Lagi Populer, Simak Kecanggihan Hingga Kelemahan Robot Vacuum Cleaner!

No comments

Kemajuan teknologi telah membuat berbagai peralatan elektronik mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak hanya laptop dan smartphone, peralatan rumah tangga pun turut berkembang semakin canggih.

Salah satu yang akhir-akhir ini sedang populer adalah robot vacuum cleaner. Sesuai dengan namanya, vacuum cleaner jenis ini memang bisa bergerak sendiri tanpa harus kita repot berjalan ke sana kemari.

Tetapi kamu jangan membayangkan ini seperti robot pembersih yang berbentuk manusia dan membawa sapu seperti di film-film. Sebab meskipun namanya robot, tetapi peralatan pembersih ini umumnya didesain berbentuk lingkaran atau persegi dengan ukuran yang tidak sampai setengah meter.

Selain bisa bergerak secara mandiri, robot vacuum cleaner juga dilengkapi teknologi yang canggih. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi alat elektronik ini memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membersihkan seluruh ruangan.

Pengoperasiannya terbilang mudah dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu, ada berbagai sensor yang dapat mendeteksi kotoran, jalur yang dibersihkan, sampai rintangan yang mungkin menghadang.

Bagi kamu yang tidak suka ada orang lain yang masuk ke kamar, alat ini juga cocok untuk digunakan. Apalagi jika kamu termasuk orang sibuk yang tidak punya banyak waktu luang. Cukup mengatur jadwal dan robot vacuum cleaner akan bekerja.

Tetapi sebenarnya, bagaimana sih cara kerja dari robot vacuum cleaner ini? Biar tidak penasaran dan lebih memahami, simak dulu yuk ulasan lengkap tentang apa itu robot vacuum cleaner dan bagaimana alat ini bekerja.

Kecanggihan dan Kelemahan Vacuum Cleaner

1. Gunakan teknologi canggih

Gunakan teknologi canggih

Ada begitu banyak jenis dan merk robot vacuum cleaner yang hadir di pasaran. Harga yang ditawarkan oleh berbagai robot vacuum cleaner ini juga beragam, biasanya tergantung dari merk dan fitur yang diusung. 

Meski begitu, semua perangkat elektronik ini memiliki kesamaan, yakni memanfaatkan kecanggihan teknologi. Sebagai sebuah perangkat yang bekerja secara otomatis, robot vacuum cleaner ini dituntut harus bisa melakukan navigasi serta menyedot kotoran yang berceceran di lantai.

Secara umum untuk navigasinya digunakan sensor infrared (IR). Teknologi ini akan membuat robot dapat memindai objek yang ada di sekitarnya. Sensor ini kemudian akan memetakannya ke memori dan menjadikannya sebagai acuan untuk bergerak dan membersihkan secara efisien.

Apalagi jika robot vacuum cleaner sudah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Pada beberapa tipe, sudah ada kecerdasan buatan (AI) yang turut dipasang. Ada juga kamera maupun teknologi pembelajaran yang canggih.

Tidak hanya itu saja, robot ini juga memiliki tenaga dan kemampuan untuk bergerak sendiri. Sementara untuk membersihkan, perangkat elektronik ini memiliki dua macam sikat, spinner dan roller. Keduanya akan bekerja sama untuk membersihkan  lantai dari debu dan kotoran dan menghisapnya masuk ke tempat penyimpanan sampah sementara.

Selain sikat, pada bagian bawah tentu memiliki sebuah roda berlapis karet yang berfungsi sebagai alat bagi robot untuk bergerak kesana dan kemari. Tentu juga sebuah lubang yang menjadi tempat menghisap debu.

Robot ini juga dilengkapi dengan sebuah stasiun dok yang memiliki fungsi digunakan untuk tempat mengisi daya. Peralatan elektronik ini memang mengandalkan baterai sebagai tenaganya. Jadi dalam jangka waktu tertentu harus diisi ulang agar siap untuk digunakan.

