langkah sampai usai.

4. Dengan Menggunakan Aplikasi

Sama seperti Android, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memulihkan foto yang terhapus. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang paling bagus di App Store.

  1. iBackup Extractor: Aplikasi ini berfungsi mengembalikan foto yang ada di cadangan iPhone. Untuk memulihkan foto, kamu hanya perlu menemukannya di daftar cadangan iPhone. Setelah ditemukan, pilih Copy Photo untuk mengembalikannya ke dalam galeri. Mode demo dari aplikasi ini dapat memulihkan 20 item secara gratis.
  2. EaseUS MobiSaver: Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengembalikan berbagai file termasuk video dan foto tanpa cadangan. Setelah aplikasi ter-instal, buka dan ikuti semua langkah sampai selesai.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus: Rutin Lakukan Pencadangan

Itu tadi beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yang bisa dicoba. Cara-cara di atas dapat dilakukan tanpa memerlukan biaya tambahan alias gratis. 

Untuk menghindari kehilangan file secara permanen, sebaiknya kamu secara rutin melakukan pencadangan terhadap foto maupun video di dalam ponsel. Pencadangan ini bisa dilakukan dengan cara manual memindahkan ke komputer atau dengan menggunakan penyimpanan data online, seperti Cloud.

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca juga Artikel Lainnya: