daftar handphone xiaomi terbaru 2021

Handphone Xiaomi Terbaru 2021 (di Bawah Rp4 Juta)

No comments

Xiaomi menjadi salah satu merek ponsel yang banyak diburu masyarakat yang memiliki kantong tipis tetapi menginginkan gawai dengan kemampuan mumpuni. Ponsel yang diluncurkan vendor asal Tiongkok ini pun selalu laris manis di pasaran.

Semenjak pertama hadir di Indonesia beberapa tahun lalu, harga dan kemampuan yang ditawarkan gawai Xiaomi memang cukup membuat para pesaingnya kalang kabut. Di harga yang sama, entah bagaimana Xiaomi sering hadir mengungguli gawai yang lain.

Daftar HP Xiaomi terbaru dan harganya pun selalu dinantikan oleh para pemburu smartphone. Sama seperti vendor lain, Xiaomi juga mengeluarkan berbagai rangkaian series untuk memenuhi keinginan para pelanggan setianya.

Ada empat sub brand yang digunakan Xiaomi, yakni Redmi, Mi, Pocophone, dan Black Shark. Redmi dikeluarkan untuk kelas entry dan mid, Mi hadir sebagai seri unggulan, Pocophone menjadi seri flagship berharga miring, dan Black Shark untuk para pecinta game. 

Terus apa saja ya seri murah terbaru yang dihadirkan Xiaomi di awal tahun ini? Agar tidak penasaran, simak yuk daftar handphone Xiaomi terbaru 2021 di bawah Rp4 juta berikut ini.

Berikut Daftar Handphone Xiaomi Terbaru 2021

1. POCO M3 (21 Januari 2021)

Di awal tahun 2021, Xiaomi sudah memanjakan para pelanggan setianya lewat POCO M3. Dirilis pada 21 Januari, seri ini dihadirkan dengan harga mulai dari Rp1,7 jutaan. Meski harganya murah, spesifikasi yang dibawakan jauh lebih unggul.

Ada dua varian yang bisa dipilih calon pengguna untuk seri ini. Harga paling murah dibanderol Rp1,7 jutaan dengan varian RAM 4GB dan ROM 64GB. Sedangkan yang menginginkan RAM 6GB dan ROM 128GB, pengguna harus merogoh kocek Rp2 jutaan.

Soal jeroan, kedua varian ini mengusung chipset yang sama, yakni Qualcomm Snapdragon 662 Octa-core. Sayangnya, meski sudah hadir di 2021, seri ini belum menggunakan Android 11 dan masih mengandalkan antarmuka MIUI 12 berbasis Android 10.

Untuk mendukung jeroan yang sudah apik, Xiaomi pun membenamkan baterai bongsor berkapasitas 6.000 mAh. Selain membuat daya tahan gawai lebih lama, baterai besar ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengisi daya cepat 18W.

Soal kamera pun Xiaomi tidak pelit. Di bagian belakang ada tiga buah kamera dengan konfigurasi kamera utama 48MP, lensa depth 2MP dan lensa makro 2MP. Sedangkan untuk memuaskan hasrat swafoto, ada kamera 8MP yang dapat diandalkan.

Kombinasi ini dilengkapi dengan layar beresolusi Full HD +. Meski masih menggunakan panel IPS LCD, tentu sajian gambar di layar 6,53 inci yang dibawakan sudah memuaskan. Apalagi juga ada lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Kelebihan:

  • Chipset yang cukup tangguh.
  • Kapasitas baterai yang besar dan sudah dilengkapi dengan fitur fast charging.

Kekurangan:

  • Tidak ada lensa ultrawide.

2. POCO X3 NFC (22 Oktober 2020)

POCO X3 NFC menjadi salah satu seri yang cukup merusak pasaran. Spesifikasi yang dibenamkan memiliki rasa serupa flagship tetapi dengan harga yang sangat terjangkau. Jeroannya sudah mengusung prosesor Snapdragon 732G Octa-Core.

Untuk mendukung performanya semakin ngebut, Xiaomi memberikan pilihan RAM 6GB dengan ROM 64GB dan RAM 8GB dengan ROM 128GB. Harga POCO X3 NFC sendiri berada di kisaran Rp3 jutaan.

Sayangnya, meski terbilang gawai baru, tetapi sistem operasi yang digunakan pada seri ini masih menggunakan Android 10 dengan antarmuka MIUI 12. Meski begitu performanya masih tetap mengungguli banyak pesaingnya.

Tidak hanya dari segi performa saja yang mumpuni, di harga Rp3 jutaan yang ditawarkan Xiaomi sudah membekali gawai dengan resolusi full HD+. Diagonal layarnya pun sudah 6,67 inci sehingga mampu menyajikan gambar yang memuaskan. Hanya sayang panel IPS masih digunakan.

Untuk sektor kamera, POCO X3 NFC sudah memanjakan penggemar swafoto dengan kamera selfie 20MP. Sedangkan sebagai senjata utama untuk fotografi ada empat kamera belakang yang dibenamkan.

Sebagai kamera utama, Xiaomi mengandalkan lensa 64MP yang dilengkapi dengan kamera ultra wide 13MP, kamera makro 2MP dan depth sensor 2MP. Sedangkan baterainya sudah 5.160 mAh dan sudah dilengkapi fitur fast charging 33 Watt.

