Perawatan Wajah Alami

Cantik Cuma Modal Bahan Dapur, Simak Tips Perawatan Wajah Alami Ini!

No comments

Memiliki wajah yang tampak sehat berseri setiap saat merupakan dambaan semua wanita. Tak jarang, banyak yang rela merogoh sakunya dalam-dalam demi penampilan yang menawan. Padahal ada banyak cara untuk melakukan perawatan wajah alami yang tidak mahal.

Menggunakan bahan organik yang didapat langsung dari alam akan membuat kulit wajah tampak sehat dan bercahaya. Kamu bisa mendapatkan bahan-bahan untuk perawatan wajah alami dari dapur di rumah. Yuk, langsung simak tips perawatan wajah alami yang sangat bermanfaat untuk wajahmu!

Tips Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang tak kunjung hilang bisa mengganggu penampilan. Untuk melenyapkannya, kamu bisa menggunakan kentang, teh hijau, yoghurt hingga minyak kelapa. 

  • Hilangkan Jerawat dengan Kentang

Tak hanya kaya akan mineral dan vitamin, kentang bisa sembuhkan kulit yang meradang, lho! Bahkan kentang juga dapat menghilangkan jerawat serta bekasnya di kulit wajah dan badan.

Potong kentang dengan tipis dan letakkan pada jerawat selama 10 menit. Setelahnya, bilas wajah seperti biasa. Lakukan sebanyak tiga kali seminggu, niscaya jerawat pun akan hilang.

  • Hilangkan Jerawat dengan Teh Hijau

Selain minum teh hijau secara rutin, mengoleskan teh hijau pada kulit juga dapat mengusir jerawat  secara ampuh. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung polifenol yang dapat mengurangi jerawat serta sekresi sebum.

Campur satu sendok teh bubuk teh hijau dengan air panas secangkir. Aduk dan biarkan larut selama 7 menit, kemudian saring. Setelah hangat suam kuku, celupkan kapas ke dalamnya.

Tepukkan kapas di bagian wajah atau tubuh yang berjerawat. Biarkan meresap selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. Bisa diulangi hingga tiga kali dalam sehari.

  • Hilangkan Jerawat dengan Yoghurt

Probiotik adalah bakteri baik yang ada di dalam usus. Yoghurt sendiri mengandung banyak probiotik yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, konsumsi plain yoghurt setiap hari.

Untuk mengusir jerawat, siapkan yoghurt secukupnya. Oleskan merata pada wajah atau bagian tubuh yang berjerawat. Pijat dengan merata. 

Biarkan meresap selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Cara ini bisa dilakukan satu hingga dua kali dalam sehari.

  • Hilangkan Jerawat dengan Minyak Kelapa

Selain kaya akan asam lemak rantai menengah dan asam laurat, minyak kelapa juga bersifat antimikroba dan anti-inflamasi. Minyak kelapa ampuh untuk memerangi bakteri yang menyebabkan jerawat.

Tuangkan sesendok makan minyak kelapa yang murni ke telapak tangan. Lalu oles dan pijat merata ke bagian wajah atau tubuh yang berjerawat. 

Diamkan sampai meresap selama 30 menit. Bilas hingga bersih. Metode ini dapat dilakukan hingga dua kali dalam sehari.

Tips Mencerahkan Warna Kulit

Tips perawatan wajah alami berikutnya adalah mencerahkan warna kulit dengan bahan rumahan. Di antaranya dapat memanfaatkan madu, susu, black coffee dan alpukat.

  • Cerahkan Kulit dengan Madu

Madu mampu membuat kulit lebih halus, putih, cerah, juga lembab dan segar berseri. Kamu bisa melakukan perawatan wajah alami dengan mengoleskan madu murni di bagian wajah atau tubuh yang warnanya lebih gelap dan belang tidak merata.

Biarkan madu meresap ke kulit hingga mengering. Basuh dengan air dingin sesudahnya. Untuk hasil optimal, lakukan sesering mungkin dengan rutin.

  • Cerahkan Kulit dengan Susu

Kulit membutuhkan kolagen agar tidak berkerut dan tetap kenyal. Adapun susu diketahui kaya akan vitamin D untuk memproduksi kolagen. Susu juga mengandung vitamin B6 yang dapat menjaga dan merawat kelembaban kulit.

Buat masker wajah dengan campuran 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan susu. Oleskan merata pada kulit wajah, lalu diamkan selama setengah jam. Sesudahnya, bilas seperti biasa.

  • Cerahkan Kulit dengan Black Coffee

Pada tips berikutnya, kamu bisa memanfaatkan kopi hitam. Tak hanya kaya akan kafein yang membantu kulit lebih cerah, ampas kopi pun bisa digunakan untuk eksfoliasi agar kulit lebih cepat melakukan regenerasi.

Caranya, campurkan ampas kopi hitam dengan madu murni. Setelah tercampur rata, oleskan di area kulit wajah dan tubuh yang gelap / belang. Diamkan selama setengah jam lalu basuh hingga bersih dengan air dingin.

