rekomendasi hp oppo terbaru 2021

5 Rekomendasi HP Oppo Terbaru 2021 Rp1-4 Jutaan

No comments

Persaingan vendor asal Tiongkok di pasar ponsel murah Indonesia memang sangat ketat. Ada beragam variasi harga, jeroan hingga kemampuan kamera yang bisa disesuaikan dengan isi kantong dan kebutuhan.

Oppo pun memberikan kode tersendiri untung masing masing jenis gawai yang dikeluarkan. Misalnya saja A series yang memang ditujukan untuk pengguna gawai kelas pemula dengan isi kantong Rp1 juta sampai Rp3 juta. 

Kemudian ada seri Reno yang dihadirkan untuk kaum muda yang menginginkan ponsel tidak sekadar mumpuni tetapi juga menjadi bagian dari penampilan harian. Sedangkan yang membutuhkan gawai high end, Oppo Find X series bisa menjadi pilihan.

Hampir sama seperti dengan Vivo, Oppo juga menjadi salah satu vendor yang lebih mengedepankan sektor fotografi di setiap gawai yang dihadirkan ke pasaran. Bisa dibilang, kemampuan kamera kedua vendor ini selalu bersaing ketat di harga yang tidak jauh beda.

Di tahun 2021 ini pun, Oppo juga memiliki sejumlah gawai anyar yang siap untuk diboyong. Terbaru, ada Oppo Reno5 yang baru saja masuk ke Indonesia dengan banderol harga Rp6.999.000. Bagi yang memiliki kantong tipis tidak perlu khawatir. 

Oppo juga sudah mengeluarkan beberapa smartphone dengan harga kurang dari Rp4 juta untuk memperkaya pilihan di pasar ponsel murah. Penasaran apa saja HP Oppo terbaru 2021? 

Daftar HP Oppo Terbaru 2021 yang Harganya di Bawah Rp4 Juta

1. Oppo A15 (26 November 2020)

Hadir sebagai gawai entry level, Oppo A15 dihadirkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp1,9 jutaan. Dengan harga tersebut, pengguna sudah akan mendapatkan smartphone dengan RAM 3GB serta memori internal 32GB. Jika masih kurang, bisa ditambah microSD sampai 256GB.

Untuk urusan dapur pacu, seri ini mengandalkan chipset Mediatek helio P35 Octa-core yang berjalan dengan kecepatan hingga 2,3 GHz. Antarmukanya masih mengandalkan ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

Sesuai dengan ciri khas Oppo selama ini, kemampuan kameranya pun tidak bisa diremehkan. Meski hanya memasang lensa 13MP sebagai kamera utama dengan didukung lensa makro 2MP dan lensa portrait 2MP, hasil jepretannya sudah cukup apik untuk dibagikan di media sosial.

Kebutuhan swafoto juga bisa dipenuhi dengan kamera selfie 8MP yang sudah didukung AI beautification. Seri ini pun sudah ditemani dengan fitur fingerprint di sisi belakang.

Oppo A15 sudah menyajikan gambar dengan kualitas HD+ di layar 6,52 inci. Dengan kecerahan sampai 480 nit, gawai tetap bisa digunakan di bawah terik matahari. Baterai 4.230 yang dibawakan juga sudah awet digunakan seharian.

Kelebihan: 

  • Sudah dilengkapi dengan fingerprint.
  • Baterai awet.

Kekurangan:

  • Memori yang tidak terlalu besar.
  • Tidak ada kamera ultra wide.

2. Oppo A1 (18 November 2020)

Meski dihadirkan dengan harga Rp1,7 jutaan, pengguna sudah akan mendapat kenyamanan saat menggunakan gawai ini. Sebab, layar 6,52 inci yang dibenamkan sudah dibekali dengan pelindung cahaya biru. Sayangnya, resolusi gambar yang dihasilkan masih HD+.

Di harga yang ditawarkan, Oppo juga sudah membenamkan sensor keamanan fingerprint di sisi belakang. Untuk menunjang aktivitas selama seharian, gawai juga sudah dibekali dengan baterai 4.230 mAh yang diklaim mampu digunakan hingga 8 jam bermain game.

Chipset Mediatek Helio P35 Octa-core yang dibenamkan sebenarnya sudah cukup untuk menunjang aktivitas harian. Sayangnya, RAM yang dipasang hanya 2GB dengan penyimpanan internal 32GB. Kombinasi ini sudah cukup jika hanya digunakan untuk menemani aktivitas harian.

Ruang penyimpanan pun bisa diperluas hingga 256GB dengan memori eksternal. Sektor kameranya juga masih mengandalkan dual kamera di sisi belakang, yakni lensa 13MP dan 2MP. Sedangkan sisi depan ada lensa 5MP. 

Kelebihan: 

  • Sudah dilengkapi dengan fingerprint.
  • Performa yang cukup mumpuni.

Kekurangan:

  • RAM dan ROM tidak terlalu besar.
  • Resolusi gambar masih HD+.

3. Oppo Reno4 F (12 Oktober 2020)

Sesuai dengan target tujuan dikeluarkannya seri Reno untuk para anak muda yang butuh gawai untuk menunjang penampilan, seri ini pun hadir dengan desain yang menarik. Selain dihadirkan dengan cover bodi yang cantik, Oppo Reno4 F juga memiliki bodi ramping.

Dengan ketebalan hanya 7,48 mm dan bobot 164 gram, gawai ini jadi mudah untuk disimpan di saku maupun digunakan. Tidak hanya desain, pengguna juga sudah diberikan layar Super AMOLED yang akan memanjakan mata.

Memiliki diagonal 6,43 inci, pengguna sudah disuguhi dengan tampilan gambar full HD+. Kecerahan layarnya pun sampai 800 nits sehingga tetap nyaman digunakan saat diluar ruangan. Bagian layar ini pun sudah dibenamkan fitur fingerprint.

Meski baterainya hanya 4.000 mAh, tetapi baterai ini terbilang awet. Oppo juga sudah memberikan dukungan pengisi daya cepat 18 watt pada seri ini. Tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Baterai yang awet ini akan sangat mendukung untuk aktivitas bermain game yang banyak digemari anak muda. Karena itu, Oppo menanamkan chipset Mediatek Helio P95 Octa-core yang sudah sangat mumpuni untuk bermain game asalkan pengaturan grafis disesuaikan.

Apalagi dengan dukungan RAM 8GB serta memori internal 128GB yang akan sangat lega untuk mendukung beragam aplikasi permainan. Hanya sayangnya antarmuka yang digunakan masih ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

Sektor kamera yang dibawakan juga cukup lengkap. Kombinasi kamera quad core dengan konfigurasi lensa utama 48MP yang didukung dengan kamera 8MP wide angle, dan dua lensa 2MP mono. 

Di sisi depan pun sudah ada dua buah kamera dengan resolusi 16MP dan 2MP untuk memuaskan hasrat swafoto. Untuk bisa mendapatkan performa apik dari Reno4 F ini, pengguna cukup mengeluarkan Rp4 juta saja.

Kelebihan: 

  • Quad Cameras.
  • Layar Super AMOLED.
  • Bodi yang ramping.

Kekurangan: 

  • Tidak ada NFC.
  • Kapasitas baterai hanya 4.000 mAh.

4. Oppo A53 (28 September 2020)

Oppo A53 sebenarnya sudah dirilis sejak Agustus lalu. Tetapi pada 28 September, seri ini meluncurkan varian baru yang membawa RAM 6GB dengan penyimpanan internal 128GB. Jeroannya pun sudah mengandalkan Snapdragon 460 yang menghasilkan performa mumpuni.

Untuk melengkapi performanya, Oppo membenamkan ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sebagai penunjang aktivitas, perangkat ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sudah mendukung pengisian daya cepat 18 watt. 

Dirilis dengan harga Rp3.099.000, pengguna sudah akan mendapatkan triple kamera di sisi belakang. Kamera utamanya menggunakan lensa 13MP dan dilengkapi 2 lensa 2MP yang masing-masing berfungsi sebagai kamera makro dan bokeh. 

Sayangnya, di harga yang ditawarkan masih belum ada lensa ultra wide yang dapat digunakan memotret dengan sudut lebih luas. Sementara untuk kamera depan mengandalkan resolusi 16MP. 

Sayangnya, layar yang dibenamkan masih mengusung resolusi HD+. Untungnya, Oppo sudah menggunakan desain bezel tipis di setiap sisinya sehingga layar 6,5 inci yang dipasang terlihat lebih luas.

Kelebihan: 

  • Kapasitas baterai besar dilengkapi dengan fitur fastcharging.
  • Refresh Rate 90 Hz.

Kekurangan:

  • Tidak ada lensa ultra wide.
  • Layar masih HD+.

5. Oppo A33 (28 September 2020)

Jika harga Oppo A53 cukup mahal, vendor asal Tiongkok ini menghadirkan A33 dengan harga yang lebih terjangkau. Dibanderol Rp2 jutaan, pengguna akan mendapatkan RAM 3GB dengan ROM 32GB.

Sajian gambar yang dihasilkan pada layar 6,5 inci di seri ini hanya memiliki resolusi HD+ saja. Cukup disayangkan mengingat di harga Rp2 jutaan para pesaingnya banyak yang sudah menggunakan resolusi full HD+.

Berbicara soal performa, seri ini mengandalkan jeroan yang sama dengan A53, yakni Snapdragon 460. Tentu saja performanya juga tidak jauh beda meski untuk kapasitas penyimpanannya kalah jauh. Antarmukanya juga masih menggunakan ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

Tidak hanya jeroan yang sama, sektor kamera yang diusung pun sangat mirip. Di bagian belakang ada tiga buah kamera dengan konfigurasi sama persis. Lensa utama 13MP dengan dukungan dua lensa 2MP yang berfungsi sebagai depth sensor dan makro.

Hanya saja untuk kamera depan, Oppo A33 hadir dengan lensa 8MP bukan 16MP seperti A53. Baterai yang dibenamkan sudah mengusung kapasitas 5.000 mAh. Tidak hanya besar, baterai ini juga memiliki daya tahan yang tahan lama. Bahkan disebutkan jika baterai mampu bertahan sampai dua hari pemakaian.

Kelebihan: 

  • Kapasitas baterai besar dan tahan lama.
  • Punch-Hole Display.

Kekurangan:

  • Layar masih HD+.
  • Lensa kamera depan hanya 8MP.

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.