Pelajar juga Bisa Menabung, Ini Caranya

Pelajar Juga Bisa Menabung, Ini Caranya

No comments

Tidak dapat dipungkiri memang, jika kebanyakan orang seringkali menyepelekan tips-tips menabung karena dianggap hanya sebatas teori belaka. Di samping itu, tak sedikit juga yang beranggapan jika menabung itu cukup gampang. 

Namun, faktanya bagi seseorang yang sudah berpenghasilan saja, menabung merupakan salah satu hal yang sulit untuk dilakukan.

Apalagi bagi mereka yang notabene masih bersekolah dan hanya mengandalkan uang jajan dari orang tua saja. Jangankan buat pergi traveling bersama sahabat, ingin nonton film di bioskop saja masih minta orang tua.

Tapi jangan berkecil hati dulu, seorang pelajar pun sebenarnya tetap bisa menabung sendiri, lho. Penasaran seperti apa caranya? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Menabung Dengan Menggunakan Toples? Tentu Bisa, Ini Caranya

Tips Menabung untuk Pelajar

1. Konsisten Menabung Setiap Hari Meski Nominalnya Kecil

Tips pertama ialah dengan konsisten menabung setiap hari meskipun jumlahnya kecil. Sisihkan sebagian dari uang saku dan jadikan sebagai kebiasaan. Dengan demikian, jika sehari saja tidak menabung pasti terasa ada sesuatu yang kurang.

Contohnya saja, dalam sehari orang tua memberikan uang jajan sebesar Rp40 ribu. Lalu, ongkos dan biaya lainnya habis sekitar Rp25 ribu. Jadi uang jajan yang tersisa sekitar Rp15 ribu, nah sisanya kemudian bisa ditabung.

Tapi jika bisa menekan pengeluaran per hari maka akan jauh lebih baik karena uang yang ditabung jadi lebih banyak. Cara menabung seperti ini cukup efektif dan lebih ringan dibandingkan langsung menabung dalam nominal yang besar.

Selain itu, coba gunakan tempat khusus untuk menyimpan sisa uang saku tadi. Jika setiap hari konsisten menabung setidaknya Rp15 ribu, dalam satu sebulan uang yang ditabung sekitar Rp15 ribu x 30 hari hasilnya Rp450 ribu. Lumayan banyak bukan? 

Nah, dana tersebut bisa langsung dialihkan ke rekening tabungan. Dengan begitu, rencana apapun bisa Anda penuhi tanpa perlu meminta lagi ke orang tua.

2. Menerapkan “Cicil Beli” Saat Ingin Traveling

Ketika akan berangkat traveling, ada begitu banyak hal kecil yang membuat Anda harus mengeluarkan budget ekstra. Meski perlengkapan tersebut cukup penting, sayangnya kebanyakan orang kurang begitu peduli. 

Sampai tiba waktunya keberangkatan, baru kaget karena ada banyak hal yang mesti dibeli.

Sebab itulah, ada baiknya rinci apa-apa saja yang nantinya dibutuhkan untuk jalan-jalan dan mulailah membelinya secara bertahap. Alias mencicil satu demi satu supaya tidak memberatkan dikemudian hari.

Misalnya saja, beli tiket di bulan ini dan booking tempat menginap di bulan selanjutnya. Supaya tak terlalu berat ketika harus membelinya sekaligus dalam waktu bersamaan.

3. Simpan Uang Koin

Selanjutnya ialah dengan menyisihkan uang koin. Jadi, jika ada kembalian uang koin jangan buru-buru dibelikan jajan atau diletakkan sembarangan. 

Jika uang koin ini disisihkan dan ditabung, hasilnya lumayan buat menambah sedikit saldo di tabungan. Mulai saja dengan menyisihkan uang kembalian sehabis belanja. Tak perlu semua sisanya, cukup hanya uang koin atau pecahan Rp500an dan Rp1.000an saja. 

Setelah sebulan, uang koin yang tadi dikumpulkan bisa ditukarkan ke toko atau minimarket terdekat. Hasil penukaran uang koin tadi bisa langsung Anda masukkan ke dalam tabungan.

Meskipun hal ini terlihat sepele, tapi jangan sekali-kali meremehkan kekuatan uang recehan.

4. Membawa Bekal Sendiri

Tips selanjutnya adalah dengan membawa bekal ke sekolah atau kampus. Dengan membawa bekal sendiri, Anda bisa menghemat uang jajan karena tak perlu membeli makanan atau jajanan di kantin. Bukan cuma makanan, bawa minum sendiri dari rumah juga bisa membantu untuk lebih berhemat.

Lagipula, selain lebih hemat, membawa sendiri minuman dan makanan dari rumah juga jauh lebih sehat dan terjamin kebersihannya. 

5. Batasi Gaya Hidup

Sekarang ini mal ataupun kafe tak cuma dipenuhi mereka yang sudah bekerja. Banyak juga para remaja atau yang masih berstatus pelajar kerap terlihat bersantai atau nongkrong di mal ataupun kafe dengan teman-temannya.

Akan lebih baik lagi, jika kebiasaan atau gaya hidup konsumtif tersebut dikurangi dan kalau bisa dihindari. Karena, kebiasaan tadi bisa bikin dompet kebobolan kalau tak berhati-hati.

Baca Juga: Menabung di Saat Keuangan Sedang Sulit Bukan Mimpi, Ini Caranya!

Impian Butuh Langkah Pasti

Apapun yang menjadi impian pasti bisa diwujudkan asalkan ada langkah yang pasti untuk mencapainya. Tak terkecuali dengan para pelajar yang punya banyak mimpi. Meskipun belum memiliki penghasilan sendiri, impian-impian tersebut tetap bisa digapai dengan menabung. 

Saat ingin menabung, Anda hanya perlu menyisihkan uang jajan yang diberikan secara rutin oleh orang tua. Meski jumlahnya tak banyak, tapi jika dilakukan dengan konsisten dan benar maka target yang diinginkan lama-lama bisa tercapai juga. Selamat mencoba!