  • Cerahkan Kulit dengan Alpukat

Kaya akan nutrisi, alpukat mengandung vitamin C, E dan karotenoid antioksidan yang membantu melembabkan dan memutihkan warna kulit. 

Tumbuk halus buahnya lalu oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas seperti biasa.

Tips Menghilangkan Komedo

Komedo dapat menyebabkan pori-pori kulit membesar. Untuk mengatasinya, gunakan lidah buaya, timun, scrub dari gula dan kopi, hingga pepaya. 

  • Hilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

Ada banyak manfaat dari lidah buaya. Selain untuk mencerahkan warna kulit, menyegarkan dan mengecilkan pori, lidah buaya juga dapat mengusir komedo yang membandel. 

Petik daun lidah buaya dan ambil gel yang terdapat di bagian tengahnya. Oleskan dengan rata pada area kulit yang berkomedo dan besar pori-porinya. Diamkan hingga meresap sekitar 15 menit lalu basuh dengan air dingin.

  • Hilangkan Komedo dengan Timun

Timun mengandung anti inflamasi dan antioksidan yang akan membantumu mengatasi komedo. Lumatkan setengah buah mentimun, satu sendok teh perasan daun mint dan sesendok teh air lemon (diperas). Setelah diblender, diamkan campuran bahan tersebut dalam kulkas selama 10 menit.

Oles masker tersebut pada wajah dan diamkan 15 menit. Basuh wajah dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin selama seminggu satu kali.

  • Hilangkan Komedo dengan Gula dan Kopi

Tips perawatan wajah alami berikutnya bisa kamu terapkan dengan scrub dari kopi dan gula. Dua campuran bahan ini ternyata ampuh menghilangkan komedo serta mengangkat sel-sel kulit mati.

Campurkan dua sendok makan bubuk kopi yang sudah dilarutkan dengan air secukupnya. Kemudian tambahkan gula pasir sebanyak satu sendok makan. 

Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu aplikasikan campuran tersebut dengan merata di wajahmu. Gosok dan pijat perlahan selama satu menit untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo dengan sempurna.

  • Hilangkan Komedo dengan Pepaya

Kandungan enzim papain yang terdapat dalam pepaya dapat membantu kulit melakukan regenerasi. Selain itu, pepaya juga kaya akan vitamin C, A dan E yang berperan untuk melembabkan, menutrisi dan menangkal radikal bebas. 

Dengan demikian, pepaya bisa menghilangkan sel kulit mati, komedo dan membersihkan kotoran di wajah. Bahkan, pepaya juga bermanfaat untuk mengecilkan pori wajah dan sebagai tabir surya alami bagi kulit.

Potong buah pepaya dengan ukuran kecil lalu haluskan hingga lembut. Gunakan sebagai masker di wajah. Biarkan meresap hingga 30 menit lalu basuh dengan air.

Tips Menghilangkan Flek Hitam

Munculnya flek hitam juga bisa mengganggu rasa percaya dirimu. Namun, kamu bisa melenyapkannya secara alami dengan memanfaatkan madu, oatmeal dan soda kue.

  • Hilangkan Flek Hitam dengan Madu

Oleskan madu murni secara merata di wajah. Diamkan hingga mengering sekitar 20 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan dengan rutin untuk hasil optimal.

  • Hilangkan Flek Hitam dengan Oatmeal

Kaya akan saponin membuat oatmeal dapat meluruhkan sel kulit yang sudah mati dan lebih cepat mencerahkan wajah. Termasuk mengusir flek hitam.

Caranya, haluskan oatmeal yang sudah dicampur madu atau jus lemon secukupnya. Lalu oleskan merata pada wajah dan diamkan beberapa saat hingga mengering. Basuh dengan air dingin seperti biasanya.

  • Hilangkan Flek Hitam dengan Soda Kue

Flek hitam juga bisa diakibatkan oleh bekas jerawat yang tak kunjung hilang. Buat pasta dari soda kue dan air, campurkan sedikit keduanya dengan porsi cukup. Aduk rata.

Oleskan pasta tersebut sebagai masker di wajah. Diamkan selama beberapa menit dan basuh hingga bersih dengan air hangat. 

Tips Merawat Kecantikan Secara Rutin

Agar tetap lembut, bercahaya dan flawless, bersihkan wajah secara teratur. Lindungi kulitmu dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya serta pelembab dan dapatkan kulit cantik, sehat, berseri.

Jaga pola makan dengan baik. Gizi nutrisi yang kamu konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulitmu. Selain melakukan perawatan wajah alami, kamu bisa mengonsumsi berbagai sayur dan buah yang kaya vitamin dan nutrisi.

Selain itu, pastikan kamu mencukupi juga kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air mineral sebanyak 7-8 gelas per hari. Kulit yang dehidrasi akan tampak kusam, tak bercahaya bahkan terlihat lebih tua. Jadi, penuhi kebutuhan cairan tubuhmu agar kulit tetap lembab dan glowing.

Baca Juga Artikel Lainnya: