self love

Kumpulan Quotes Mencintai Diri Sendiri, Bye-bye Insecure!

No comments

Kehidupan terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi yang begitu pesat. Salah satu kemajuan teknologi yang memberi pengaruh besar terhadap kehidupan manusia adalah media sosial.

Media sosial, tidak hanya digunakan sebagai sarana bertukar informasi tetapi juga digunakan untuk tempat menunjukkan jati diri. Tidak dapat dipungkiri, konten-konten yang terdapat di media sosial tersebut justru sering membuat kamu, aku, dan kita semua sering merasa tidak bersyukur. Kehidupan sosial “virtual” itu pula yang secara tidak langsung membuat kita sulit untuk mencintai diri sendiri. Padahal sejatinya, ada banyak sekali hal yang dapat dicintai dan disyukuri dari kehidupan ini.

Oleh karena itu, agar kita bisa belajar mencintai diri sendiri, ketahui dahulu apa arti self love sebenarnya.

Apa Itu Self Love?

Self love adalah bentuk mencintai diri sendiri yang tidak hanya sebatas memberikan hadiah kepada diri sendiri. Tetapi lebih kepada mencintai diri dan terpenuhinya aspek-aspek diri berikut ini:

  • Sadar akan diri sendiri.
  • Menghargai dan peduli terhadap diri sendiri.
  • Percaya diri.

Jika, salah satu dari aspek tersebut tidak terpenuhi, maka kamu belum dapat dikatakan mencintai diri sendiri seutuhnya. Jadi, biar semakin meningkatkan aspek-aspek tersebut, cobalah simak quotes about self love berikut ini.

Quotes Mencintai Diri Sendiri

1. Tidak Perlu Pamer

“The better you feel about yourself, the less you feel the need to show off” – Robert Hand

“Semakin baik perasaanmu tentang diri sendiri, semakin berkurang perasaanmu untuk pamer” – Robert Hand

Selalu merasa kurang adalah salah satu contoh perasaan tidak mencintai diri sendiri. Perasaan “kurang” tersebut akan ditunjukan dengan cara pamer. Kamu secara tidak langsung akan menunjukkan apa saja yang sudah dimiliki untuk mendapatkan pengakuan. Kamu akan selalu melihat kehidupan orang lain dan menjadikannya tolak ukur kebahagiaan diri. Padahal itu semua adalah perilaku yang salah. Cintailah dan syukurilah apapun yang dimiliki dalam hidup, di saat itu pula kamu akan merasakan perasaan yang lebih baik dan kebahagiaan yang sesungguhnya.

2. Cintai Diri Sendiri dan Hidup akan Mencintaimu Kembali

“As you love yourself, life loves you back“ – Kamal Ravikant

“Saat kamu mencintai diri sendiri, hidup juga akan mencintai kamu” – Kamal Ravikant

Mencintai diri seutuhnya bukanlah perkara yang mudah. Ada berbagai pengalaman dan pembelajaran yang perlu diresapi untuk sampai di titik tersebut. Namun, ketika nanti saatnya tiba dan kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, maka hidup pun akan mencintai kamu kembali secara luar biasa.

3. Berbicara dengan Cinta

“Talk to yourself like you would to someone you love” – Brene Brown

“Berbicaralah kepada diri sendiri seperti kamu berbicara dengan seseorang yang dicintai” – Brene Brown

Satu hal yang pasti kita semua pernah dan sering lakukan adalah berbicara negatif kepada diri sendiri. Seperti, “tidak mungkin aku bisa begini”, “aku tidak pintar”, “aku tidak mampu”, dan kata-kata negatif lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa contoh di atas adalah salah satu bentuk ketidakcintaan kita terhadap diri sendiri? Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, cobalah untuk berbicara baik kepada diri sendiri sama seperti kamu berbicara kepada orang-orang yang dicintai. Percayalah kata-kata baik memiliki pengaruh besar terhadap kehidupanmu selanjutnya. Selamat mencoba!

4. Tidak Ada yang Sempurna

“Want to be happy? Stop trying to be perfect”  – Brene Brown

“Ingin bahagia? Berhentilah mencoba menjadi sempurna” – Brene Brown

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitupun mereka, orang-orang yang sering membuat kamu tidak mencintai diri sendiri. Begitupun juga kamu. Tidak akan ada satu orang pun yang bisa menjadi sempurna kecuali Tuhan. Oleh karena itu, berhentilah mencoba atau melakukan hal-hal yang hanya membuat kamu ingin terlihat sempurna. Tapi ubahlah pola pikir dan selalu lakukan yang terbaik, niscaya hidup pun akan semakin terasa bahagia.

5. Self-love is not Selfish

“Self-love is not selfish; you cannot truly love another until you know how to love yourself” – Anonymous

“Mencintai diri sendiri tidaklah egois; kamu tidak dapat benar-benar mencintai orang lain sampai Anda tahu bagaimana mencintai diri sendiri” – Anonim

Kata siapa mencintai diri sendiri sama dengan egois? Tidak! Self-love bukanlah hal yang salah. Tapi melalui self-love setiap orang dapat belajar mencintai dirinya dengan baik. Jika sudah mencintai dirinya secara penuh, maka kamu baru bisa mencintai orang lain secara penuh. Begitu sebaliknya, jika belum bisa mencintai diri sendiri, maka kamu akan selalu mencari “kekurangan” tersebut di dalam diri orang lain dan akan berujung pada sikap saling menuntut. Oleh sebab itu, cobalah mencintai diri sendiri dari sekarang. Meski tidak mudah, namun self-love memiliki peran yang cukup besar bagi kehidupan setiap orang.

Baca Juga Artikel Lainnya: