usaha

Hasilnya Menjanjikan! 10 Usaha Rumahan Modal Kecil Ini Bisa Beromzet Besar

No comments

Dengan tekad dan keseriusan, siapapun bisa sukses dengan usaha rumahan. Tak sedikit pelaku bisnis yang dulunya mengawali usaha rumahan dengan modal kecil kini bisa sukses dengan omzet yang di luar apa yang dibayangkan. Bahkan dari usaha rumahan yang dijalankan bisa meraup keuntungan hingga ratusan juta!

Inspirasi Usaha Rumahan Modal Kecil

Meski dengan modal kecil usaha rumahan tetap bisa memberikan hasil yang maksimal melalui strategi pemasaran yang baik melalui media sosial atau dari promosi mulut ke mulut.

Buat kamu yang ingin menjalankan bisnis dari rumah tapi ragu karena modal yang pas-pasan, simak inspirasi usaha rumahan modal kecil berikut ini.

1. Buka Toko Kelontong

Membuka toko kelontong yang menjual berbagai produk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, dapat menjadi pilihan usaha rumahan dengan modal kecil. Apalagi, di masa seperti saat ini, kebutuhan rumah tangga menjadi kebutuhan utama yang harus segera dipenuhi.

2. Bisnis Kuliner

Berbisnis kuliner memang tak ada matinya, pasalnya banyak orang yang membutuhkannya. Terlebih, Indonesia memiliki beragam jenis kuliner dari Sabang sampai Merauke yang bakal bikin lidah gak pernah bosan!

Dari mulai minuman, makanan kecil, kue basah, kue kering, sambal, dan masih banyak lagi. Kamu hanya perlu skill yang mumpuni dalam hal masak memasak dan inovasi rasa agar produk kuliner yang dikenalkan disukai banyak orang.   

3. Online Shop

Online Shop

Usaha rumahan selanjutnya yang banyak digemari adalah online shop. Bisnis yang menggunakan media sosial hingga e-commerce sebagai wadah atau sarana untuk berjualan ini memang menjanjikan keuntungan yang menarik.

Selain tidak membutuhkan modal yang besar, bisnis ini juga dapat dikerjakan dari mana saja. Cukup dengan laptop atau smartphone dan juga akses internet yang memadai, kamu sudah bisa menjalankan bisnis online shop dengan lancar.

Tinggal menentukan produk seperti apa yang ingin diperjualbelikan, misalnya saja baju, dres, hijab, masker kain, aksesoris, jaket dan sebagainya. Lalu cari produsen yang membuka kesempatan reseller atau dropshiper. Semua bisa disesuaikan dengan apa yang kamu suka.

4. Membuka Les Privat

Punya keahlian atau skill yang mumpuni dalam pelajaran sekolah, atau keahlian yang lain? Maka kamu bisa menawarkan skill tersebut dengan membuka les atau kursus privat. 

Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah tanpa banyak modal, apalagi di masa pandemi yang mengharuskan semua anak usia sekolah untuk belajar di rumah. Bisnis ini bisa cukup berpeluang tinggi untuk dikembangkan.

5. Buka Jasa Menjahit

Menjahit

Untuk menjalankan bisnis ini, modal yang diperlukan hanya keterampilan menjahit mesin jahit serta sedikit ruang di rumah untuk menjahit. Kamu bisa mulai membuka jasa permak, jahit maupun pemasangan aksesori pakaian. 

Jika keterampilan menjahit sudah mulai meningkat, bisa dicoba untuk membuka jasa pembuatan baju atau setelan sesuai permintaan pelanggan. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan tanpa perlu keluar rumah.

6. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing ini dikenal juga sebagai bisnis afiliasi. Ada banyak produk yang bisa dijual dengan sistem afiliasi, baik produk digital maupun produk fisik. Seperti ebook, layanan jasa dan lain sebagainya.

Produk-produk tersebut bisa dikenalkan melalui media sosial maupun blog tanpa perlu membelinya lebih dulu. Karena, kamu hanya mengenalkan atau mempromosikan produk tersebut. 