2. Masih perlu tenaga tambahan

Meskipun robot vacuum cleaner memiliki kemampuan membersihkan yang praktis, tetapi yang saat ini ada dipasaran masih tetap membutuhkan tenaga tambahan. Robot ini bisa menjadi alternatif di antara waktu pembersihan yang utama.

Apalagi, bentuk robot yang kurang fleksibel membuatnya jadi memiliki kemampuan terbatas untuk membersihkan area tertentu saja. Kinerjanya akan maksimal jika di area datar, jadi alat ini akan tidak efektif untuk membersihkan tangga jika rumah kamu lebih dari satu lantai.

3. Banyak jenis dan modelnya

Banyak jenis dan modelnya

Sejak pertama kali muncul beberapa tahun lalu, robot vacuum cleaner terus mengalami perkembangan. Fitur yang dibawakan pun terus bertambah sehingga kemampuannya tidak lagi sekedar untuk menyedot debu. 

Beberapa diantaranya juga sudah bisa digunakan untuk sekaligus mengepel lantai. Bahkan ada juga yang sudah dilengkapi dengan nano spray yang dapat diisi dengan aromaterapi atau disinfektan untuk lantai rumah kamu.

Tidak menutup kemungkinan jika di masa depan para vendor akan semakin berinovasi dan semakin memudahkan pekerjaan harian manusia. Jadi meskipun kamu sibuk seharian, lantai bisa tetap terjaga kebersihannya.

4. Kelebihan dan kelemahan 

Sebagai sebuah peralatan elektronik, robot vacuum cleaner juga memiliki sejumlah kelebihan dan kelemahan. Kelebihan yang diunggulkan tentu saja adalah kemampuannya untuk menghemat waktu. Kecanggihan saat ini sudah membuat alat ini bisa dikontrol lewat beragam perangkat pintar. 

Selain itu robot ini juga bisa diatur untuk melakukan pembersihan rutin sesuai jadwal. Tentu ini akan membuat pekerjaan rumah jadi semakin mudah. 

Saat membersihkan lantai pun, robot tersebut tidak mengeluarkan suara bising. Jadi mau digunakan saat pagi atau malam hari, robot ini tidak akan mengganggu dengan kebisingannya. Ukurannya yang ramping dan praktis membuatnya bisa menjangkau sampai ke bawah kasur, meja, hingga lemari.

Bagi yang tidak terlalu menyukai ide memiliki asisten rumah tangga dan lebih suka mengurus rumah sendiri, alat ini akan menjadi penyelamat untuk menjaga kebersihan rumah. Meski ada begitu banyak keunggulan, tetapi robot vacuum juga memiliki sejumlah kelemahan.

Salah satunya adalah baterai yang dipasang memiliki kapasitas yang terbatas. Jadi jika berniat membersihkan ruangan yang luas, maka alat ini akan tidak efektif karena harus bolak-balik ke stasiun dock untuk mengisi baterai.

Selain itu, karena kecanggihan yang dibawa, meskipun ukurannya kecil tetapi harga yang dibanderol biasanya cukup mahal. Harganya berkisar di angka ratusan ribu sampai jutaan, tergantung dari merk dan fitur yang dibawakan. Semakin canggih biasanya semakin mahal.

Beli Vacuum Cleaner Sesuai Kebutuhan

Nah itu tadi penjelasan mengenai apa itu robot vacuum cleaner dan cara kerjanya. Memang ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapat jika memanfaatkan kecanggihan teknologi ini. Terutama bagi kamu yang sibuk dan ingin rumah selalu terjaga kebersihannya.

Produk ini juga sudah tersedia banyak di merchant-merchant indodana. Harganya juga sangat beragam. Kamu tinggal menyesuaikan kebutuhan fitur yang diinginkan dan isi kantong saat akan membelinya. Jika kekurangan dana tak perlu khawatir, dengan beli lewat merchant indodana kamu bisa sekaligus menikmati fitut paylater indodana dan mendapatkan promo pembelian elektronik yang menarik.

Promo Belanja Elektronik

Baca Juga: