bisnis gorengan

Begini Rahasia Sukses Berbisnis Gorengan, Bisa Untung Besar!

No comments

Gorengan adalah salah satu camilan favorit banyak orang. Sejak dulu, berbagai variannya selalu berhasil menggugah selera masyarakat Indonesia. Mulai dari pisang goreng, bakwan, tahu isi, tempe goreng tepung, risoles, cireng, molen, ubi dan singkong goreng, dan lainnya selalu sedap untuk dinikmati setiap saat.

Makanan yang satu ini tak hanya disukai oleh berbagai usia, baik tua maupun muda. Rata-rata seluruh lapisan masyarakat pun menyukai kuliner renyah nan lezat ini. Tak hanya cocok untuk menemani sarapan dan santap siang, gorengan juga kerap dihidangkan di sore hari dan makan malam.

Ide berbisnis kuliner gorengan pun menjadi salah satu opsi menarik untuk menambah pemasukan keuangan. Tak hanya berpotensi mendatangkan banyak keuntungan, bentuk usaha ini juga terbilang mudah untuk diwujudkan.

1. Bisa Dimulai dengan Modal Minimalis

Untuk kamu yang tertarik memulai bisnis dengan modal kecil, bisnis gorengan modern/pinggir jalan bisa dijadikan pilihan. Tak perlu modal besar untuk memulai usaha ini, karena kamu dapat memulainya dengan dana dan logistik yang seadanya.

Mengingat semua lapisan dan kalangan masyarakat menyukai kuliner gorengan, maka besar kemungkinan bisnis ini dapat berjalan dengan sangat baik dan tak pernah sepi pengunjung. Bahkan, gorengan akan tetap menjadi favorit walaupun harganya sedang naik.

Kamu hanya perlu modal awal sekitar Rp1 – 7 juta untuk persiapan dan ketersediaan kompor, gas Elpiji, peralatan menggoreng, gerobak, hingga bahan olahan untuk gorengannya sendiri. 

Jika modal berada di kisaran menengah hingga cukup besar, kamu bisa merekrut seorang karyawan untuk membantu operasional sehari-hari. Namun dengan modal minim pun, kamu sudah dapat memanfaatkan teras rumah dan tenaga kerja mandiri untuk memulai usaha ini.

2. Keuntungan Besar, Dapat Cepat Berkembang

Adapun keuntungan yang dihasilkan bisa meraup omzet hingga beberapa kali lipat, jika semua ludes terjual. Dengan begitu, bisnis komoditas ini pun berpotensi untuk lebih cepat berkembang sekaligus bertahan lama. Pasalnya, semua lapisan masyarakat selalu membutuhkan makanan matang berupa camilan yang satu ini setiap hari.

Tak jarang, banyak pengusaha gorengan yang kemudian mengembangkan gerai cabangnya di beragam tempat. Berkat strategi keuangan dan pembukuan yang tepat, keuntungan yang dihasilkan pun dapat lebih cepat berkembang menjadi gerai baru.

3. Proses Pembuatan Praktis dan Mudah

Bisnis gorengan juga bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Kamu tak perlu harus menjadi koki andal dulu untuk membuat beragam varian gorengan nan lezat. Selain itu, kamu juga bisa berkreasi sendiri dengan resep dan racikan bumbu yang disukai, sesuai selera.

Umumnya, gorengan yang lezat dengan rasa yang khas akan mengesankan citarasa tersendiri bagi pembeli. Sehingga tak perlu khawatir dagangan tak laku lantaran banyak pesaing. 

Semakin lezat, sehat dan unik cara penyajian gorengan, maka akan semakin mudah pula bagi pembeli untuk terkesan. Jika pembeli akhirnya menjadi pelanggan setia, maka kamu akan terus meraih keuntungan yang lebih konsisten untuk ke depannya.

4. Tak Perlu Tempat Mewah dan Megah

Tak seperti jika hendak membuka café atau restoran, membuka gerai gorengan tentu jauh lebih mudah dan praktis. Kamu tak perlu tempat yang super mewah untuk memulainya. Dengan lapak yang sederhana namun bersih, kamu masih dapat membuatnya jadi semenarik mungkin untuk memulai usaha.

Yang perlu diperhatikan ialah lokasi penjualan, kebersihan dan higienisnya, hingga kualitas dari rasa kuliner yang ditawarkan itu sendiri. Perhatikan kesegaran berbagai bahan yang digunakan karena hal itu dapat mempengaruhi rasa.

Gorengan yang sehat dan lezat tak perlu tampil wah. Cukup perhatikan citarasa dan higienitasnya sehingga dapat dikonsumsi setiap saat. Semakin andal dan terpercaya kamu sebagai produsen dan pengusaha, maka semakin besar kemungkinan untuk pembeli mempercayai, datang kembali dan membeli lagi.

5. Bentuk Usaha yang Langgeng dan Tahan Lama

Mengingat kuliner gorengan adalah komoditas dan bagian dari kebutuhan pangan sehari-hari, maka kelangsungannya pun dapat bertahan lama dan langgeng. Apalagi jika dalam praktiknya, kamu mampu berinovasi mulai dari resep penyajian, brand, hingga kemasan yang dikembangkan untuk skala lebih besar.

Sebagai gambaran, gorengan dalam ukuran mini bisa disajikan dengan tambahan topping berbagai macam saus. Kamu pun dapat memadukan gorengan aci dengan beragam varian isi, mulai dari bakso goreng, sosis, keju, daging giling dan lainnya. 

Selain itu, kamu juga dapat menyiapkan kemasan menarik (terbuat dari dus misalnya) yang berani bersaing di pasaran. Bisa juga dengan memanfaatkan nama brand yang menarik dan unik untuk diingat. Jika dirintis dengan serius, bukan tak mungkin bisnis gorengan kekinian kamu dapat maju pesat dan membuka gerai di mall besar. 

6. Punya Pangsa Pasar yang Luas

Luasnya kesempatan usaha gorengan ini memungkinkan pelaku bisnis untuk melakukan eksplorasi dari pelbagai sisi. Semakin banyak pembeli yang tertarik dan menjadi langganan, besar kemungkinan bisnis tersebut akan langgeng dibuatnya.

Bukan tak mungkin jika dari usaha kecil, kamu dapat mengembangkan bisnis gorengan dengan target pembeli yang berbeda-beda. Seperti untuk ibu rumah tangga, pelajar, hingga karyawan juga mahasiswa. Salah satu caranya yaitu dengan mengkreasikan berbagai macam varian dan penyajian gorengannya.

Kiat Agar Sukses Berbisnis Gorengan Kekinian

Sebagaimana dalam berbagai bentuk kewirausahaan, diperlukan ketekunan, kerja keras, disiplin dan kepemimpinan yang terarah. Demikian juga dengan usaha gorengan yang merakyat. 

Meski begitu, kamu dapat mempraktikkannya dengan cara yang mutakhir dan modern. Salah satunya yakni dengan memaksimalkan kecanggihan teknologi yang tersedia. Jika memungkinkan, kamu dapat mendaftarkan usaha gorengan yang dimiliki dan bekerja sama dengan layanan antar makanan.

Dengan demikian, maka salah satu bisnis kuliner ini dapat dijangkau dengan lebih mudah oleh para calon pembeli. Mereka pun akan dimudahkan untuk mendapatkan camilan pesanannya dengan cara yang lebih praktis, moden dan sesuai perkembangan zaman.

Pengaturan siasat bisnis dan pembukuan yang baik tentu menjadi modal lainnya agar usaha kamu bisa sukses. Apabila bisnis gorengan yang dikelola telah semakin maju, kamu pun bisa mengatur untuk menggunakan sistem dagang waralaba.

Selain telaten, sistem pengelolaan yang tepat dapat membuat bisnis kamu untung besar dan semakin maju. Demikianlah gambaran analisa seputar peluang usaha kuliner gorengan. Selamat mencoba dan semoga bisnis kamu berjalan sukses selalu!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.