Ketika terjadi penjualan karena rekomendasi yang kamu berikan, barulah nanti ada komisi yang bisa didapat. Jadi semakin tinggi tingkat penjualan yang terjadi, maka penghasilannya pun juga meningkat.

7. Desain Grafis

Punya kemampuan desain dan mengolah gambar menjadi grafis yang menarik bisa juga menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Kamu bisa menjual desain grafis yang dibuat langsung di situs-situs marketplace desain. Atau menjadi freelancer dan mengerjakan project desain dari klien. 

Tinggal butuh skill desain yang mumpuni dan laptop pendukung agar bisa menghasilkan desain yang kece. Kamu bisa mendapatkan penghasilan hanya dari duduk di rumah. Ini bisa jadi usaha rumahan yang menjanjikan jika ditekuni dengan serius.

8. Jual beli properti online

Bisnis properti juga cukup menarik. Profesi sebagai seorang broker atau marketing properti selain cuma butuh modal yang tidak besar tapi juga cukup menguntungkan.

Ditambah lagi bisnis ini juga bisa dikerjakan dari rumah, di tengah kesibukan yang lainnya. Pasalnya, kini kamu bisa mempromosikan properti secara online. Jadi bisa jadi usaha sampingan dengan keuntungan menjanjikan.

9. Kue Kering

Kue Kering

Bagi kamu yang suka membuat kue, tak ada salahnya mencoba jualan kue kering mulai dari kue nastar, kastengel, putri salju, dan masih banyak lainnya. Selain banyak varian, kue kering ini sangat cocok dijadikan camilan di situasi kapan pun. 

Apalagi, sebentar lagi bulan ramadhan, biasanya kue kering banyak diincar untuk hidangan di hari lebaran. Pastinya kue kering buatan kamu akan disukai banyak orang. Kamu sudah bisa memasarkan atau mempromosikan kue kering di media sosial sejak sekarang. Siapkan tester dari masing-masing kue kering untuk calon pelanggan kamu.

10. Frozen Food

Memasuki bulan ramadhan, kamu juga bisa mempersiapkan jualan frozen food sebab kebanyakan orang ingin memasak dengan menu buka puasa atau sahur yang praktis. Dengan frozen food, bahan masakan bisa disimpan di freezer dalam waktu yang lama. Jadi, tidak perlu repot-repot ke pasar setiap hari untuk belanja bahan masakan. Tak perlu khawatir, frozen food ini akan menjadi andalan bagi setiap ibu rumah tangga kapan pun. Jadi, frozen food akan laris manis di sepanjang waktu.

Kamu bisa menjual frozen food seperti risol atau pastel isi sayuran, daging, dimsum, siomay, daging sapi atau ayam, udang atau cumi beku, hingga berbagai jenis sayuran potong. Untuk risol, pastel atau jenis camilan gorengan lainnya mungkin kamu bisa membuatnya sendiri. Sementara jenis frozen food yang lain kamu bisa memulai dengan mencari produsen frozen food terpercaya dan pastinya sudah memiliki BPOM. Dengan begitu, frozen food sangat aman dikonsumsi. 

Pilih Jualan Sesuai Kesukaan

Dalam berjualan, kamu juga perlu memilih jenis jualan yang disuka. Jika kamu suka fashion maka pilihlah jualan baju, hijab atau lainnya. Contoh lain, jika kamu suka memasak atau membuat kue, kamu bisa berjualan frozen food atau kue kering. Selain itu, kamu juga perlu menjalankan usaha rumahan ini dengan tekun, disiplin dan profesional juga bisa mendapatkan penghasilan yang melebihi ekspektasi.  

Apalagi, jika punya skill yang mumpuni di bidangnya. Usaha rumahan bisa jadi bisnis yang bakal berkembang melebihi usaha lainnya. Apalagi banyak bisnis besar yang juga dimulai dari usaha rumahan, jadi jangan berkecil hati dan terus semangat melangkah!

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.