Kelebihan:

  • Kapasitas baterai besar dan sudah fast charging.
  • Performa yang baik.
  • Fitur NFC.

Kekurangan:

  • Hasil kamera di malam hari kurang maksimal.
  • Desain body yang terlihat “bulky”.

3. Redmi 9C (15 September 2020)

Jika dua ponsel terbaru sebelumnya memiliki rasa flagship, Redmi 9C lebih ditujukan untuk pengguna entry level. Redmi 9C tidak hadir sendirian, tetapi bersama saudaranya Redmi 9A dan Redmi 9. 

Seri ini pun bisa dibilang memiliki kualitas di antara kedua ponsel Redmi tersebut. Dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp1 jutaan saja.

RAM yang besar di kelas entry level ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G35 Octa-core yang sudah memberikan performa mumpuni. Sayangnya, sistem operasi yang dibawakan masih Android 10 dengan antarmuka MIUI 12.

Meski hadir sebagai ponsel Rp1 jutaan, sudah ada fitur fingerprint yang dibekalkan. Baterai yang diusung pun sudah 5.000 mAh dengan pengisi daya bawaan 10 Watt. 

Redmi 9C pun sudah dibekali dengan tiga buah kamera belakang yang membuatnya tidak seperti ponsel Rp1 jutaan. Ketiga kamera ini memiliki konfigurasi kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan depth sensor 2MP.

Sementara kamera depan dibekali dengan lensa 5MP. Layar yang diusung memiliki resolusi HD+ dengan diagonal 6,53 inci.

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint.
  • Pilihan warna yang beraneka ragam.

Kekurangan:

  • Layar belum Full HD+.
  • Tidak dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass.

4. Redmi 9A (13 Agustus 2020)

Keluarga Redmi 9 menjadi salah satu gawai murah terbaru yang dikeluarkan untuk para pemilik dompet tipis. Redmi 9A pun menjadi versi yang paling murah dari ketiganya. Sayangnya, jeroan yang dibekalkan masih MediaTek Helio G25 Octa-core.

Karena hadir sebagai varian paling murah, Xiaomi pun hanya menawarkan harga Rp1,3 jutaan untuk RAM 2GB dengan ROM 32GB dan Rp1,4 jutaan untuk RAM 3GB dengan ROM 32GB. Jeroan ini dikombinasikan dengan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 12.

Tapi sesuai harganya, tentu gawai ini hanya bisa mengusung layar seluas 6,53 inci dengan resolusi HD+. Untuk baterai, Xiaomi memang tidak pernah pelit. Di harga yang ditawarkan pun sudah ada baterai 5.000 mAh.

Selain itu, pengguna juga hanya akan disuguhi dengan dua kamera saja di gawai ini. Sebagai kamera utama ada lensa 5MP yang sudah dilengkapi dengan AI beautify 5.0. Sementara kamera selfie menggunakan lensa 13MP.

Kelebihan:

  • Daya tahan baterai lebih lama.
  • Hasil kamera yang semakin baik.

Kekurangan:

  • Kapasitas ROM dan RAMnya cukup kecil.
  • Tidak ada fingerprint.

5. Redmi 9 (14 Juli 2020)

Dibanding dua saudaranya, Redmi 9 memang memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Meski sama-sama masih di angka Rp1 jutaan, tetapi seri ini memiliki harga hampir menyentuh Rp2 juta. 

Sektor fotografi sudah mengusung empat buah kamera belakang yang siap diandalkan. Sebagai kamera utama, ada lensa 13MP yang ditemani kamera ultra wide 8MP, lensa makro 5MP, dan depth sensor 2MP. Untuk memuaskan kebutuhan swafoto juga ada kamera 8MP yang dipasang pada bagian depan. 

Soal performa, seri ini sudah mengandalkan MediaTek Helio G80 yang siap mendukung berbagai aktivitas. Hanya sayangnya, di seri ini secara bawaan menggunakan antarmuka MIUI 11 berbasis Android 10.

Selain jeroan yang lebih mumpuni, baterai yang dibawakan pada seri ini juga lebih besar, yakni 5020 mAh. Pengisi dayanya sudah menggunakan USB Type-C dan dilengkapi dengan fitur fast charging 18 watt. Kapasitas daya sebesar ini tentu sudah cukup untuk menunjang berbagai aktivitas harian.

Pengguna juga sudah akan disuguhi layar full HD+ seluas 6,53 inci yang akan menyajikan gambar menawan dan memuaskan. Selain itu, sudah ada pelindung layar Corning Gorilla Glass 3 yang akan melindungi layar lebih baik.

Kelebihan:

  • Baterai yang besar.
  • Layar sudah Full HD+.

Kekurangan:

  • Harga lebih mahal.
  • Tidak ada fitur mode malam pada kamera.

Jadi Handphone Xiaomi Terbaru 2021 Mana yang Pas di Hati Anda?

Setiap ponsel tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun, semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Jika sudah menetapkan hati, Anda pun bisa langsung mulai menabung untuk membelinya atau jika ingin mendapatkannya segera, Anda bisa mencoba layanan kredit HP tanpa kartu kredit. Selamat memilih!

Baca Juga Artikel Lainnya: