CEO Dunia: 7 Hal Ini Penting Dilakukan di Usia 20-an Agar Masa Depan Cerah

No comments

Menginjak usia 20-an, tentunya sudah bukan lagi menjadi anak remaja. Kamu harus mulai menata hidup dengan baik untuk masa depan. Akan tetapi jaman sekarang jelas berbeda, dimana kebanyakan anak muda lebih banyak bermain, nongkrong, menghamburkan uang dan sebagainya.

Memang tidak dilarang menikmati hidup selagi masa muda, akan tetapi kamu tetap harus menjalani hidup dengan bijak. Selain itu, di usia 20-an juga cenderung seseorang akan belajar berbagai macam hal, baik tentang kehidupan maupun pekerjaan.

Agar masa depan cerah, tata kehidupanmu mulai dari sekarang. Ada beberapa hal yang penting dilakukan saat usia menginjak 20-an menurut CEO dunia. Simak ulasannya berikut!

1. Aaron Smith, CEO dari KX Group: Jadi Seseorang yang Egois

Jadi seorang yang egois untuk hal mengembangkan diri

Aaron Smith, CEO dari KX Group berpendapat ketika usia seseorang berada di angka 20-an, ia harus menjadi lebih egois. Egois disini maknanya melakukan segala sesuatu untuk mengembangkan diri sendiri. Lakukanlah segala hal untuk bisa mencapai apa yang diimpikan sebelum ada tanggung jawab yang harus di-handle

Smith menyebutkan jika usia tersebut merupakan masa yang cukup krusial. Bersikap egois mampu mendorong diri untuk berjuang mendapatkan segala hal yang diinginkan dalam hidup. Tidak perlu merasa ragu mengorbankan apapun untuk bisa mencapai tujuan.

Selagi usia masih muda serta belum memiliki keluarga, jangan ragu untuk mengejar mimpi dan mempertaruhkan segalanya.

2. CEO dari Inspiring Rare Birds, Jo Burston: Temukan Passion dan Jadilah yang Terbaik Disana

Temukan passion dan jadi yang tebaik

CEO dari Inspiring Rare Birds, Jo Burston mengatakan jika saat usia memasuki angka 20-an, seseorang harus segera mencari dan menemukan apa yang menjadi passion-nya. Selanjutnya, jadilah seseorang yang paling mumpuni di bidang yang dipilih. 

Seorang pakar di sebuah bidang pastinya pernah berada di posisi sebagai seorang amateur ketika awal memulainya. Oleh karenanya, jangan pernah merasa takut untuk selalu belajar dan memperjuangkan apa yang memang jadi passion kamu.

Ketika muncul tantangan, jangan buru-buru menyerah dan berkecil hati tapi cobalah untuk memberikan 100% usaha kamu yang terbaik. 

3. Kevin Lynch, CMO Open Colleges: Jangan Keliru Memilih Teman 

Jangan keliru memilih teman

Kevin Lynch, CMO Open Colleges mengatakan jika di usia ini, kamu tak boleh salah pilih teman. Tepat dalam berteman akan membantu kamu belajar dan juga meraih sukses bersama. Setiap orang pasti memiliki kesempatan untuk meraih sukses.

Akan tetapi, kesuksesan seseorang umumnya cenderung dipengaruhi orang-orang yang ada di dekatnya, baik teman dan juga keluarga.

Miliki pertemanan dengan siapa saja, namun pilih teman yang memang memberikan dampak positif. Pasalnya, baik disadari atau tidak, lingkungan saat ini juga berpengaruh besar bagi diri kamu. Temukan lingkungan yang akan membantu kamu berkembang, sehingga bisa belajar lebih banyak hal lagi. 

4. John Winning, seorang CEO dari The Winning Group: Carilah Banyak Pengalaman

Carilah banyak pengalaman

John Winning, seorang CEO dari The Winning Group mengatakan, di usia 20-an adalah masa untuk mencari pengalaman yang sebanyak-banyaknya. Selain itu, juga jangan ragu untuk mengubah haluan karier jika memang tidak bisa berkembang di sana.

Meski sudah punya pekerjaan dengan penghasilan tetap setiap bulan, jangan ragu untuk melakukan pekerjaan sampingan lainnya. Jangan pula membatasi diri untuk ikut kegiatan volunteer maupun magang.

Jika memang perlu, mantapkan hati berpindah karier ketika pekerjaan yang dijalani sekarang tidak ada sesuatu yang dapat dipertahankan. Jangan takut berganti bidang pekerjaan, sebab selain ilmunya yang pasti berguna, mungkin saja kamu akan menemukan sesuatu yang memang benar-benar disukai. 

5. Bill Gates, CEO Microsoft: Mulailah Berbisnis Sendiri

online shop
Mulailah berbisnis sendiri

Meskipun kecil, tapi mulailah untuk menjalankan bisnis milikmu sendiri. Jangan takut untuk mencoba, karena jika tak berani mencoba, bisa saja Bill Gates tak pernah bisa jadi orang sukses seperti saat ini.

Kisah sukses seorang Bill Gates pasti sudah sangat populer dan dikenal luas di seluruh dunia. Keluar dari universitas bergengsi hanya untuk memulai bisnisnya sendiri ketika usianya masuk di angka 20-annya, kini Bill Gates menjadi orang paling kaya saat ini.

Microsoft pun mungkin juga tidak akan sebesar saat ini jika Bill Gates ragu melepaskan Harvard lalu bergabung bersama Paul Allen mengembangkan bisnis. Tetapi, bukan berarti kamu juga harus putus kuliah, lho. 

Intinya, meski sesuatu yang sederhana, kamu perlu mencoba berbisnis, seperti dropship atau online shop. Cobalah terus, jika gagal, bangkit dan coba lagi, kalau gagal lagi, ya coba lagi. Begitu agaknya para miliarder melalui proses belajar di usia 20-an. 

6. Arianna Huffington, CEO Huffington Post: Lakukan Travelling dan Dapatkan Pengalaman Baru

Lakukan travelling dan dapatkan pengalaman baru

Arianna Huffington, CEO Huffington Post, mengatakan di usia 20-an merupakan masa yang tepat untuk melakukan travelling agar bisa menemukan pengalaman baru. Di usianya yang menginjak angka 20-an, Arianna bahkan selalu melakukan traveling ke berbagai negara di dunia untuk melihat festival musik kesukaannya.

Dengan kegiatan ini, kamu punya kesempatan lebih untuk bertemu dengan orang baru, tahu akan hal-hal baru seperti budaya yang baru, dan pastinya mendapatkan pengalaman baru. Sesuatu yang salah jika menganggap traveling hanya sebatas have fun semata. 

Ketika melakukan travelling, seseorang dituntut untuk bisa beradaptasi pada lingkungan baru dan mungkin saja cukup asing. Selain itu, setelah traveling, pikiran pun juga jadi semakin fresh dan lebih kreatif ketika bekerja.

7. Taichi Hoshino, CEO dari Monetise: Atur Budget dengan Ketat dan Berinvestasi

Atur budget dengan ketat dan investasi

Taichi Hoshino, CEO dari Monetise ini telah terbiasa dengan kondisi kehidupan yang begitu strict terutama soal keuangan. Personal budget membuat seseorang berlatih untuk menata kehidupan finansial di masa mendatang.

Hoshino juga berpendapat jika di usia muda, seseorang harus punya budget ketat soal keuangan demi financial freedom di masa mendatang. Bersikaplah kejam dengan diri sendiri, sebab masa usia di angka 20-an memang menjadi masa dimana seseorang harus memperjuangkan mimpinya. 

Di masa inilah juga menjadi masa-masa yang tepat untuk menyiapkan masa depan dengan lebih baik. Sebab, semakin cepat seseorang mulai mempersiapkannya maka menghadapi masa mendatang jadi lebih siap. 

Namun, hanya dengan menabung jumlah uang mungkin saja akan tergerus inflasi yang ada. Karenanya, kamu perlu mengalokasikannya untuk investasi sejak berusia muda. Meski yang dihasilkan tidak seberapa, tetapi jika dikumpulkan dan dikelola sedemikian rupa maka hasilnya akan terasa di masa mendatang.

Belajar dari Hidup Orang Sukses

Buat kamu yang saat ini masih berada di usia 20-an, cobalah untuk belajar dari jalan hidup orang-orang yang sudah sukses. Pelajari apa yang mereka lakukan dan sebisa mungkin terapkan dalam kehidupan. Meski mungkin tak semudah yang dipikirkan, tapi ini akan membantu kamu untuk mengembangkan diri. 

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.