Laptop

Pas Dikantong, Ini 7 Laptop Performa Terbaik dengan Harga Rp 4 Jutaan

No comments

Laptop telah menjadi salah satu alat elektronik yang semakin akrab dalam kehidupan sehari-hari. Dibanding dengan komputer yang memiliki ukuran lebih besar, laptop tentu lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Saat orang-orang dituntut untuk bekerja dari rumah demi mencegah terjadinya penularan Covid-19. Laptop menjadi perangkat yang semakin banyak dibutuhkan.

Biasanya ada beberapa pertimbangan sebelum seseorang memutuskan untuk membeli laptop. Salah  satunya adalah dana. Beberapa tahun lalu mungkin dengan budget Rp 4 jutaan spesifikasi laptop yang didapat kurang memuaskan.

Tetapi seiring perkembangan teknologi, hanya dengan uang Rp 4 jutaan pengguna sudah bisa mendapatkan laptop dengan kemampuan mumpuni. Daripada penasaran, simak rekomendasi laptop Rp 4 jutaan terbaik di 2021 dari tim Cermati.com berikut.

Daftar Laptop Rp4 Jutaan

1. HP 14s CF1051TU

Laptop HP

Untuk sebuah laptop Rp 4 jutaan, Hewlett Packard alias HP memiliki sejumlah pilihan yang layak dipertimbangkan. Salah satunya adalah seri 14s CF1051TU. Meski harganya cukup terjangkau, tetapi spesifikasi yang dibawakan sudah bisa diandalkan.

Intel Celeron 4205U dual-core yang ditanamkan sudah mampu diandalkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi pengguna. Apalagi dengan dukungan grafis Intel HD Graphics 610 yang membuat kemampuannya untuk komputasi keseharian jadi lebih lancar.

RAM yang dibekalkan pada seri ini juga sudah 4GB dan bisa di-upgrade jika dirasa masih kurang lega. Sedangkan untuk media penyimpanan, laptop ini sudah mengandalkan SSD sebesar 512GB yang memiliki kemampuan lebih baik dibanding HDD.

Meski memiliki layar 14 inci, tetapi bobot perangkat ini hanya 1,43 kilogram saja. Tentu ini membuat perangkat jadi lebih mudah ketika harus dipindah-pindahkan. Untuk bisa membawa pulang laptop ini, pengguna harus merogoh kocek sekitar Rp 4,2 juta.

2. Lenovo Ideapad 330

Lenovo menjadi salah satu produk andaralan yang banyak diburu para pemilik dompet tipis yang menginginkan laptop berkualitas. Seri Ideapad 330 bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat diandalkan.

Menggunakan chipset AMD APU-A9-9420, perangkat ini suda didukung dengan grafis AMD Radeon R5 Graphics dan RAM 4GB yang bisa di-upgrade hingga maksimal 8GB. Kemampuannya jelas sudah bisa diandalkan untuk kebutuhan komputasi sehari-hari.

Bahkan walaupun mengandalkan dual-core, tetapi performanya tetap terbilang baik di kelasnya. Tidak hanya untuk kebutuhan komputasi sederhana seperti microsoft office, tetapi perangkat ini juga sudah bisa digunakan untuk bermain game dan editing ringan. 

Untuk bisa mendapatkan perangkat yang memiliki  layar berukuran 14 inci ini, pengguna cukup mengeluarkan Rp 4,2 jutaan saja. Selain itu, laptop juga sudah dilengkapi dengan OS Windows 10.

3. Asus X441BA

Asus juga menjadi salah satu produsen yang banyak menghadirkan laptop dengan harga terjangkau tetapi kemampuan mumpuni. Lewat seri X441BA, Asius menawarkan sebuah perangkat yang mampu menunjang aktivitas komputasi sehari-hari dengan lancar.

Chipset AMD APU A9-9425 dipercaya oleh Asus untuk menjadi otak dari perangkat ini. Prosesor ini dilengkapi dengan RAM 4GB dan media penyimpanan HDD 1TB. Selain itu keberadaan kartu grafis AMD Radeon R5 membuat performanya jadi semakin mulus.

Untuk bisa membawa pulang perangkat ini, pengguna cukup mengeluarkan Rp 4,6 juta saja. Murah bukan?

4. Acer Aspire A315-21 948E

Hal yang menjadi kelebihan dari perangkat ini adalah pada bagian penyimpanan. HDD 1TB yang dibekalkan masih bisa ditambahkan dengan SSD M.2 jika dirasa kurang. Ruang yang lega ini tentu membuat performa yang dihaislkan jadi lebih lancar.

Bahkan meskipun masih mengandalkan prosesor AMD A9-9425 yang ditopang RAM 4GB serta kartu grafis AMD Raden R5, pengguna sudah bisa menikmati beragam aktivitas komputasi sederhana yang sudah memuaskan.

Baterai yang dibawakan juga dapat bertahan sampai 5,5 jam saat digunakan untuk aktivitas ringan. Jika berminat, laptop 15,6 inci ini bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp 4,7 jutaan.

5. HP 14s DK0023AU

Satu lagi laptop HP yang bisa diandalkan di harga Rp 4 jutaan adalah seri 14s DK0023AU. Jeroan yang dibekalkan pada seri ini juga masih menggunakan AMD A9-9425 yang dikombinasikan dengan RAM 4GB yang bisa di-upgrade

Jeroan ini dilengkapi dengan kartu grafis AMD Radeon R5 serta penyimpanan HDD 1TB yang siap diandalkan untuk menunjang beragam aktivitas komputasi sehari-hari. Dengan layar 14 inci, perangkat ini hanya memiliki bobot 1,47 inci saja. Sangat ringan sehingga mudah untuk dibawa atau dipindahkan.

Laptop ini juga sudah dibekali dengan baterai 3 cell 41 WHr yang siap mendukung aktivitas komputasi selama berjam-jam. Untuk bisa membawa pulang perangkat ini, pengguna cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 4,5 jutaan saja.

6. Lenovo V130 15IKB

Dihadirkan dengan layar 15 inci, Lenovo V130 15IKB menjadi salah satu laptop Rp 4 jutaan yang layak untuk dijadikan pilihan di awal 2021. Mengusung prosesor Intel Core i3 606U, perangkat ini sudah menggunakan RAM 4GB yang bisa diupgrade.

Soal penyimpanan juga sudah ada HD DDR4 500GB yang cukup lega untuk menunjang kebutuhan komputasi sehari-hari. Perangkat ini juga dilengkapi dengan baterai 3Cell Li-Ion yang mampu digunakan untuk aktivitas normal selama 5 jam.

Laptop yang layak untuk dibawa pulang para pekerja kantor maupun pelajar yang membutuhkan perangkat untuk kebutuhan komputasi sehari-hari ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 4,7 juta.

7. Lenovo IdeaPad S145

Lenovo

Lenovo memang memiliki banyak sekali produk harga terjangkau yang bisa diandalkan. IdeaPad S145 ini pun sudah mampu memuaskan pengguna yang membutuhkan perangkat untuk menunjang aktivitas komputasi harian.

Menggunakan prosesor AMD A4-9125, pengguna hanya perlu mengeluarkan dana Rp 4,7 jutaan saja untuk bisa membawa pulang perangkat ini. Performanya juga sudah apik karena dilengkapi dengan RAM 4GB yang bisa diupgrade sampai 12GB serta memori penyimpanan HDD 1TB.

Kemampuannya juga semakin mulus berkat penggunaan kartu grafis AMD Radeon R3. Memiliki ukuran layar 14 inci, laptop ini tentu sudah memuaskan saat digunakan untuk melakukan pengetikan maupun menonton video.

Perangkat juga didukung dengan baterai 3 cell 35WHr yang diklaim mampu bertahan hingga 6 jam saat digunakan untuk aktivitas harian.

Beli Laptop Sesuai Kebutuhan

Setiap laptop memiliki performa yang berbeda-beda, ada yang kualitas tinggi ada juga yang kualitas standar. Performa ini juga menjadi berpengaruh pada harga jual, semakin bagus performa sebuah laptop maka harga juga akan semakin mahal. Namun, membeli laptop bukanlah berdasarkan harga, melainkan sesuai kebutuhan.

Misal, jika Anda bekerja hanya dengan microsoft office, tak ada salahnya pilih laptop dengan performa sedang. Artinya, kapasita memori, prosesor yang tidak tinggi dan juga tidak rendah. Begitu sebaliknya, jika pekerjaan Anda keterkaitan dengan desain, editing gambar/video dan sebagainya, maka pilihlah laptop dengan performa yang tinggi.

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.